Penerapan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X pada mata diklat kewirausahaan Program Keahlian Penjualan di SMK PGRI 6 Malang tahun ajaran 2008/2009 / Fitriana
Main Author: | Fitriana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/33208/ |
Daftar Isi:
- TujuanPembangunanNasionalsalahsatunyaadalahmencerdaskankehidupanbangsahalitudapatdiwujudkanmelaluipeningkatankualitaspendidikankarenadenganmutupendidikanyangberkualitasgenerasipenerusbangsanantinyadiharapkanmampumengolahkekayaanyangdimilikiolehbangsaIndonesiasecarabaikdanbertanggungjawabsehinggadapatmewujudkankesejahteraanumum.Pendidikanitusendiridapatdiperolehmelaluilingkunganformalyaitulingkungansekolahlingkungannonformalyaitulingkungankeluargasertalingkunganinformalyaitumasyarakat.Nurhadidkk(20041)mengatakanbahwakemajuansuatubangsahanyadapatdicapaimelaluipenataanpendidikanyangbaik.UpayapeningkatanmutupendidikanitudiharapkandapatmenaikkanharkatdanmartabatmanusiaIndonesia.Untukmencapaiitupendidikanharusadaptifterhadapperubahanzaman.Kualitasdaripendidikanitusendiritidakterlepasdariunsur-unsurpendidikanyangadamisalnyasajadalampendidikanformalsalahsatuunsurepentingyangterkaityaitugurusebagaipendidikdanpengajar.Sebagaitenagapendidikdanpengajarseorangguruharusdapatmenguasaimetode-metodepembelajaranyangefektifuntukmembantusiswadalammemahamimaterisertamampumeningkatkanperanaktifsiswa.Salahsatumetodeyangefektifdalammemberdayakanpotensisiswaadalahpembelajarankooperatif.AbdurrahmanBintoro(dalamNurhadidkk200460)mengatakanbahwapembelajarankooperatifadalahpembelajaranyangsecarasadardansistematismengembangkaninteraksiyangsilihasahsilihasihdansilihasuhantarsesamasiswasebagailatihanhidupdidalammasyarakatnyata.