Pengaruh positioning terhadap pembentukan brand image (studi kasus pada pengguna kartu prabayar IM3 di Kelurahan Gadingkasri, Kecamatan Klojen, Kota Malang) / Widi Astuti

Main Author: Astuti, Widi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/32995/
Daftar Isi:
  • Kemajuanteknologikomunikasimerupakansalahsatufaktoryangturutberpengaruhbagipesatnyapertumbuhanbisnis.Salahsatuprodukkemajuanteknologikomunikasiadalahditemukannyakartuprabayarataukartuseluleruntukmemperlancarkomunikasiviateleponseluleratauhandphonesehinggamembukapeluangbarubagiduniausahadanbermunculanlahberbagaikartuselulerdenganberbagaikeunggulanmasing-masing.BagiproviderkartuselulerKelurahanGadingkasriKecamatanKlojenKotaMalangcukupberprospekuntukpemasaranprodukmereka.Sehinggabermunculanlahcounter-counteryangmenjualberbagaimacamkartuseluler.Perananpositioninguntukmenancapkankeunggulan-keunggulankartuselulerdibenakkonsumensangatmenentukan.Sehinggadenganterbentuknyapositioningdibenakkonsumenmakabrandimageterhadapkartuseluleritupunakantercipta.Tujuandaripenelitianiniadalah(1)mengetahuikondisipositioningdanbrandimagepadapenggunakartuprabayarIM3diKelurahanGadingkasriKecamatanKlojenKotaMalang(2)mengetahuipengaruhpositioningsecaraparsialterhadappembentukanbrandimagepadapenggunakartuprabayarIM3diKelurahanGadingkasriKecamatanKlojenKotaMalang(3)mengetahuipengaruhpositioningsecarasimultanterhadappembentukanbrandimagepadapenggunakartuprabayarIM3diKelurahanGadingkasriKecamatanKlojenKotaMalang(4)mengetahuivariabelyangdominandariunsur-unsurpositioningberupaatributprodukhargadankualitasprodukpenggunaanprodukpesaingprodukdanmanfaatprodukterhadappembentukanbrandimage.VariabelyangdigunakanpadapenelitianinivariabelbebasyakniPositioning(X)yangterdiridarivariabelAtributProduk(X1)HargadanKualitas(X2)PenggunaanProduk(X3)PesaingProduk(X4)danManfaatProduk(X5).SedangkanvariabelterikatnyaadalahvariabelBrandImage(Y).Jenispenelitianiniadalahdeskriptifkausalitas.PopulasiyangdigunakanadalahpenggunakartuprabayarIM3diKelurahanGadingkasriKecamatanKlojenKotaMalang.Jumlahsampelyangdigunakansebanyak87respondenyangdipilihsecaraaccidentalsampling.Instrumenpenelitianyangdigunakanadalahangketataukuesioner.Teknikanalisisdalampenelitianinimenggunakananalisisstatistikinferensialuntukmengetahuipengaruhpositioningterhadappembentukanbrandimagebaiksecaraparsialmaupunsimultan.AnalisisdatapenelitianinimenggunakananalisisRegresiLinierBerganda.Hasilpeneletianiniadalahsebagaiberikut(1)Atributproduktidakberpengaruhdalampembentukanbrandimagedenganhasilthitungttabel(0667alpha(0506005).Sumbanganefektif055%(2)Hargadankualitasberpengaruhdalampembentukanbrandimagedenganhasilthitungttabel(48271987)dansig.tttabel(-1238alpha(0219005).Sumbanganefektif185%(5)Manfaatprodukberpengaruhterhadappembentukanbrandimagedenganhasilthitungttabel(27061987)dansig.t233)dansig.F