Hubungan aktivitas supervisi pendidikan kepala sekolah dan kepuasan kerja guru di SMP Negeri se-kecamatan Srengat Kabupaten Blitar / Evi Setyoningtyas

Main Author: Setyoningtyas, Evi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/3236/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSetyoningtyasEvi.2009.HubunganAktivitasSupervisiPendidikanKepalaSekolahdanKepuasanKerjaGuruSMPNegeriSe-KecamatanSrengatKabupatenBlitar.Skripsi.JurusanAdministrasiPendidikanFIPUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.MaisyarohM.Pd(II)SunarniS.PdM.Pd.KatakuncisupervisipendidikankepuasankerjaPendidikanadalahusahauntukmembentukmanusiayangmampubertanggungjawabpadadirinyasertamembentukpribadimanusiaseutuhnyayangdiselenggarakandisekolahdirumahdandimasyarakat.Untukmeningkatkanmutupendidikandanmencapaitujuanpendidikanyangtelahdirencanakanbanyakfaktoryangmempengaruhikeberhasilandalampencapaiantujuantersebut.Faktoryangmempengaruhitersebutantaralainaktivitassupervisipendidikankepalasekolahdankepuasankerjaguru.Padadasarnyasupervisimerupakanbantuandariparapemimpinsekolahyangtertujukepadaperkembangankemampuanguru-gurudanpersonilsekolahlainnyadidalammencapaitujuan-tujuanpendidikan.Dengandemikiansemuakekuranganhambatanmaupunkesulitanyangdihadapiolehgurudapatdiatasidandiperbaikiyangakanberpengaruhterhadapkepuasankerjagurudalampelaksanaantugasdantanggungjawabnyasebagaiguru.Masalahpenelitianiniadalah(1)BagaimanakahtingkataktivitassupervisipendidikankepalasekolahdiSMPNegeriSe-KecamatanSrengatKabupatenBlitar(2)bagaimanakahtingkatkepuasankerjagurudiSMPNegeriSe-KecamatanSrengatKabupatenBlitar(3)apakahadahubungantingkataktivitassupervisipendidikankepalasekolahdantingkatkepuasankerjaguruSMPNegeriSe-KecamatanSrengatKabupatenBlitar.Tujuanpenelitianiniadalah(1)mendeskripsikantingkataktivitassupervisipendidikankepalasekolahSMPNegeriSe-KecamatanSrengatKabupatenBlitar(2)mendeskripsikantingkatkepuasankerjaguruSMPNegeriSe-KecamatanSrengatKabupatenBlitar(3)mengetahuihubunganaktivitassupervisipendidikankepalasekolahdantingkatkepuasankerjaguruSMPNegeriSe-KecamatanSrengatKabupatenBlitar.PopulasipenelitianiniadalahseluruhguruSMPNegeriSe-KecamatanSrengatKabupatenBlitaryangberjumlah165oranggurudanpenelitianinimengambilsampel25%daripopulasisehinggayangmenjadisampelpenelitiansebanyak42oranggurudaritotaljumlahguru.Adapundatapenelitiandikumpulkandenganteknikangketkemudianteknikpenentuansampelmenggunakanteknikstratifiedproporsionalrandomsamplingkemudiandianalisisdenganteknikkorelasiproductmoment.Hasilanalisisdatamenunjukkanbahwauntuktingkataktivitassupervisipendidikankepalasekolahtermasukpadakategoritinggidankepuasankerjaguruberadapadatingkatcukup.Hasilanalisisproductmomentpadatarafsignifikan5%menunjukkanbahwaadahubungansignifikanaktivitassupervisipendidikankepalasekolahdengankepuasankerjaguru.Berdasarkanhasilpenelitiandisarankanmeningkatkankemampuannyadalammenguasaiteknikevaluasihasilbelajarmengajardanmenjalankantugasdantanggungjawabnyasesuaidenganketentuanyangada.Aktivitassupervisikepalasekolahdanperansertagurujugaperluditingkatkandalamaktivitassupervisipendidikansehinggamutupendidikanmenjadilebihbaik.Kepuasankerjagurulebihditingkatkanagargurulebihbersemangatdalammenyelesaikantugas.