Relevansi Informasi Prospektus Terhadap Initial Return (Studi pada Perusahaan yang Melakukan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia Periode 2000-2016) / Ratna Wahyu Illa Hidayati
Main Author: | Hidayati, Ratna Wahyu Illa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/32239/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKHidayatiRatnaWahyuIlla.2018.RelevansiInformasiProspektusTerhadapInitialReturn(StudipadaPerusahaanyangMelakukanInitialPublicOffering(IPO)diBursaEfekIndonesiaPeriode2000-2016).SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingYuliSoesetioS.E.M.MKataKunciInitialReturnProfitabilitasDARPERdanReputasiUnderwriterInitialPublicOffering(IPO)merupakankegiatanpenjualansahamuntukpertamakalinyayangdilakukanolehperusahaan.FenomenayangseringterjadisaatIPOadalahunderpricing.FenomenaunderpricingakanmemberikankeuntunganbagiinvestorberupaInitialReturnyangterjadiakibatdariadanyaselisihpositifhargaperdanasahamdenganclosingpricepadaharipertamadipasarsekunder.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuibagaimanarelevansiinformasiprospektusterhadapInitialReturn.Penelitianinimerupakanpenelitiankuantitatifdenganmenggunakandatasekundersebanyak191perusahaansebagaisampelyangdiperolehdariteknikpurposivesampling.Penelitianinimenggunakanduamodelpenelitiandenganmenambahsatuvariabelpadamodel2berupainformasinonkeuanganyaitureputasiunderwriteruntukmengetahuiapakahvariabeltersebutmampumempengaruhiinformasikeuanganyangsudahada.Hasilpenelitianpadamodel1hanyaprofitabilitasyangberpengaruhnegatifsignifikanterhadapInitialReturn.Sedangkanhasilpenelitianpadamodel2profitabilitasdanunderwriterberpengaruhnegatifsignifikanterhadapInitialReturnsertakandunganinformasiprofitabilitassemakinbermaknasetelahmenambahinformasireputasiunderwriter.Saranbagiperusahaansebaiknyamemperhatikanfaktor-faktorapasajayangdilihatolehcaloninvestor.Bagiinvestorsebaiknyadalammengambilkeputusaninvestasinyalebihberhati-hatidanmenghindaribehaviorfinance.Sedangkanbagipenelitisampelperusahaandalampenelitianselanjutnyadapatlebihterfokusdengansalahsatusektorusahasajadanmenggunakanreputasiunderwritersebagaivariabelmoderasi.