Pemanfaatan database pelanggan dalam Customer Relationship Management (CRM) sebagai alat pengambilan keputusan strategi pemasaran pada PT. Semen Indonesia (Persero), Tbk. / Muhammad Putu Arsyandra

Main Author: Arsyandra, Muhammad Putu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/32092/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPutuArsyandraMuhammad.2017.PemanfaatanDatabasePelangganDalamCustomerRelationshipManagement(CRM)SebagaiAlatPengambilanKeputusanStrategiPemasaranPadaPT.SemenIndonesia(Persero)TbkJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalangPem-bimbingHandriDianWahyudi.S.E.M.Sc.KataKuncidatabasepelangganmanajemenhubunganpelangganstrategipemasaranpromosiretensipelangganakuisisipelangganDatabasepelangganadalahsekumpulandatakomprehensifyangterorganisirtentangpelanggan-pelangganindividualprospekatauorang-orangyangdicurigaiyangterbarumudahdiaksesdandapatditindaklanjutiuntuktujuanpemasaranmisalnyapetunjukuntukproduksipetunjukkualifikasipenjualanbarangdanjasaataumemeliharahubungandenganpelanggan.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikanpengimplementasianpemanfaatandatabasepelanggandalammanajemenhubunganpelangganyangmencakupbeberapayaitupromosiretensipelanggandanakuisisipelanggan.Penelitianinimenggunakanjenispenelitiankualitatifdenganpendekatanfenomenologis.Instrumenyangdigunakanuntukmengumpulkandatamenggunakaninstumenberupainstrumenmanusiayaitupenelitisendiri.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanteknikwawancaraobservasidandokumentasi.Untukmenjagakeabsahandatadilakukandenganmetodetriangulasi.Kegiatananalisidatadimulaidaritahapreduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan.Berdasarkanhasilanalisisdatatersebutdiperoleh3simpulanhasilpenelitiansebagaiberikut.Pertamadatabasepelangganbisadibuatsebagaiacuanstrategipromosidenganmelihatprofilpelangganyangadadiperusahaan.Keduadalammembangunhubunganpelangganuntukmendapatkanloyalitaspelangganperusahaanmelakukanberbagaimacamprogramloyalitasuntukmeretensipelangganagarpelangganmelakukanpembelianprodukberulang.Ketigadatabasepelangganberpeluanguntukmendapatkanpelangganbarudengancaramelihatportofoliopelanggannyayangsudahadadenganmelakukansurveydanevaluasilalumengembangankanjaringantokountukmengekspansipasar.Adapunsaranyangdapatdiberikanadalahperusahaansetidaknyamenambahpegawaiyangmenanganipermasalahanpelanggankarenaantarajumlahpegawaidenganjumlahpelangganyangbegitubanyaknyaakantidakefektifdalammelayanipelanggandanperusahaanbisamengupgradevalidasidanmengkonfirmasidatabaseyangdimilikiolehperusahaansecaraterukurdanberjangkawaktutiap1tahunatau2tahununtukmengkonfimasiapakahtokotersebutmasihberadadipihakperusahaanatautidakdanagardatanyamenjadilebihbisadipertanggungjawabkandandapatdijadikansebagaiacuanpengambilankeputusanstartegipemasaran.ABSTRACTPutuArsyandraMuhammad.2017.UtilizationofCustomerDatabaseinCustomerRelationshipManagement(CRM)asADecisionMakingToolMarketingStrategyatPT.SemenIndonesia(Persero)TbkDepartmentofManagementFacultyofEconomicsUniversitasNegeriMalangAdvisorHandriDianWahyudi.S.E.M.Sc.Keywordscustomerdatabasecustomerrelationshipmanagementpromotioncustomerretentioncustomeracuasition.CustomerdatabaseisanorganizedcollectionofcomprehensivedataaboutindividualcustomersprospectortheonessuspectedofthelatestcustomerseasytoaccessandcanbefollowedupformarketingpurposessuchasinstructionsforproductionqualificationguidancesalesofgoodsandservicesormaintainingcustomerrelationshipsThisstudywasconductedwiththeaimtodescribetheimplementationofcustomerdatabaseutilizationincustomerrelationshipmanagementthatincludespromotioncustomerretentionandcustomeracceptance.Thisresearchusesqualitativeresearchtypewithphenomenologicalapproach.Instrumentsusedtocollectdatausingtheinstrumentintheformofhumaninstrumentsnamelyresearchersthemselves.Datacollectionwasdoneusinginterviewtechniqueobservationanddocumentation.Tomaintainthevalidityofdataperformedbytriangulationmethod.Dataanalysisactivitiesstartfromdatareductiondatapresentationandconclusion.Basedontheresultsofthedataanalysisobtained3conclusionsofresearchresultsasfollows.Firstthecustomerdatabasecanbemadeasareferencepromotionalstrategybylookingattheprofileofexistingcustomersinthecompany.Secondinbuildingcustomerrelationshipstogaincustomerloyaltythecompanyperformsavarietyofloyaltyprogramstoretaincustomersinorderforcustomerstopurchaserecurringproducts.Thirdthecustomerdatabasehastheopportunitytogainnewcustomersbyviewingtheirexistingcustomerportfoliobyconductingsurveysandevaluationsanddevelopingastorenetworktoexpandthemarket.Asforsuggestionsthatcanbegivenisthecompanyatleastaddemployeeswhodealwithcustomerproblemsbecausebetweenthenumberofemployeeswiththenumberofcustomersthatsomanywillnotbeeffectiveinservingcustomersandcompaniescanupgradevalidateandconfirmthedatabaseownedbythecompanymeasurableandtimedeach1yearor2yearstoconfirmwhetherthestoreisstillonthesideofcompanyornotandforthedatabecomesmoreaccountableandcanbeusedasareferencedecisionmarketingstrategy.