Pengaruh harga terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan pada ayam geprek (studi pada pelanggan ayam geprek Iam Chicken Boss Kota Kediri) / Arinta Martsiliani

Main Author: Martsiliani, Arinta
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/32507/
Daftar Isi:
  • ivABSTRAKMartsilianiArinta.2019.PengaruhHargaTerhadapLoyalitasPelangganMelaluiKepuasanPelangganPadaAyamGeprek(StudiPadaPelangganAyamGeprekIamChickenBossKotaKediri).Skripsi.JurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.MohammadHariM.Si.KataKunciHargaKepuasanPelangganLoyalitasPelangganIamChickenBossmerupakansalahsatukulinerdiKotaKediri.Kulineriniberdiripadatanggal18Mei2018.Masalahyangmenjadifokuspadausahanyaadalahperlumembangunloyalitaspelanggannyausahayangbaruberdiriinitidakhanyamencaripelanggansajanamunbagaimanapelanggantersebutmenjadiloyal.Untukmembangunloyalitaspelangganlangakahyangdiambilsebelumnyaadalahmembuatbagaimanapelanggamerasakankepuasan.Kemudianfaktoryangdigunakanpenelitiadalahfaktorharga.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahui(1)deskripsihargakepuasanpelanggandanloyaliaspelanggan(2)pengaruhlangsunghargaterhadapkepuasanpelanggan(3)pengaruhlangsungkepuasanpelangganterhadaployalitaspelanggan(3)pengaruhlangsunghargaterhadaployalitaspelanggan(4)pengaruhtidaklangsunghargaterhadaployalitaspelangganmelaluikepuasanpelanggan.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiankuantitatifdenganmetodepenelitiananalisisjalur.PopulasipenelitianiniadalahpelangganIamChickenBossbulanOktoberNovemberdanDesember2018sebanyak2.372pelanggan.Teknikpenentuansampelyangdigunakanadalahteknikprobabilitysamplingdenganmetodepusrposivesamplingdengankriteriarespondentelahmelakukanpembelianminimal3kali.Perolehansampelsebanyak106responden.DatapenelitiaanpembeliandikumpulkanmelaluipenyebarankuesionerofflineyangkemudiandiolahmenggunakanprogramSPSS.Hasilyangdiperolehdalampenelitianmenunjukkanbahwa(1)hargakepuasanpelanggandanloyalitaspelangganpadaIamChickenBossmenunjukkanhasilyangbaik(2)hargamemilikipengaruhyangpositifdansignifikanterhadapkepuasanpelanggandenganhasilthitung14.195(3)Kepuasanpelangganmemilikipengaruhpositifdansignifikanterhadaployalitaspelanggandenganhasilthitung3.835(4)hargamemilikipengaruhyangpositifdansignifikanterhadaployalitaspelanggandenganhasilthitung6.232(5)hargasecaratidaklangsungmemilikipengaruhyangpositifdansignifikanterhadaployalitaspelangganmelaluikepuasanpelanggandenganhasilthitung3.702.Berdasarkanhasilyangdiperolehterdapatbeberapasaranyaitupertamamemberikanvariasimenusaathari-haritertentukeduaberfikiruntukmelakukaninovasidanmemberikanrewardterhadappelangganyangloyaldengankriteriayangtelahditetapkan.Halinidilakukanagarpelanggantetapmerasapuasdantetapmenjadipelangganyangloyal