Relevansi Informasi Prospektus Terhadap Initial Return (Studi pada Perusahaan yang Melakukan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia Periode 2000-2016) / Ratna Wahyu Illa Hidayati

Main Author: Hidayati, Ratna Wahyu Illa
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/32239/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKHidayatiRatnaWahyuIlla.2018.RelevansiInformasiProspektusTerhadapInitialReturn(StudipadaPerusahaanyangMelakukanInitialPublicOffering(IPO)diBursaEfekIndonesiaPeriode2000-2016).SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingYuliSoesetioS.E.M.MKataKunciInitialReturnProfitabilitasDARPERdanReputasiUnderwriterInitialPublicOffering(IPO)merupakankegiatanpenjualansahamuntukpertamakalinyayangdilakukanolehperusahaan.FenomenayangseringterjadisaatIPOadalahunderpricing.FenomenaunderpricingakanmemberikankeuntunganbagiinvestorberupaInitialReturnyangterjadiakibatdariadanyaselisihpositifhargaperdanasahamdenganclosingpricepadaharipertamadipasarsekunder.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuibagaimanarelevansiinformasiprospektusterhadapInitialReturn.Penelitianinimerupakanpenelitiankuantitatifdenganmenggunakandatasekundersebanyak191perusahaansebagaisampelyangdiperolehdariteknikpurposivesampling.Penelitianinimenggunakanduamodelpenelitiandenganmenambahsatuvariabelpadamodel2berupainformasinonkeuanganyaitureputasiunderwriteruntukmengetahuiapakahvariabeltersebutmampumempengaruhiinformasikeuanganyangsudahada.Hasilpenelitianpadamodel1hanyaprofitabilitasyangberpengaruhnegatifsignifikanterhadapInitialReturn.Sedangkanhasilpenelitianpadamodel2profitabilitasdanunderwriterberpengaruhnegatifsignifikanterhadapInitialReturnsertakandunganinformasiprofitabilitassemakinbermaknasetelahmenambahinformasireputasiunderwriter.Saranbagiperusahaansebaiknyamemperhatikanfaktor-faktorapasajayangdilihatolehcaloninvestor.Bagiinvestorsebaiknyadalammengambilkeputusaninvestasinyalebihberhati-hatidanmenghindaribehaviorfinance.Sedangkanbagipenelitisampelperusahaandalampenelitianselanjutnyadapatlebihterfokusdengansalahsatusektorusahasajadanmenggunakanreputasiunderwritersebagaivariabelmoderasi.