Pengaruh harga terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan pada ayam geprek (studi pada pelanggan ayam geprek Iam Chicken Boss Kota Kediri) / Arinta Martsiliani
Main Author: | Martsiliani, Arinta |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/32507/ |
Daftar Isi:
- ivABSTRAKMartsilianiArinta.2019.PengaruhHargaTerhadapLoyalitasPelangganMelaluiKepuasanPelangganPadaAyamGeprek(StudiPadaPelangganAyamGeprekIamChickenBossKotaKediri).Skripsi.JurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.MohammadHariM.Si.KataKunciHargaKepuasanPelangganLoyalitasPelangganIamChickenBossmerupakansalahsatukulinerdiKotaKediri.Kulineriniberdiripadatanggal18Mei2018.Masalahyangmenjadifokuspadausahanyaadalahperlumembangunloyalitaspelanggannyausahayangbaruberdiriinitidakhanyamencaripelanggansajanamunbagaimanapelanggantersebutmenjadiloyal.Untukmembangunloyalitaspelangganlangakahyangdiambilsebelumnyaadalahmembuatbagaimanapelanggamerasakankepuasan.Kemudianfaktoryangdigunakanpenelitiadalahfaktorharga.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahui(1)deskripsihargakepuasanpelanggandanloyaliaspelanggan(2)pengaruhlangsunghargaterhadapkepuasanpelanggan(3)pengaruhlangsungkepuasanpelangganterhadaployalitaspelanggan(3)pengaruhlangsunghargaterhadaployalitaspelanggan(4)pengaruhtidaklangsunghargaterhadaployalitaspelangganmelaluikepuasanpelanggan.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiankuantitatifdenganmetodepenelitiananalisisjalur.PopulasipenelitianiniadalahpelangganIamChickenBossbulanOktoberNovemberdanDesember2018sebanyak2.372pelanggan.Teknikpenentuansampelyangdigunakanadalahteknikprobabilitysamplingdenganmetodepusrposivesamplingdengankriteriarespondentelahmelakukanpembelianminimal3kali.Perolehansampelsebanyak106responden.DatapenelitiaanpembeliandikumpulkanmelaluipenyebarankuesionerofflineyangkemudiandiolahmenggunakanprogramSPSS.Hasilyangdiperolehdalampenelitianmenunjukkanbahwa(1)hargakepuasanpelanggandanloyalitaspelangganpadaIamChickenBossmenunjukkanhasilyangbaik(2)hargamemilikipengaruhyangpositifdansignifikanterhadapkepuasanpelanggandenganhasilthitung14.195(3)Kepuasanpelangganmemilikipengaruhpositifdansignifikanterhadaployalitaspelanggandenganhasilthitung3.835(4)hargamemilikipengaruhyangpositifdansignifikanterhadaployalitaspelanggandenganhasilthitung6.232(5)hargasecaratidaklangsungmemilikipengaruhyangpositifdansignifikanterhadaployalitaspelangganmelaluikepuasanpelanggandenganhasilthitung3.702.Berdasarkanhasilyangdiperolehterdapatbeberapasaranyaitupertamamemberikanvariasimenusaathari-haritertentukeduaberfikiruntukmelakukaninovasidanmemberikanrewardterhadappelangganyangloyaldengankriteriayangtelahditetapkan.Halinidilakukanagarpelanggantetapmerasapuasdantetapmenjadipelangganyangloyal