Pengaruh citra merek terhadap minat beli ulang konsumen melalui kepercayaan merek pada produk sepeda motor all new Yamaha V-ixion (studi pada komunitas "YVC-I" Yamaha V-ixion Club Indonesia di Malang) / M. Ridwan Bangun Gumelar

Main Author: Gumelar, M. Ridwan Bangun
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/32383/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKGumelarM.R.B.2018.PengaruhCitraMerekTerhadapMinatBeliUlangKonsumenMelaluiKepercayaanMerekPadaProdukSepedaMotorAllNewYamahaV-ixion(StudiPadaKomunitasYVC-IYamahaV-ixionClubIndonesiadiMalang).SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrDjokoDwiKusumanjantoM.Si.Katakuncicitramerekminatbeliulangkepercayaanmerek.Merekmerupakansuatuelemenyangmencerminkankeseluruhandarisuatuprodukdanjasa.Merekmemilikipengaruhpsikologisdalammenentukanminatbeliulangkonsumen.Halinidisebabkanolehcitra(image)yangmunculdalambenakkonsumensehinggapadaakhirnyamempengaruhikepercayaankonsumendalammembeliproduktersebut.Inimenunjukkanbahwacitramerekmempengaruhiminatbeliulangkonsumenmelaluikepercayaanmerektersebut.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahui(1)deskripsicitramerekkepercayaanmerekdanminatbeliulangpadaprodukallnewYamahaV-ixion(2)pengaruhcitramerekterhadapkepercayaanmerek(3)pengaruhcitramerekterhadapminatbeliulangkonsumen(4)pengaruhkepercayaanmerekterhadapminatbeliulangkonsumen(5)pengaruhcitramerekterhadapminatbeliulangyangdimediasiolehkepercayaanmerek.Penelitianinimenggunakanmetodepengambilansampelprobabilitysamplingdengansimplerandomsampling.Sampelyangdigunakandalampenelitianiniadalahsebanyak110orangrespondenyangdiambildaripopulasianggotakomunitasYVC-IYamahaV-ixionClubIndonesiasebanyak150orangdenganterlebihdahuludiolahmenggunakanrumusSlovin.Analisisdatadalampenelitianiniadalahdeskriptifdaneksplanatoridenganmenggunakanmetodeanalisisjalur.Kuesioneryangdigunakanmerupakanjeniskuesionerterbukadantertutupdimanakuesionertertutupmenggunakanratingscaledengan4skalapilihanjawaban.Teknikpengumpulandatamenggunakankuesioner.Ujikelayakaninstrumenmenggunakanujivaliditasdanreliabilitas.Teknikanalisisdatamenggunakananalisisstatistikdeskriptifdananalisisstatistikinferensial.Analisisstatistikinferensialdengananalisisjalur.ProsespengolahandatamenggunakanprogramSPSS15HasilpengujianhipotesispertamaterbuktibahwacitramerekberpengaruhpositifdansignifikanterhadapkepercayaanmerekpadaprodukallnewYamahaV-ixion.HasilpengujianhipotesiskeduaterbuktibahwacitramerekberpengaruhpositifdansignifikanterhadapminatbeliulangpadaprodukallnewYamahaVixionsemakinbaikdankuatcitramerekdalambenakkonsumententuakansemakinmeningkatkankeinginankonsumenuntukmelakukanminatpembelianulangprodukallnewYamahaV-ixion.HasilpengujianhipotesisketigaditemukanbahwakepercayaanmerekberpengaruhpositifdansignifikanterhadapminatbeliulangpadaprodukallnewYamahaV-ixion.HasilpengujianhipotesiskeempatditemukanbahwacitramerekberpengaruhtidaklangsungterhadapminatbeliulangmelaluikepercayaanmerekpadaprodukallnewYamahaV-ixion.1Berdasarkanhasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwa(1)deskripsicitramerekkepercayaanmerekdanminatbeliulangparaprodukallnewYamahaV-ixionterbilangcukupbaik(2)terdapatpengaruhsecaralangsungyangpositifdansignifikanantaracitramerekterhadapkepercayaanmerek(3)terdapatpengaruhsecaralangsungyangpositifdansignifikanantaracitramerekterhadapminatbeliulang(4)terdapatpengaruhsecaralangsungyangpositifdansignifikanantarakepercayaanmerekterhadapminatbeliulang(5)terdapatpengaruhsecaratidaklangsungantaracitramerekterhadapminatbeliulangmelaluikepercayaanmerek.Berdasarkankesimpulantersebutmakapenelitimemberikansaransebagaiberikut(1)kepadaperusahaanYamahadiharapkanlebihmemperhatikankebutuhankonsumenagarterciptakepercayaandarikonsumendanmenimbulkanminatbeliulang(2)kepadakonsumendiharapkanmampumengeloladanmenjadipembeliyangcerdasdenganmempertimbangkansetiapaspekyangdibeli(3)kepadapenelitiselanjutnyadiharapkanmampumemodifikasidanmengembangkandarimodelpenelitiinigunamemperluasilmupengetahuanyangada.Sepertihalnyamenambahkan3variabelbebascitramerekkualitasmerekdanhargasertamenggunakanskalapengukurandengan5opsijawaban.2