Pengaruh brand personality dan kualitas produk terhadap minat beli ulang konsumen (studi pada konsumen Geprek Bensu Malang) / Ika Fitria

Main Author: Fitria, Ika
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/32484/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKFitriaIka.2019.PengaruhBrandPersonalitydanKualitasProdukTerhadapMinatBeliUlangGeprekBensuMalang.Skripsi.JurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.AniekIndrawatiS.Si.M.Si.KatakunciBrandPersonalityKualitasProdukMinatBeliUlangPerkembanganbisniskulinersaatinisemakinpesatterutamadiKotaMalang.SelaindidukungbanyaknyasektorpariwisatabanyaknyajumlahmahasiswajugamenjadipeluangyangmenggiurkanbagipengusahakulinerdiMalang.Ditengah-tengahtingginyatingkatpersainganperusahaanharusbisamerancangstrategipemasaranyangdapatmenarikminatbelikonsumendanharusmempertahankanminatbelitersebutagarterciptaminatpembeliansecaraulang.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)deskripsibrandpersonalitykualitasprodukdanminatbeliulang(2)pengaruhantarabrandpersonalityterhadapminatbeliulang(3)pengaruhantarakualitasprodukterhadapminatbeliulang.Jenispenelitianinideskriptifdaneksplanatoridenganpendekatankuantitatifmenggunakanteknikanalisisstatistikdeskriptifdananalisisregresilinierberganda.PopulasidalampenelitianiniyaitukonsumenGeprekBensuJl.SoekarnoHattaMalangsejumlah178respondenyangtelahmengkonsumsilebihdari2kali.TekniksamplingyangdigunakanadalahpurposivesamplingdenganmengumpulkandatamenggunakankuesionerdenganSkalaLikert5pilihanjawaban.Ujikelayakaninstrumenpadapenelitianinimenggunakanujivaliditasdanujireliabilitas.Analisisdatayangdigunakanmeliputianalisisstatistikdeskriptifujiasumsiklasikdanujiregresilinierberganda.Hasilanalisisdeskriptifmenunjukkan(1)BrandpersonalitytermasukdalamkategoribaikolehkonsumenGeprekBensu.(2)KualitasproduktermasukdalamkategoribaikolehkonsumenGeprekBensu.(3)MinatbeliulangtermasukdalamkategoribaikolehkonsumenGeprekBensu.MaknanyaadalahbanyaksekalirespondenyangmelakukanpembelianulangdipengaruhiolehbrandpersonalityGeprekBensumeskipunkualitasprodukyangditawarkantidakmemilikiperbedaandenganproduksejenislainnya.Ujiasumsiklasikmenunjukkanbahwa(1)ModelregresimemenuhiasumsinormalitasterlihatdaripenyebarantitikdisekitargarisdiagonalpadagrafikP-PPlotofRegressionStandarizedResidual(2)Modelregresitidakmenunjukkanmasalahheteroskedastisitasterlihatpadatitikgrafikscatterplotyangtidakmembentukpolatertentu(3)Modelregresitidakmenunjukkangejalamultikolinearitas.Berdasarkanujihipotesismenunjukkan(1)BrandPersonalitymemilikipengaruhpositifdansignifikanterhadapminatbeliulangHalinimengartikanbahwaGeprekBensusuksesmembentukkepribadianmereknyasehinggadapatmempengaruhikonsumenuntukmelakukanpembelianulang.(2)KualitasProdukberpengaruhpositifnamuntidaksignifikanterhadapminatbeliulang.InimenunjukkanbahwakualitasprodukyangdirasakanolehkonsumenGeprekBensuiikurangmemenuhistandartyangdiharapkankonsumen.DimanadengannamaRubenOnsuyangdigunakanadalahseorangpublikfigurterkenalyangharapannyadapatmemberikankualitasyangterbaikdaripadakompetitornya.Berdasarkanhasilpenelitianinidisarankan(1)bagiGeprekBensusupayameningkatkanpelayananagarlebihcepatmenambahbeberapafasilitasyangdapatmeningkatkankenyamanankonsumensaatberkunjungmengadakanpromopadaevent-eventtertentudanmemberikanhadiahataugiftkepadakonsumensertadanmempertimbangkanlagimengenaihargadanporsiyangditawarkankepadakonsumen(2)bagipenelitiselanjutnyasupayamenelitilebihmendalamdanmenambahkanvariabel-variabellaindiluarvariabelbrandpersonalitykualitasprodukdanminatbeliulang.Misalnyavariabelkualitaspelayanandanpenetapanhargakarenavariabelinisangaterathubungannyadenganminatbeliulang.