Analisis pengaruh ekstrinsik dan intrinsik atribut produk terhadap proses keputusan pembelian kopi instan merek Nescafe (studi kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Ibrahim Yufri
Main Author: | Yufri, Ibrahim |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/33207/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKYufriIbrahim.2007.AnalisisPengaruhEkstrinsikdanIntrinsikAtributProdukTerhadapProsesKeputusanPembelianKopiInstanMerekNescafe(StudiKasuspadaMahasiswaFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang).JurusanManajemen.ProgramStudiS1ManajemenPemasaran.FakultasEkonomi.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)DR.SudarmiatinM.Si.Pembimbing(II)Drs.AgusHermawanM.Si.M.Bus.Kata-katakunciatributprodukproseskeputusanpembelianKopimerupakanminumankegemarandiberbagainegaratermasukIndonesia.Sekaranginijamantelahberubahdimanasegalasesuatunyaserbacepatdanserbainstandemikianjugadenganminumankopiinijugasudahinstan.Halinidisebabkankarenasemakinkompleksnyaaktifitasmanusiayangcenderungmenuntutkepraktisanmenyebabkanadanyaperubahandalamperilakukonsumenyangdulunyamengkonsumsikopitubruksekarangbergeserdenganmengkonsumsikopiinstan.Produkkopiinstaninitelahbanyakmengalamikemajuanterlihatdengansemakinbanyaknyadiferensiasidaninovasiprodukmengikutikeinginandanharapankonsumen.Denganbanyaknyainovasiyangadamakasemakinbanyakpulapilihanprodukkopiinstansehinggaprosespembelianiniperludipelajariuntukmengetahuimengapaseseorangmemilihdanmembelisuatuprodukmerektertentu.Halinilahyangmelatarbelakangidilakukannyapenelitianini.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiseberapabesarfaktor-faktoratributprodukyangmempengaruhikeputusankonsumendalammembeliprodukkopiinstanNescafedanuntukmengetahuiatributmanakahmanakahyangpalingmempengaruhikeputusankonsumendalammembeliprodukkopiinstanNescafe.PenelitianinidilakukandiKotaMalangyaitudiUniversitasNegeriMalangdenganmengambilsampeldarisejumlahmahasiswayangdianggapmemenuhisyaratuntukmengisikuisioneryangdisebarkanolehpeneliti.Variabelyangditelitidalampenelitianiniadalahatributprodukdengansubvariabelatributluar(ekstrinsicattributes)danatributdalam(intrinsicattributes).Jumlahpopulasidalampenelitianinibersifatinfinitepopulationsehinggadalampengambilansampeldigunakanteknikpenghitunganestimasiproporsiterlebuihdahulu.Sehinggadiperolehsampelsebanyak185respondendenganpengambilansampeladalahdenganaccidentalsampling.Instrumenpenelitianyangdigunakanadalahangketkuisioner.Darianalisisdatadapatdiketahuibahwanilaib10.289nilaithitung(5.073)ttabel(1.97)dansignifikansit(0.000)0.05makadapatdisimpulkanbahwaHa1yangberbunyiadapengaruhyangsignifikanatributekstrinsikterhadapkeputusanpembeliankopiinstanmerekNescafediterima.Darianalisisdatadapatdiketahuibahwanilaib20.451nilaithitung(9.881)ttabel(1.97)dansignifikansit(0.000)