Hubungan perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan kepuasan akerja guu-guru SD Negeri se Kecamatan Singosari Kabupaten Malang oleh Nining Anaindata

Main Author: Anaindata, Nining
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/3292/
Daftar Isi:
  • SekolahsebagasiuatulembagapendidikanformalterdiridariberbagaiunsurmanusiamerupakanunsuryangtelpentingdidalamnyaP.encapaiatnujuanorganisassiekolahmemerlukankeasamaantaraseluruhpersonil.Kerjasamadapatberjalansecaraefektifbilakepemimpinankepalasekolahbaik.KepalasekolahdalammelaksanakantugaskepemimpinannyacenderungberorientasitugasatauberorientasmianusiaP.erilakuseseoranmgerupakanbagianyangtakterpisahkadnarisuatusistemsosialyangsalingmenjalindenganperilakuoranglain.Jikaterdapaktetidakpuasapnadasalahsatupihakdapatmengundangterjadinyapengendoransemangakterjapadagilirannyaakanmelahirkanketidakpuasadnalamketa.Jikakeadaandemikianterjadimakamutuprosesbelajarmengajarakansangatterganggukarenanya.Masalahdalampenelitianiniadalahbagaimanakah(l)Perilakukepemimpinankepalasekolahyangberorientastiuga.s(2)Perilakukepemim-pinankepalasekolahyangberorientaasmianusia(3)Tingkatkepuasankeaguru-guru(4)Hubunganperilakukepemimpinankepalasekolahyangberorien-tastiugasdengantingkatkepuasankerjaguru-guru(5)Hubunganperilakukepemimpinankepalasekolahyangberorientasmianusiadengantingkatkepuasankerjaguru-guru(6))Hubunganperilakukepemimpinankepalasekolahdengantingkatkepuasankerjaguru-guruSDNegeriSe-KecamatanSingosariKabupatenMalang.Penelitianinibertujuanuntukmengetahu(il)Perilakukepemimpinankepalasekolahyangberorientasitugas(2)Perilakukepemimpinankepalasekolahyangberorientaasmianusia(3)Tingkatkepuasankerjaguru-guru(4)Hubunganperilakukepemimpinankepalasekolahyangberorientastiugasdengantingkatkepuasaknerjaguru-guru(5)Hubunganperilakukepemimpinankepalasekolahyangberorientasmianusiadengantingkatkepuasankerjaguru-guru(6)HubunganperilakukepemimpinankepalasekolahdengantingkatkepuasankerjaguruguruSDNegeriSe-KecamatanSingosariKabupatenMalang.PenelitianinimenggunakarnancangandeskriptifkorelasionalP.opulasiadalahguruSDNegeriSe-KecamatanSingosariKabupatenMalangyangberjumlah353orangdari49buahSDNegerisedangkansampelyangdiambilbeumlah20%darijumlahpopulasiyaituTlorangguru.Pengambilasnampemlenggunakanteknikrandomsampling.Instrumenpengumpulandataadalahteknikangket.Datadianalisisdenganteknikdeskriptifdankorelasiproductmoment.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(l)Perilakukepemimpinankepalasekolahberorientastiugasdalamkualifikasibaih(2)Perilakukepemimpinankepalasekolahberorientasmianusiadalamkualifikasibaik(3)Tingkatkepuasankerjaguru-gurujugadalamkualifikasitinggi(a)Terdapahtubungansignifikanantaraperilakukepemimpinankepalasekolahberorientastiugasdengankepuasankerjaguru-guru(5)Terdapathubungansignifikanantaraperilakukepemimpinankepalasekolahberorientasmianusiadengankepuasankerjaguru-gurudan(6)Terdapahtubungansigrifikanantaraperilakukepemimpinankepalasekolahdengankepuasaknerjaguru-guruSDNegeriSe-KecamataSningosarKiabupatenMalang.Berdasarkanhasilpenelitiandantemuanmakadisarankankepadakepalasekolahuntukmeningkatkanperilakukepemimpinanbaikberorientasitugasmaupunberorientasimanusi4sehinggaefektifitaskerjagurudapatditingkatkandankepuasankeagurupundapattercapai.Kepadapngawasuntukdapatmeningkatkanefektifitaskepengawasannysaesuaidengankepemimpinankepalasekolahagarkepuasankerjagurudapatterusditingkatkan.