Hubungan aktivitas supervisi pendidikan kepala sekolah dan kepuasan kerja guru di SMP Negeri se-kecamatan Srengat Kabupaten Blitar / Evi Setyoningtyas
Main Author: | Setyoningtyas, Evi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/3236/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSetyoningtyasEvi.2009.HubunganAktivitasSupervisiPendidikanKepalaSekolahdanKepuasanKerjaGuruSMPNegeriSe-KecamatanSrengatKabupatenBlitar.Skripsi.JurusanAdministrasiPendidikanFIPUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.MaisyarohM.Pd(II)SunarniS.PdM.Pd.KatakuncisupervisipendidikankepuasankerjaPendidikanadalahusahauntukmembentukmanusiayangmampubertanggungjawabpadadirinyasertamembentukpribadimanusiaseutuhnyayangdiselenggarakandisekolahdirumahdandimasyarakat.Untukmeningkatkanmutupendidikandanmencapaitujuanpendidikanyangtelahdirencanakanbanyakfaktoryangmempengaruhikeberhasilandalampencapaiantujuantersebut.Faktoryangmempengaruhitersebutantaralainaktivitassupervisipendidikankepalasekolahdankepuasankerjaguru.Padadasarnyasupervisimerupakanbantuandariparapemimpinsekolahyangtertujukepadaperkembangankemampuanguru-gurudanpersonilsekolahlainnyadidalammencapaitujuan-tujuanpendidikan.Dengandemikiansemuakekuranganhambatanmaupunkesulitanyangdihadapiolehgurudapatdiatasidandiperbaikiyangakanberpengaruhterhadapkepuasankerjagurudalampelaksanaantugasdantanggungjawabnyasebagaiguru.Masalahpenelitianiniadalah(1)BagaimanakahtingkataktivitassupervisipendidikankepalasekolahdiSMPNegeriSe-KecamatanSrengatKabupatenBlitar(2)bagaimanakahtingkatkepuasankerjagurudiSMPNegeriSe-KecamatanSrengatKabupatenBlitar(3)apakahadahubungantingkataktivitassupervisipendidikankepalasekolahdantingkatkepuasankerjaguruSMPNegeriSe-KecamatanSrengatKabupatenBlitar.Tujuanpenelitianiniadalah(1)mendeskripsikantingkataktivitassupervisipendidikankepalasekolahSMPNegeriSe-KecamatanSrengatKabupatenBlitar(2)mendeskripsikantingkatkepuasankerjaguruSMPNegeriSe-KecamatanSrengatKabupatenBlitar(3)mengetahuihubunganaktivitassupervisipendidikankepalasekolahdantingkatkepuasankerjaguruSMPNegeriSe-KecamatanSrengatKabupatenBlitar.PopulasipenelitianiniadalahseluruhguruSMPNegeriSe-KecamatanSrengatKabupatenBlitaryangberjumlah165oranggurudanpenelitianinimengambilsampel25%daripopulasisehinggayangmenjadisampelpenelitiansebanyak42oranggurudaritotaljumlahguru.Adapundatapenelitiandikumpulkandenganteknikangketkemudianteknikpenentuansampelmenggunakanteknikstratifiedproporsionalrandomsamplingkemudiandianalisisdenganteknikkorelasiproductmoment.Hasilanalisisdatamenunjukkanbahwauntuktingkataktivitassupervisipendidikankepalasekolahtermasukpadakategoritinggidankepuasankerjaguruberadapadatingkatcukup.Hasilanalisisproductmomentpadatarafsignifikan5%menunjukkanbahwaadahubungansignifikanaktivitassupervisipendidikankepalasekolahdengankepuasankerjaguru.Berdasarkanhasilpenelitiandisarankanmeningkatkankemampuannyadalammenguasaiteknikevaluasihasilbelajarmengajardanmenjalankantugasdantanggungjawabnyasesuaidenganketentuanyangada.Aktivitassupervisikepalasekolahdanperansertagurujugaperluditingkatkandalamaktivitassupervisipendidikansehinggamutupendidikanmenjadilebihbaik.Kepuasankerjagurulebihditingkatkanagargurulebihbersemangatdalammenyelesaikantugas.