Pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan (studi pada pelanggan restoran Mie Jogja Pak Karso Malang) / Megawati Prasetyo
Main Author: | Prasetyo, Megawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/32486/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPrasetyoM.2019.PengaruhKualitasProdukTerhadapLoyalitasPelangganMelaluiKepuasanPelanggan(StudiPadaPelangganRestoranMieJogjaPakKarsoMalang)SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.IWayanJamanAdiPutraM.Si.KataKunciKualitasProdukKepuasanPelanggandanLoyalitasPelangganBerbagaicaradapatdilakukanolehsuatuperusahaanyangbergerakdibidangkulineruntukmempertahankanloyalitaspelanggandengancaramelakukaninovasiterhadapproduknya.Apabilakualitasproduktersebutmeningkatmakakepuasanpelangganakanbertambahsehinggahaltersebutdapatdikaitkandenganloyalitaspelanggan.TujuanuntukpenelitianiniadalahuntukmengetahuideskripsikualitasprodukkepuasaanpelanggandanloyalitaspelangganpadapelangganRestoranMieJogjaPakKarsoMalangBesarnyapengaruhlangsungkualitasprodukdankepuasanpelanggan.Besarnyapengaruhlangsungdantidaklangsungkualitasprodukterhadaployalitaspelangganmelaluikepuasanpelanggan.Penelitianiniadalahpenelitiankuantitatifdenganmenggunakandesainpenelitiandeskriptifdaneksplanatori.VariabelbebasdalampenelitianiniadalahKualitasProduk(X1)danKepuasanPelanggan(X2)sedangkanvariabelterikatnyaadalahLoyalitasPelanggan(Y).PopulasidalampenelitianiniadalahpelangganRestoranMieJogjaPakKarsoMalangyangberjumlah146.Sampeldalampenelitianiniadalahsebesar118orangyangdihitungmenggunakanrumusSlovin.Tekniksamplingyangdigunakandalampenelitianinimerupakanteknikrandomsampling.SkalayangdigunakandalampenelitianiniadalahSkalaLikertdengan5pilihanjawabanyaituSangatTidakSetujuTidakSetujuCukupSetujuSetujudanSangatSetuju.JenisskalainiadalahskalaordinalyangditingkatkanmenjadiskalaintervalmelaluiMSI(MethodOfSuccessiveInterval).Ujikelayakaninstrumentmenggunakanujivaliditasdanreliabilitas.Teknisanalisisdatamenggunakananalisisstatistikdeskriptifdananalisisjalur(Path).Hasilanalisisdeskriptifdalampenelitianinimenunjukkanbahwa(1)KualitasProdukdiklasifikasikantinggi(2)KepuasanPelanggandiklasifikasikanbaik(3)LoyalitasPelanggandiklasifikasikantinggi.Hasilujianalisisjalur(Path)menunjukkanbahwa(1)PengaruhKualitasProduk(X1)terhadapKepuasanPelanggan(X2)diketahuisebesar221%sedangkansisanyasebesar779%dipengaruhiolehvariabellaindiluarpenelitianini.(2)PengaruhKualitasProduk(X1)danKepuasanPelanggan(X2)terhadapLoyalitasPelanggan(Y)menjelaskanbahwavariabelbebasdanterikatadalahsebesar97%sedangkansisanyasebesar903%dipengaruhiolehvariabellaindiluarmodel(3)PengaruhlangsungdantidaklangsungKualitasProduk(X1)terhadapLoyalitasPelanggan(Y)sebesar981%sedangkanpengaruhlangsungdantidaklangsungKepuasanPelanggan(X2)terhadapLoyalitasPelanggan(Y)sebesar847%.Hasilujihipotesismenunjukkanbahwa(1)terdapatpengaruhpositifdansignifikanKualitasProdukterhadapKepuasanPelanggan(2)TerdapatpengaruhpositifdansignifikanKualitasProdukdanKepuasanPelangganterhadapLoyalitasPelanggan.Hasilkoefisiendeterminasitotalmenunjukkanbahwavariabelbebas(X1)danintervening(X2)memberipengaruhsebesar297%terhadapvariabelterikat(Y)sedangkanselebihnyasebesar703%dijelaskanvariabellaindiluarmodel.HasilujiSobelTestyangtelahdilakukanmendapatkannilaitsebesar2203645karenanilaityangdiperolehsebesar2203645165821dengantingkatsignifikasi5%makamembuktikanbahwaKepuasanPelangganmampumemediasihubunganpengaruhKualitasProdukterhadapLoyalitasPelanggan.Berdasarkanhasilpenelitianinipenelitidapatmemberikansaransebagaiberikut(1)BagiRestoranMieJogjaPakKarsoMalanguntukdapatmempertahankandanmeningkatkankualitasproduknyadenganmenambahkanvariasiprodukmakanandanminuman.Sertameningkatkankualitaslayanannya.(2)Bagipenelitiselanjutnyapenelitianinidapatdijadikanbahankajianbagipenelitilainyanginginmelakukanpenelitiansejenis.Diharapkanpenelitiselanjutnyabisamengembangkanpenelitianinidanmenyusunjenisinstrumentlainyanglebihbaiklagi.