Pengaruh advertising dan pengembangan produk terhadap volume penjualan pada perusahaan kopi "Sumber Agung" Malang / Dine Transetyo

Main Author: Transetyo, Dine
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/33209/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSIDineTransetyo.2009.PengaruhAdvertisingDanPengembanganProdukTerhadapVolumePenjualanPadaPerusahaanKopiSumberAgungMalang.Skripsi.JurusanManajemen.FakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)DR.SopiahM.PdMMPembimbing(II)TitisShintaDewiS.PMMKataKunciperiklananpengembanganprodukvolumepenjualanKegiatanpemasaranmempunyaikedudukanyangsangatpentingdidalamperusahaankarenakegiatanpemasaranadalahkegiatanyangdilakukanperusahaanuntukmemenuhipermintaanpasardanmemenuhiselerakonsumen.Salahsatutujuandariperusahaandalampemasaranadalahbagaimanaprodukyangdihasilkannyabisaditerimaolehkonsumensehinggameningkatkanvolumepenjualandanmemberikankeuntunganyangmaksimal.Untukmencapaihaltersebutdiperlukanlangkah-langkahstrategisdalambidangpemasaranyangdiantaranyamelaluiperiklanandanpengembanganproduk.ObyekpenelitianinidilakukandiPerusahaanKopiSumberAgungMalangdengantujuandariuntukmengetahuidanmenganalisispengaruhperiklanandanpengembanganproduksecarasimultanterhadapvolumepenjualanpadaPerusahaanKopiSumberAgungMalangmengetahuidanmenganalisispengaruhperiklanandanpengembanganproduksecaraparsialterhadapvolumepenjualanpadaPerusahaanKopiSumberAgungMalangsertamengetahuidanmenganalisisvariabelyangberpengaruhdominanterhadapvolumepenjualanpadaPerusahaanKopiSumberAgungMalang.Dalampenelitianinidigunakanpendekatanmetodeeksplanatifuntukmenjelaskanhubungankausalitas(sebabakibat)antaravariabelbebasyaituperiklanan(X1)danpengembanganproduk(X2)terhadapvariabelterikatyaituvolumepenjualan(Y).SelanjutnyauntukbagaimanapengaruhperiklanandanpengembanganprodukterhadapvolumepenjualandiPerusahaanKopiSumberAgungMalangdigunakananalisisregresibergandayangditentukanberdasarkanbesarnyakoefisienregresi.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwaperiklanandanpengembanganproduksecarasimultanberpengaruhsignifikanterhadapterhadapvolumepenjualanpadaPerusahaanKopiSumberAgungMalangyangditunjukkandarinilaiFhitungsebesar22140lebihbesardarinilaiFtabelsebesar955padaprobabilitassebesar0016lebihkecildari005dannilaikoefisiendeterminasi(R2)sebesar0937dansetelahdisesuaikandidapatkannilaiRadjustnyasebesar0894menunjukkanbahwavariabelperiklanan(X1)danpengembanganproduk(X2)secarasimultanmemberikankontribusi/sumbangansebesar894%terhadapperubahanvolumepenjualan(Y)sedangkansisanyasebesar16%merupakansumbangan/kontribusivariabellainyangtidakdiamatidalampenelitianinisehinggahipotesispertamayangdiajukandalampenelitianterbuktikebenarannya.PeriklanandanpengembanganproduksecaraparsialberpengaruhsignifikanterhadapterhadapvolumepenjualanpadaPerusahaanKopiSumberAgungMalangyangditunjukkandarithitungvariabelperiklanan4599lebihbesardarittabel3182denganprobabilitas0019lebihkecil005dengannilaikoefisienregresisebesar47505dannilaithitungvariabelpengembanganproduksebesar3348lebihbesardarittabel3182denganprobabilitas0044lebihkecil005dengannilaikoefisienregresisebesar23020.Variabelperiklanandanpengembanganprodukternyatavariabelperiklananberpengaruhdominanterhadapvolumepenjualandibandingkanpengembanganproduk.Haliniditunjukkandarinilaikoefisienregresivariabelperiklanansebesr47505lebihbesardarinilaikoefisienregresivariabelpengembanganproduksebesar23020.