Pengaruh positioning terhadap pembentukan brand image (studi kasus pada pengguna kartu prabayar IM3 di Kelurahan Gadingkasri, Kecamatan Klojen, Kota Malang) / Widi Astuti
Main Author: | Astuti, Widi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/32995/ |
Daftar Isi:
- Kemajuanteknologikomunikasimerupakansalahsatufaktoryangturutberpengaruhbagipesatnyapertumbuhanbisnis.Salahsatuprodukkemajuanteknologikomunikasiadalahditemukannyakartuprabayarataukartuseluleruntukmemperlancarkomunikasiviateleponseluleratauhandphonesehinggamembukapeluangbarubagiduniausahadanbermunculanlahberbagaikartuselulerdenganberbagaikeunggulanmasing-masing.BagiproviderkartuselulerKelurahanGadingkasriKecamatanKlojenKotaMalangcukupberprospekuntukpemasaranprodukmereka.Sehinggabermunculanlahcounter-counteryangmenjualberbagaimacamkartuseluler.Perananpositioninguntukmenancapkankeunggulan-keunggulankartuselulerdibenakkonsumensangatmenentukan.Sehinggadenganterbentuknyapositioningdibenakkonsumenmakabrandimageterhadapkartuseluleritupunakantercipta.Tujuandaripenelitianiniadalah(1)mengetahuikondisipositioningdanbrandimagepadapenggunakartuprabayarIM3diKelurahanGadingkasriKecamatanKlojenKotaMalang(2)mengetahuipengaruhpositioningsecaraparsialterhadappembentukanbrandimagepadapenggunakartuprabayarIM3diKelurahanGadingkasriKecamatanKlojenKotaMalang(3)mengetahuipengaruhpositioningsecarasimultanterhadappembentukanbrandimagepadapenggunakartuprabayarIM3diKelurahanGadingkasriKecamatanKlojenKotaMalang(4)mengetahuivariabelyangdominandariunsur-unsurpositioningberupaatributprodukhargadankualitasprodukpenggunaanprodukpesaingprodukdanmanfaatprodukterhadappembentukanbrandimage.VariabelyangdigunakanpadapenelitianinivariabelbebasyakniPositioning(X)yangterdiridarivariabelAtributProduk(X1)HargadanKualitas(X2)PenggunaanProduk(X3)PesaingProduk(X4)danManfaatProduk(X5).SedangkanvariabelterikatnyaadalahvariabelBrandImage(Y).Jenispenelitianiniadalahdeskriptifkausalitas.PopulasiyangdigunakanadalahpenggunakartuprabayarIM3diKelurahanGadingkasriKecamatanKlojenKotaMalang.Jumlahsampelyangdigunakansebanyak87respondenyangdipilihsecaraaccidentalsampling.Instrumenpenelitianyangdigunakanadalahangketataukuesioner.Teknikanalisisdalampenelitianinimenggunakananalisisstatistikinferensialuntukmengetahuipengaruhpositioningterhadappembentukanbrandimagebaiksecaraparsialmaupunsimultan.AnalisisdatapenelitianinimenggunakananalisisRegresiLinierBerganda.Hasilpeneletianiniadalahsebagaiberikut(1)Atributproduktidakberpengaruhdalampembentukanbrandimagedenganhasilthitungttabel(0667alpha(0506005).Sumbanganefektif055%(2)Hargadankualitasberpengaruhdalampembentukanbrandimagedenganhasilthitungttabel(48271987)dansig.tttabel(-1238alpha(0219005).Sumbanganefektif185%(5)Manfaatprodukberpengaruhterhadappembentukanbrandimagedenganhasilthitungttabel(27061987)dansig.t233)dansig.F