Pengaruh discount dan hedonic shopping motives terhadap impulse buying (studi pada konsumen Giant Hypermarket Mall Olympic Garden Malang) / Ahmad Rifqy Fathurrahman

Main Author: Fathurrahman, Ahmad Rifqy
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/32363/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKFathurrahmanA.R.2018.PengaruhDiscountdanHedonicShoppingMotivesterhadapImpulseBuying(StudipadaKonsumenGiantHypermarketMallOlympicGardenMalang).SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.TitisShintaDhewiS.P.M.M.KataKuncidiscounthedonicshoppingmotivesimpulsebuyingPerilakuimpulsebuyingkonsumenmenjadihalyangmenarikbagiperusahaanritelmodernkarenapangsapasarterbesarberasaldarisana.Pemasaryangpekadapatmemanfaatkankarakteristikdankondisiyangadasebagaisoulusiuntukmenerapkanstrategiuntukmencapaikesuksesandalammeningkatkanomzetpenjualanperusahaan.Discountmerupakansalahsatujenispromosiyangdapatmemicuperilakuimpulsebuyingkonsumen.Selainuntukberbelanjagerairitelmodernyangberlokasidipusatperbelanjaanmerupakansaranauntukmemuaskanhedonicshoppingmotivesyangdidasariolehemosidarikonsumen.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmegetahui(1)kondisidiscounthedonicshoppingmotivesdanimpulsebuyingdarikonsumenGiantMallOlympicGardenMalang(2)pengaruhdiscountsecaralangsungterhadapimpulsebuying(3)pengaruhhedonicshoppingmotivessecaralangsungterhadapimpulsebuying(4)variabeldiscountatauhedonicshoppingmotivesyangdominanmempengaruhiimpulsebuying.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdatayangdiperolehmerupakanhasildaripenyebarankuesioner.PopulasipadapenelitianiniadalahkonsumenGiantHypermarketMallOlympicGardenMalangyangmelakukanimpulsebuyingpopulasipenelitianinimerupakaninfinitepopulationsampelyangdiambildengantekniksamplingpurposivesejumlah128responden.SkalapengukuranyangdigunakanadalahskalaLikertdengan5opsijawabanyaitusangatsetujusetujucukupsetujutidaksetujudansangattidaksetuju.JenisdatapadapenelitianiniadalahdataordinalyangdiubahmenjadidataintervalmelaluiMSI(MethodSuccessiveInterval).Teknikanalisisyangdigunakanadalahdeskriptifdaninferensial.Sebelumdilakukananalisisregresibergandadilakukanujiasumsiklasikyaituujinormalitasujimultikoliniearitasdanujiheteroskedastisitas.Hasilanalisismenunjukkanbahwa(1)DeskripsidiscounthedonicshoppingmotivesdanimpulsebuyingkonsumenGiantHypermarketMallOlympicGardenMalangdimaknaicukupbaik(2)terdapatpengaruhpositifdansignifikanantaradiscountterhadapimpulsebuying(3)terdapatpengaruhpositifdansignifikanantarahedonicshoppingmotivesterhadapimpulsebuying(4)variabeldominanyangmempengaruhiimpulsebuyingadalahhedonicshoppingmotives.Saranyangdapatdiberikansehubungandengantemuanyangdiperolehdaripenelitianiniadalah(1)lebihmenerapkandiscountdenganjumlahpembeliantertentu(2)konsumendisarankanuntuktidakterlalutergodadengandiscount(3)untukpenelitiselanjutnyadiharapkanuntukmenelitivariabelimpulsebuyingdanvariabellainyangmempengaruhiimpulsebuyingkonsumensepertibonuspackdaninstoredisplay.