Kepemimpinan kepala sekolah dalam pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) pada rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI): studi kasus unit pelaksana teknis daerah (UPTD) SMP Negeri 1 Nganjuk / Riza Novita Lilasari

Main Author: Lilasari, Riza Novita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/3204/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKLilasariRizaNovita.2009.KepemimpinanKepalaSekolahdalamPengembanganKTSPpadaRSBIStudiKasusUPTDSMPNegeri1Nganjuk.Skripsi.TidakDiterbitkan.JurusanAdministrasiPendidikanFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.DosenPembimbing(I)Dr.H.AchmadSupriyantoM.PdM.Si.DosenPembimbing(II)Prof.Dr.WillemMantjaM.Pd.KatakuncikepemimpinankepalasekolahpengembanganKTSP.Kemampuanpemimpindalamusahauntukmeningkatkanmutupendidikanmempunyaitanggungjawabyangbesargunamenyukseskanprogrampendidikankeberhasilanseluruhprogramyangditentukansangatdipengaruhiolehpemimpindarilembagapendidikanyangbersangkutan.BentukkepemimpinansekolahpadapengembangansekolahataulembagapendidikantujuannyauntukmeningkatkankemampuandandayasaingbangsaIndonesiadengannegaralainnya.UpayapengembangantersebutadalahpengembanganKTSPyangmengacupadapenyesuaiankurikulumsekolahdenganpertimbangantarafsekolahtersebut.SalahsatusekolahyangmengembangkanKTSPadalahUPTDSMPNegeri1NganjukyangmerupakanRintisanSekolahBertarafInternasional(RSBI).KTSPyangdikembangkandiUPTDSMPNegeri1NganjukdenganmengacupadakurikulumsekolahyangbertarafinternasionaldalampengembanaganKTSPiniperluadanyapeningkatankualitaskepemimpinankepalasekolahSDMsaranadanprasaranasekolah.TujuanpenelitianinisecaraumumadalahuntukmengetahuibagaimanakepemimpinanyangdigunakanolehKepalaSekolahdalampengembanganKTSPdiRSBIUPTDSMPNegeri1Nganjuk.Tujuankhususadalahmendeskripsikantentangkarakteristikkepemimpinankepalasekolahtipekepemimpinankepalasekolahfungsikepemimpinankepalasekolahdankegiatan-kegiatankepalasekolahdalampengembanganKTSP.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifjenisstudikasus.Dalampenelitianinidilakukantanpamengisolasisubjekpenelitiandandilakukansecaralangsungdilapangan.Untukmengumpulkandatayangrelevangunamenjawabfokuspenelitianmakamenggunakanbeberapateknikpengumpulandatasepertiwawancaraobservasidanstudidokumentasi.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwakarakteristikkepemimpinankepalasekolahyangterbentukdilingkunganRSBIUPTDSMPNegeri1Nganjukadalahpimpinandihormatikarenatingkatkecerdasandalammenjalankankepemimpinannya.Haliniterlihatpadamanajemensekolahyangditerapkankepalasekolahdapatberjalandenganlancardanbaik.DaridatadilapanganjugadiperolehketeranganbahwadalamkeefektifanmenjalankankepemimpinannyakepalasekolahRSBIUPTDSMPNegeri1Nganjukmemilikitipekepemimpinandemokratis.Kepalasekolahbersamapendidikdankomitesekolahmemilikitanggungjawabuntukmemperhatikanduniapendidikan.Merekamengedepankankebersamaansemangatkerjasalingmemotivasibekerjasamayangdilandasinilaikeikhlasantanpamengharapkanbalasjasa.Fungsikepemimpinankepalasekolahadalahsebagaipenentuarahorganisasiwakildanjurubicaradelegasikonsultasipengendaliandanberpartisipasi.Kegiatan-kegiatanyangdilakukankepalasekolahdalampengembanganKTSPpadaRSBIUPTDSMPNegeri1NganjukyaituworkshoppengembanganKTSPpelatihankomputerbagigurustudybandingtestTOEICMGMPRSBIse-JawaTimurdanteacheraward.Berdasarkanhasilpenelitianpenulismemberikansaran(1)bagikepalasekolahRSBIUPTDSMPNegeri1Nganjukyaitumenjalankankepemimpinansecaraprofesionalterutamakegiatan-kegiatanyangbertujuanuntukpengembangkanKTSPRSBIUPTDSMPNegeri1Nganjuk(2)bagiJurusanAdministrasiPendidikanyaitudiharapkanlebihbanyakmengkajiorganisasi/lembagapendidikaninformalsebagaipendalamanpadailmukepemimpinanpendidikan(3)bagipendidikdankaryawanRSBIUPTDSMPNegeri1NganjukyaituselalumemilikiloyalitassebagaipartnerkepalasekolahRSBIdalampengembanganKTSPdenganmengoptimalisasikansegalakompetensiyangdimilikidalaminteraksipembinaansecaralangsungkepadaanakdidikdanpendidikini(4)bagiDinasPendidikanPemudadanOlahraga(DIKPORA)KabupatenNganjukyaitutetapmenjalinhubunganyangbaikdengankepalasekolahRSBIUPTDSMPNegeri1Nganjuksehinggadapatmendukungdanmenfasilitasiusahakepalasekolahuntukmeningkatkanmutupendidikan(5)bagitokohpendidikanyaitudiharapkanmemberikanilmunyadansumbangsihnyauntukmendukungkepalasekolahRSBIUPTDSMPNegeri1NganjukdalamrangkapengembanganKTSP(6)BagiPenelitilainuntukmenyempurnakanteorihasilpenelitianyangtelahditemukansehinggapenelitianinimempunyainilaigunapraktisdanteoritisbagipembangunanpendidikan.