Pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan (studi pada pelanggan restoran Mie Jogja Pak Karso Malang) / Megawati Prasetyo

Main Author: Prasetyo, Megawati
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/32486/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPrasetyoM.2019.PengaruhKualitasProdukTerhadapLoyalitasPelangganMelaluiKepuasanPelanggan(StudiPadaPelangganRestoranMieJogjaPakKarsoMalang)SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.IWayanJamanAdiPutraM.Si.KataKunciKualitasProdukKepuasanPelanggandanLoyalitasPelangganBerbagaicaradapatdilakukanolehsuatuperusahaanyangbergerakdibidangkulineruntukmempertahankanloyalitaspelanggandengancaramelakukaninovasiterhadapproduknya.Apabilakualitasproduktersebutmeningkatmakakepuasanpelangganakanbertambahsehinggahaltersebutdapatdikaitkandenganloyalitaspelanggan.TujuanuntukpenelitianiniadalahuntukmengetahuideskripsikualitasprodukkepuasaanpelanggandanloyalitaspelangganpadapelangganRestoranMieJogjaPakKarsoMalangBesarnyapengaruhlangsungkualitasprodukdankepuasanpelanggan.Besarnyapengaruhlangsungdantidaklangsungkualitasprodukterhadaployalitaspelangganmelaluikepuasanpelanggan.Penelitianiniadalahpenelitiankuantitatifdenganmenggunakandesainpenelitiandeskriptifdaneksplanatori.VariabelbebasdalampenelitianiniadalahKualitasProduk(X1)danKepuasanPelanggan(X2)sedangkanvariabelterikatnyaadalahLoyalitasPelanggan(Y).PopulasidalampenelitianiniadalahpelangganRestoranMieJogjaPakKarsoMalangyangberjumlah146.Sampeldalampenelitianiniadalahsebesar118orangyangdihitungmenggunakanrumusSlovin.Tekniksamplingyangdigunakandalampenelitianinimerupakanteknikrandomsampling.SkalayangdigunakandalampenelitianiniadalahSkalaLikertdengan5pilihanjawabanyaituSangatTidakSetujuTidakSetujuCukupSetujuSetujudanSangatSetuju.JenisskalainiadalahskalaordinalyangditingkatkanmenjadiskalaintervalmelaluiMSI(MethodOfSuccessiveInterval).Ujikelayakaninstrumentmenggunakanujivaliditasdanreliabilitas.Teknisanalisisdatamenggunakananalisisstatistikdeskriptifdananalisisjalur(Path).Hasilanalisisdeskriptifdalampenelitianinimenunjukkanbahwa(1)KualitasProdukdiklasifikasikantinggi(2)KepuasanPelanggandiklasifikasikanbaik(3)LoyalitasPelanggandiklasifikasikantinggi.Hasilujianalisisjalur(Path)menunjukkanbahwa(1)PengaruhKualitasProduk(X1)terhadapKepuasanPelanggan(X2)diketahuisebesar221%sedangkansisanyasebesar779%dipengaruhiolehvariabellaindiluarpenelitianini.(2)PengaruhKualitasProduk(X1)danKepuasanPelanggan(X2)terhadapLoyalitasPelanggan(Y)menjelaskanbahwavariabelbebasdanterikatadalahsebesar97%sedangkansisanyasebesar903%dipengaruhiolehvariabellaindiluarmodel(3)PengaruhlangsungdantidaklangsungKualitasProduk(X1)terhadapLoyalitasPelanggan(Y)sebesar981%sedangkanpengaruhlangsungdantidaklangsungKepuasanPelanggan(X2)terhadapLoyalitasPelanggan(Y)sebesar847%.Hasilujihipotesismenunjukkanbahwa(1)terdapatpengaruhpositifdansignifikanKualitasProdukterhadapKepuasanPelanggan(2)TerdapatpengaruhpositifdansignifikanKualitasProdukdanKepuasanPelangganterhadapLoyalitasPelanggan.Hasilkoefisiendeterminasitotalmenunjukkanbahwavariabelbebas(X1)danintervening(X2)memberipengaruhsebesar297%terhadapvariabelterikat(Y)sedangkanselebihnyasebesar703%dijelaskanvariabellaindiluarmodel.HasilujiSobelTestyangtelahdilakukanmendapatkannilaitsebesar2203645karenanilaityangdiperolehsebesar2203645165821dengantingkatsignifikasi5%makamembuktikanbahwaKepuasanPelangganmampumemediasihubunganpengaruhKualitasProdukterhadapLoyalitasPelanggan.Berdasarkanhasilpenelitianinipenelitidapatmemberikansaransebagaiberikut(1)BagiRestoranMieJogjaPakKarsoMalanguntukdapatmempertahankandanmeningkatkankualitasproduknyadenganmenambahkanvariasiprodukmakanandanminuman.Sertameningkatkankualitaslayanannya.(2)Bagipenelitiselanjutnyapenelitianinidapatdijadikanbahankajianbagipenelitilainyanginginmelakukanpenelitiansejenis.Diharapkanpenelitiselanjutnyabisamengembangkanpenelitianinidanmenyusunjenisinstrumentlainyanglebihbaiklagi.