Penciptaan iklim belajar yang kondusif melalui pendekatan pengelolaan kelas di SMK "Ardjuna" 01 Malang oleh Widya Aryanti

Main Author: Aryanti, Widya
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/3298/
Daftar Isi:
  • Untukmenciptakaniklimbelajaryangkondusifdirasakanpentingnyatugasgurumengelolakelas.Sebabkemampuanmemberikanpelajaransajatanpadiikutidengankemampuanmengorganisaskielastidakakanmenciptakaniklimbetajaryangkondusif.Olehsebabitupengelolaaknelasmemegangperananyangmenentukadnalamprosesbelajar-mengajar.Kegiatanpengelolaankelasditujukanpadakegiatanyangmenciptakandanmenjagakondisiyangoptimalbagiterjadinyaprosesbelajarsiswasepertimembinahubunganbaik(rapport)gurudansiswapenghentiantingkahlakusiswayangmenyimpangdariacarakelasreinforcemen(tWngmtar)punishment(hukuman)pengaturantugasataukerjakelompok.Setiapguruyangmengajartentumenggunakanpendekatanpengelolaankelastertentuuntukmenciptakaniklimbelajaryangkondusif.Diantaranyasepertiupayayangdilakukangurudalammenciptakaniklimbelajaryangkondusifmelaluipendekatapnengubahatningkahlakuupayayangdilakukangurudalammenciptakaniklimbelajaryangkondusifmelaluipendekatanpenciptaaniklimsosio-emosionalupayayangdilakukangurudalammenciptakaniklimbelajaryangkondusifmelaluipendekatanproseskelompokfaktorpendukungdanpenghambadtalammenciptakaniklimbelajaryangkondusifmelaluipendekatanpengelolaaknelas.PenelitianinimenggunakanpendekatankualitatieyangdilakukandiSMKARDJUNA0lMalang.Sampelpenelitianditetapkansecarasnowbasllampling.Teknikpengumpulandatayangdigunakanmeliputi(1)wawancaramendalam(2)pengamatabnerperansertadan(3)teknikdokumentasDi.atayangterkumpuldianalisissecaraberulang-ulanggrrnapenyusuumkonsepdanabstaksitemuanlapangan.Kredibilitasdatamenggunakanteknikperpanjangankeikutsertaanketekunanpengamatandantekniktriangulasi.Temuanpenelitianinisebagaiberikut.Pertamaupayagurudalammenciptakainklimbelajaryangkondusifmelaluipendekatapnengubahatningkahlakuyaituadanyapenguatan(reinforcement)danhukuman(punishmew).Penguatan(reinJbrcementy)angdiberikangurukepadasiswadalambentukverbaldannonverbal.Hukumanyangdiberikankepadasiswaberupahukumanfisikdannonfisik.Keduaupayagurudalammenciptakaniklimbelajaryangkondusifmelaluipendekatanpenciptaaniklimsosio-emosionalyaitudenganhubunganinterpersonalyangbaikadanyakomunikasiduaarahtealinhubunganyangakabdengansiswadanmenerapkanketerampilandasarmengajardenganmenggunakanmetodeyangbervariatifsepertihalnyapenerapandiskusikelompok.Ketigaupayagurudalammenciptakaniklimbelajaryangkondusifmelaluipendekatanproseskelompokdenganmembentukkelompok-kelompokbelajardandiskusikelompok.KelompokbelajardibentukdengantujuanuntukmemecahkapnersoalankesulitansekitarbelajarnyaS.edangkadniskusikelompokdibentukdengantujuanagardapatmemecahkanpersoalanhidupaaumasalahsekolahsertamasalahumumlainnya.Keempatfaktorpendukungdalammenciptakaniklimbelajaryangkondusifmelaluipendekatanpengelolaankelasyaituadanyaketerlibaanpersonilyangturutberperansepertikepalasekolahwakasekwalikelasgurukaryawanorangtuadanmasyarakat.Selainpersonilsekolatuadanyakesiapangurudalammengajadrikelasdankeberadaamnediamengajarsebagapienunjanggurudalammengajasrertapengaturanfisikuntukmenciptakaniklimbelajaryangkondusifjugasangaptenting.Kelirnataktorpenghambatdalammenciptakaniklimbelajaryangkondusifmelaluipendekatapnengelolaankelasdilihatdarisegisiswayaitumasihtingginyaabsensisiswamasihtingginyaketerlambatansiswamasukkelasdansebagiabnesarnilaisiswadibawahbataslulus.Darisegiguruterdapat15oranggurutidaktetap(GTT)yangkurangmendapatprioritasdanseringtidakmasuk.Darisegtmediamengajasrecarakuantitasmasihbelumterpenuhaitauideal.Darihasilpenelitiandisarankansebagabierikut(l)kepalasekolahdisarankanlebihseringmemantaudanmemonitortentangkedisiplinangurudansiswaagarkegiatanbelajar-mengajatirdaktergangguK.epalasekolahhendaknyamembimbinggurudalammengelolakelassesuaidengansituasidankondisisiswa(2)Bagiguruhendaknyamenanarnkansifatdisiplindalamdirinyadahulukarenaguruadalahmodelbagisiswa.Selainitugurudiharapkandapatmeningkatkanpenerapantigapendekatanpengelolaankelasyanglebihefektiflagiyaitupendekatanpengubahantingkahlakupendekatanpenciptaaniklimsosioemosionadlanpendekatapnroseskelompok.ll