Penerapan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X pada mata diklat kewirausahaan Program Keahlian Penjualan di SMK PGRI 6 Malang tahun ajaran 2008/2009 / Fitriana

Main Author: Fitriana
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/33208/
Daftar Isi:
  • TujuanPembangunanNasionalsalahsatunyaadalahmencerdaskankehidupanbangsahalitudapatdiwujudkanmelaluipeningkatankualitaspendidikankarenadenganmutupendidikanyangberkualitasgenerasipenerusbangsanantinyadiharapkanmampumengolahkekayaanyangdimilikiolehbangsaIndonesiasecarabaikdanbertanggungjawabsehinggadapatmewujudkankesejahteraanumum.Pendidikanitusendiridapatdiperolehmelaluilingkunganformalyaitulingkungansekolahlingkungannonformalyaitulingkungankeluargasertalingkunganinformalyaitumasyarakat.Nurhadidkk(20041)mengatakanbahwakemajuansuatubangsahanyadapatdicapaimelaluipenataanpendidikanyangbaik.UpayapeningkatanmutupendidikanitudiharapkandapatmenaikkanharkatdanmartabatmanusiaIndonesia.Untukmencapaiitupendidikanharusadaptifterhadapperubahanzaman.Kualitasdaripendidikanitusendiritidakterlepasdariunsur-unsurpendidikanyangadamisalnyasajadalampendidikanformalsalahsatuunsurepentingyangterkaityaitugurusebagaipendidikdanpengajar.Sebagaitenagapendidikdanpengajarseorangguruharusdapatmenguasaimetode-metodepembelajaranyangefektifuntukmembantusiswadalammemahamimaterisertamampumeningkatkanperanaktifsiswa.Salahsatumetodeyangefektifdalammemberdayakanpotensisiswaadalahpembelajarankooperatif.AbdurrahmanBintoro(dalamNurhadidkk200460)mengatakanbahwapembelajarankooperatifadalahpembelajaranyangsecarasadardansistematismengembangkaninteraksiyangsilihasahsilihasihdansilihasuhantarsesamasiswasebagailatihanhidupdidalammasyarakatnyata.