Pengelolaan restoran kampus sebagai wahana pembelajaran praktik (studi kasus di Fajar Teaching Restaurant Universitas Negeri Malang) / Eva Mayasari

Main Author: Mayasari, Eva
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/3278/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMayasariEva.2010.PengelolaanRestoranKampusSebagaiWahanaPembelajaranPraktik(StudiKasusdiFajarTeachingRestaurantUniversitasNegeriMalang).SkripsiJurusanAdministrasiPendidikanFIPUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.H.AliImronM.PdM.Si.(II)Dr.A.YusufSobriS.SosM.Pd.KataKuncipengelolaanrestorankampuspembelajaranpraktikSebagaiupayapemenuhankualitasSumberDayaManusia(SDM)dalamduniapendidikandiselenggarakanpendidikantinggiyangmempunyaidayasaingdanmampumenjawabtuntutanarusglobalisasi.JurusanTeknikIndustriProdiTataBogaUniversitasNegeriMalangmerupakanpendidikanyangmampumenjawabataspemenuhankualitasSDMtersebut.Jurusaninimempunyaitujuanuntukmencetaktenagayangterampildanprofesionalsertadapatmenciptakanlapangankerjadibidangusaha.JurusanTeknikIndustriprodiTataBogaUniversitasNegeriMalangdalamhalinidiharapkandapatmenciptakanlapanganpekerjaansendiri.Jurusaninimempunyaistrategicukuphandaluntukmempersiapkanpesertadidik(mahasiswa)agarmempunyaidayasaingyangtinggidenganmenyediakanbeberapalaboratoriumsebagaiwahanapembelajaranpraktik.SalahsatulaboratoriumituadalahFajarTeachingRestaurantUniversitasNegeriMalang.Penelitianinibertujuanuntukmendapatkangambaranyangkomprehensiptentang(1)pengelolaanrestorankampusFajarTeachingRestaurantUniversitasNegeriMalangyangmeliputiperencanaanpengorganisasianpengawasandanevaluasi(2)prosespengadaansaranadanprasaranadalampengelolaanrestorankampusFajarTeachingRestaurantUniversitasNegeriMalangsebagaipembelajaranpraktik(3)ImplementasipembelajaranpraktikdalampengelolaanrestorankampusFajarTeachingRestaurantUniversitasNegeriMalangyangmeliputitahappersiapantahapperagaanperagaanpraktikdanevaluasi.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganrancanganstudikasus.LokasidalampenelitianiniadalahFajarTeachingRestaurantUniversitasNegeriMalang.DipilihnyarestorantersebutkarenapengelolaanrestorandilakukanolehmahasiswaJurusanTeknikIndustriUniversitasNegeriMalangsendirisehinggapenerapanpembelajaranpraktikdapatdiaplikasikandenganoptimal.Pengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanteknikwawancaraobservasidandokumentasi.Sedanganuntuksumberdatamenggunakantekniksamplingyaitumencariinformanyangpahammengenaihal-halyangberkaitandenganfokuspenelitianini.Prosesanalisisdatadalampenelitianinidimulaidenganmenelaahseluruhdatayangsudahtersediamelaluialatpengumpulandatayaituwawancaradanpengamatanyangsudahdituliskandalamcatatanlapangandokumenpribadidandokumenresmi.Datayangterkumpulakandianalisissecaradeskriptifdimanaiipenyelidikandeskriptiftertujupadapemecahanmasalahyangadapadamasasekarang.Adapuntahap-tahapanalisisdatayaitu(1)reduksidata(2)displaydata(3)verifikasidata.Hasildaripenelitianinisecaraumummenunjukkanbahwa(1)pengelolaanRestoranKampusFajarTeachingRestaurantUniversitasNegeriMalangmenyesuaikanprosesmanajemenyaitutahapperencanaanpengorganisasianpengawasansertaevaluasi(2)pengadaansaranadanprasaranadilakukandalambeberapatahapanantaralainidentifikasibaranganalisishargarapatkoordinasipencairandana(3)ImplementasipembelajaranpraktikdalampengelolaanrestorankampusFajarTeachingRestaurantUniversitasNegeriMalangyangmeliputitahappersiapan(menetapkantujuanpembelajaranmenyusunRencanaPembelajarnSemester(RPS)danmenetapkanstrukturorganisasi)tahapperagaan(observasidanpembelajarantutorsebaya)praktikdanevaluasi.BerdasarkantemuantersebutdisarankankepadayangpertamapengelolaFajarTeachingRestaurantuntuklebihmeningkatkanpembelajaranpraktiklebihkhususdalampenambahanbobotjammatakuliahsehinggapembelajarandapatberjalanlebihoptimal.KeduamahasiswaJurusanTataBogaBidangKeahlianUsahaJasaRestoranagardapatdijadikanmasukanuntukpengelolaanrestorankampusyanglebihinovatifdalamrangkauntukmeningkatkanefektifitasdanefisiensiRestoranKampusFajarTeachingRestaurantUniversitasNegeriMalang.KetigamahasiswaJurusanAdministrasiPendidikanagardapatdijadikansebagaisalahsatubahankajianuntukmengembangkanilmumanajemenlayanankhususbidangkafetaria.Keempatpenelitilainagardapatdijadikansebagaibahanreferensiataubahanbandinganyangdapatdijadikansebagaidasardalammelakukanpenelitianyangserupaataupenelitianlanjutandenganmengembangkanilmupengetahuankhususnyayangberhubungandenganpenelitianini.