Hubungan gaya kepimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah dengan kinerja tenaga administrasi sekolah (TAS) di SMPTN Kota Malang / Imroatul Nufidah
Main Author: | Mufidah, Imroatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/3211/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKeberhasilanpendidikandisekolahtidakterlepasdarigayakepemimpinankepalasekolahdalamhaliniharusbisamemanfaatkansegenapsumberdayayangadadenganbaiktermasukhubunganyangbaikdenganparagurudanparastaf-stafyangadadisekolah.Perluadanyapembinaandandigerakkansecaraefektifsupayaterciptasuasanakerjayangpositifdanmenyenangkan.Gayakepemimpinankepalasekolahjugadipengaruhiolehiklimorganisasisekolahyangmendukungterciptanyalingkungankerjayangmenyenangkan.Iklimorganisasisekolahyangsehatdapatmendorongsikapketerbukaanbaikdaripihakpegawaimaupundaripihakpimpinansehinggamampumenumbuhkankinerjatenagaadministrasisekolahyangsearahantarapegawaidanpimpinandalamrangkamenciptakanketentramankerjadankelangsunganusahakearahpeningkatanhasilyangingindicapai.Penelitianinimemilikitujuanuntukmendeskripsikan1)seberapatinggigayakepemimpinankepalasekolahdiSMPNKotaMalang2)seberapatinggiiklimsekolahdiSMPNKotaMalang3)seberapatinggikinerjatenagaadministrasisekolahdiSMPNKotaMalang4)apakahadahubunganlangsungsecarasimultandanparsialantaragayakepemimpinankepalasekolahterhadapiklimsekolahdiSMPNKotaMalang5)apakahadahubunganlangsungsecarasimultandanparsialantaragayakepemimpinankepalasekolahterhadapkinerjatenagaadministrasisekolahdiSMPNKotaMalang6)apakahadahubungantidaklangsungsecarasimultandanparsialantaragayakepemimpinankepalasekolahterhadapkinerjatenagaadministrasisekolahmelaluiiklimsekolahdiSMPNKotaMalang.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahdeskriptifkorelasional.SubyekdalampenelitianiniadalahtenagaadministrasisekolahdiSMPNKotaMalangsejumlah128.Jumlahsampelyangditelitiberjumlah100sedangkantekniksamplingyangdigunakanadalahtekniksamplingproporsionalrandomsampling.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniyaituangketgayakepemimpinanangketiklimsekolahdanangketkinerjatenagaadministrasisekolah.Hasilpenelitianiniadalah1)MayoritasKepalaSekolahMenengahtingkatPertamadiKotaMalangmenerapkangayakepemimpinaninstruktiftingkattinggi(64%tingkattinggi29%tingkatrendahdan7%gayakepemimpinaninstruktiftingkatrendah)2)MayoritasKepalaSekolahMenengahtingkatPertamadiKotaMalangmenerapkangayakepemimpinankonsultatiftingkatsedang(42%tingkattinggi50%tingkatsedangdan8%gayakepemimpinankonsultatiftingkatrendah)3)MayoritasKepalaSekolahMenengahtingkatPertamadiKotaMalangmenerapkangayakepemimpinanpaartisipatiftingkatsedang(42%tingkattinggi51%tingkatsedangdan7%gayakepemimpinanpartisipatiftingkatrendah)4)MayoritasKepalaSekolahMenengahtingkatPertamadiKotaMalangmenerapkangayakepemimpinandelegatiftingkatsedang(19%tingkattinggi60%tingkatsedangdan21%gayakepemimpinandelegatiftingkatrendah)5)SecaraUmumIklimSekolahdiSMPKotaMalangadalahcukupkondusif(tingkatsedang).Halinididapatkandarisampelpenelitianyangmenyatakaniklimsekolahtingkatsedangataudalamkondisicukupkondusifsebanyak56%.Iklimsekolahtingkattinggi(kondusif)dinyatakanoleh36%darisampelpenelitian.Danhanyasedikitsekali8%darisampelyangmenyatakanbahwaiklimsekolahpadatingkatrendah(tidakkondusif)6)Mayoritassubyekpenelitian(TenagaAdministrasiSekolahMenengahtingkatPertamadiKotaMalang)Memilikikinerjatingkatsedang.Halinididapatkandarisampelpenelitianyangmemilikikinerjatingkatsedangsebanyak48%.Kinerjatingkattinggidimilikioleh43%darisampelpenelitian.Danhanyasedikitsekali9%darisampelyangmemilikikinerjatingkatrendah7)Terdapathubunganlangsungsecarasimultandanparsialsignifikanvariabelgayakepemimpinan(X)danterhadapiklimsekolah(Z)diSMPNKotaMalang8)Terdapathubunganlangsungsecarasimultandanparsialyangsignifikanvariabelgayakepemimpinan(X)terhadapkinerjatenagaadministrasisekolah(Y)diSMPNKotaMalang9)Terdapathubungansecaralangsungyangsignifikanvariabeliklimsekolah(Z)terhadapkinerjatenagaadministrasisekolah(Y)diSMPNKotaMalang10)Terdapathubungantidaklangsungsecarasimultandanparsialyangsignifikanvariabelgayakepemimpinan(X)terhadapkinerjatenagaadministrasisekolah(Y)melaluiiklimsekolah(Z)diSMPNKotaMalang.BerdasarkankesimpulandanimplikasipenelitianinimakadisarankankepadaparakepalasekolahdiSMPNKotaMalanguntukmenerapkangayakepemimpinanyangmampumempengaruhiiklimsekolahdankinerjatenagaadministrasisekolahpadakondisiyangmaksimal.Gayakepemimpinanyangdimungkinkandapatmempengaruhiiklimdankinerjatenagaadministrasipadakondisimaksimaladalahgayakepemimpinankonsultatif.Gayakepemimpinaninimemberikanbanyakdukungandanbanyakpengarahansecaraberimbangkepadabawahan.Kepadapenelitiselanjutnyayangtertarikmendalamihasilpenelitianinidisarankanagarmelakukanpenelitiansecaralebihmendalammengenaigaya-gayakepemimpinanyanglebihmampumempengaruhiiklimorganisasidankinerjakaryawansecaralebihefektif.Halinibisadilakukandenganmenggunakanrancanganpenelitiandenganpendekatankualitatifdanmenambahkanvariabelbudayaorganisasiyangberlakupadaoraganisai.