Pengaruh discount dan hedonic shopping motives terhadap impulse buying (studi pada konsumen Giant Hypermarket Mall Olympic Garden Malang) / Ahmad Rifqy Fathurrahman
Main Author: | Fathurrahman, Ahmad Rifqy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/32363/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKFathurrahmanA.R.2018.PengaruhDiscountdanHedonicShoppingMotivesterhadapImpulseBuying(StudipadaKonsumenGiantHypermarketMallOlympicGardenMalang).SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.TitisShintaDhewiS.P.M.M.KataKuncidiscounthedonicshoppingmotivesimpulsebuyingPerilakuimpulsebuyingkonsumenmenjadihalyangmenarikbagiperusahaanritelmodernkarenapangsapasarterbesarberasaldarisana.Pemasaryangpekadapatmemanfaatkankarakteristikdankondisiyangadasebagaisoulusiuntukmenerapkanstrategiuntukmencapaikesuksesandalammeningkatkanomzetpenjualanperusahaan.Discountmerupakansalahsatujenispromosiyangdapatmemicuperilakuimpulsebuyingkonsumen.Selainuntukberbelanjagerairitelmodernyangberlokasidipusatperbelanjaanmerupakansaranauntukmemuaskanhedonicshoppingmotivesyangdidasariolehemosidarikonsumen.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmegetahui(1)kondisidiscounthedonicshoppingmotivesdanimpulsebuyingdarikonsumenGiantMallOlympicGardenMalang(2)pengaruhdiscountsecaralangsungterhadapimpulsebuying(3)pengaruhhedonicshoppingmotivessecaralangsungterhadapimpulsebuying(4)variabeldiscountatauhedonicshoppingmotivesyangdominanmempengaruhiimpulsebuying.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdatayangdiperolehmerupakanhasildaripenyebarankuesioner.PopulasipadapenelitianiniadalahkonsumenGiantHypermarketMallOlympicGardenMalangyangmelakukanimpulsebuyingpopulasipenelitianinimerupakaninfinitepopulationsampelyangdiambildengantekniksamplingpurposivesejumlah128responden.SkalapengukuranyangdigunakanadalahskalaLikertdengan5opsijawabanyaitusangatsetujusetujucukupsetujutidaksetujudansangattidaksetuju.JenisdatapadapenelitianiniadalahdataordinalyangdiubahmenjadidataintervalmelaluiMSI(MethodSuccessiveInterval).Teknikanalisisyangdigunakanadalahdeskriptifdaninferensial.Sebelumdilakukananalisisregresibergandadilakukanujiasumsiklasikyaituujinormalitasujimultikoliniearitasdanujiheteroskedastisitas.Hasilanalisismenunjukkanbahwa(1)DeskripsidiscounthedonicshoppingmotivesdanimpulsebuyingkonsumenGiantHypermarketMallOlympicGardenMalangdimaknaicukupbaik(2)terdapatpengaruhpositifdansignifikanantaradiscountterhadapimpulsebuying(3)terdapatpengaruhpositifdansignifikanantarahedonicshoppingmotivesterhadapimpulsebuying(4)variabeldominanyangmempengaruhiimpulsebuyingadalahhedonicshoppingmotives.Saranyangdapatdiberikansehubungandengantemuanyangdiperolehdaripenelitianiniadalah(1)lebihmenerapkandiscountdenganjumlahpembeliantertentu(2)konsumendisarankanuntuktidakterlalutergodadengandiscount(3)untukpenelitiselanjutnyadiharapkanuntukmenelitivariabelimpulsebuyingdanvariabellainyangmempengaruhiimpulsebuyingkonsumensepertibonuspackdaninstoredisplay.