Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, dan Persepsi Kualitas Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Smartphone Samsung (Studi pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2016 dan 2017) / Muhammad Yul Syaikhul Mujahidin
Main Author: | Mujahidin, Muhammad Yul Syaikhul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/32315/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMujahidinMuhammadYulSyaikhul.2018.PengaruhKesadaranMerekAsosiasiMerekdanPersepsiKualitasTerhadapLoyalitasPelangganPenggunaSmartphoneSamsung(StudipadaMahasiswaJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalangAngkatan2016dan2017).Skripsi.JurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingRachmadHidayatS.Pd.M.Pd.KataKuncikesadaranmerekasosiasimerekpersepsikualitasloyalitaspelanggan.PenelitianinidilatarbelakangiolehketatnyapersaingandiindustrismartphoneIndonesiadanpermintaanmasyarakatterhadapsmartphoneakanmemunculkanpersainganyangsangatkompetitifbagiprodusen-produsensmartphoneyangakanmenyebabkansulitnyaprodusenuntukmerebutpangsapasaryangtelahditetapkan.Selerapelangganyangsangatbervariasidanbersifatdinamisakanmendorongprodusenuntukterusmelakukaninovasidanpengembanganproduksmartphoneyangditujukanuntukmemenuhikebutuhanpelanggan.Tentunyasangatbanyaksekalifasilitas-fasilitasyangditawarkanolehsmartphonehinggasampaisaatinimasihsangatbanyaksekalipeminatnyaterutamapadakalanganmahasiswa.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahui(1)persepsipelangganmengenaikesadaranmerekasosiasimerekpersepsikualitasdanloyalitaspelanggansmartphoneSamsungdanuntukmengetahui(2)pengaruhkesadaranmerekasosiasimerekdanpersepsikualitassecaraparsialdansimultanterhadaployalitaspelanggansmartphoneSamsung.Jenispenelitianiniadalahdeskriptifdaneksplanatoridenganmenggunakanpendekatankuantitatif.PenelitianinidilakukanpadapelangganpenggunasmartphoneSamsungyangmerupakanmahasiswaJurusanManajemenUniversitasNegeriMalangangkatan2016dan2017.PenelitimembagikankuesionerelektronikviaGoogleDockepada112responden.Hasildaripenelitianiniadalah(1)pelangganmempersepsikankesadaranmerekasosiasimerekdanpersepsikualitassmartphoneSamsungadalahbaikdanpelangganjugaloyalmenggunakansmartphoneSamsung(2)kesadaranmerekberpengaruhpositifdantidaksignifikanterhadaployalitaspelanggan(3)asosiasimerekberpengaruhpositifdansignifikanterhadaployalitaspelanggan(4)persepsikualitasberpengaruhpositifdansignifikanterhadaployalitaspelanggandan(5)kesadaranmerekasosiasimerekdanpersepsikualitassecarasimultanberpengaruhpositifdansignifikanterhadaployalitaspelangganBerdasarkantemuandalampenelitianiniterdapatbeberapasaranterhadapSamsungyaitu(1)memberikanprodukyangberkualitasmembuatdifferensiasidariprodukpesaingyangsejenisyangpadaintinyaakanmembuatsmartphoneSamsungmenjadilebihungguldaripesaing(2)berinovasimenciptakanprodukbarudanmeningkatkankualitasproduknyaagarmenjadiprodukyangtahanlamadandipercayapelanggan.