Analisis pengaruh ekstrinsik dan intrinsik atribut produk terhadap proses keputusan pembelian kopi instan merek Nescafe (studi kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Ibrahim Yufri

Main Author: Yufri, Ibrahim
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/33207/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKYufriIbrahim.2007.AnalisisPengaruhEkstrinsikdanIntrinsikAtributProdukTerhadapProsesKeputusanPembelianKopiInstanMerekNescafe(StudiKasuspadaMahasiswaFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang).JurusanManajemen.ProgramStudiS1ManajemenPemasaran.FakultasEkonomi.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)DR.SudarmiatinM.Si.Pembimbing(II)Drs.AgusHermawanM.Si.M.Bus.Kata-katakunciatributprodukproseskeputusanpembelianKopimerupakanminumankegemarandiberbagainegaratermasukIndonesia.Sekaranginijamantelahberubahdimanasegalasesuatunyaserbacepatdanserbainstandemikianjugadenganminumankopiinijugasudahinstan.Halinidisebabkankarenasemakinkompleksnyaaktifitasmanusiayangcenderungmenuntutkepraktisanmenyebabkanadanyaperubahandalamperilakukonsumenyangdulunyamengkonsumsikopitubruksekarangbergeserdenganmengkonsumsikopiinstan.Produkkopiinstaninitelahbanyakmengalamikemajuanterlihatdengansemakinbanyaknyadiferensiasidaninovasiprodukmengikutikeinginandanharapankonsumen.Denganbanyaknyainovasiyangadamakasemakinbanyakpulapilihanprodukkopiinstansehinggaprosespembelianiniperludipelajariuntukmengetahuimengapaseseorangmemilihdanmembelisuatuprodukmerektertentu.Halinilahyangmelatarbelakangidilakukannyapenelitianini.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiseberapabesarfaktor-faktoratributprodukyangmempengaruhikeputusankonsumendalammembeliprodukkopiinstanNescafedanuntukmengetahuiatributmanakahmanakahyangpalingmempengaruhikeputusankonsumendalammembeliprodukkopiinstanNescafe.PenelitianinidilakukandiKotaMalangyaitudiUniversitasNegeriMalangdenganmengambilsampeldarisejumlahmahasiswayangdianggapmemenuhisyaratuntukmengisikuisioneryangdisebarkanolehpeneliti.Variabelyangditelitidalampenelitianiniadalahatributprodukdengansubvariabelatributluar(ekstrinsicattributes)danatributdalam(intrinsicattributes).Jumlahpopulasidalampenelitianinibersifatinfinitepopulationsehinggadalampengambilansampeldigunakanteknikpenghitunganestimasiproporsiterlebuihdahulu.Sehinggadiperolehsampelsebanyak185respondendenganpengambilansampeladalahdenganaccidentalsampling.Instrumenpenelitianyangdigunakanadalahangketkuisioner.Darianalisisdatadapatdiketahuibahwanilaib10.289nilaithitung(5.073)ttabel(1.97)dansignifikansit(0.000)0.05makadapatdisimpulkanbahwaHa1yangberbunyiadapengaruhyangsignifikanatributekstrinsikterhadapkeputusanpembeliankopiinstanmerekNescafediterima.Darianalisisdatadapatdiketahuibahwanilaib20.451nilaithitung(9.881)ttabel(1.97)dansignifikansit(0.000)