Pengaruh kesadaran merek dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk Smartphone Samsung (studi pada guru SMP Negeri di Kota Blitar) / Ayu Safitri
Main Author: | Safitri, Ayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/32007/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKSafitriA.PengaruhKesadaranMerekdanCitraMerekterhadapKeputusanPembelianProdukSmartphoneSamsung(StudipadaGuruSMPNegeridiKotaBlitar.Skripsi.JurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.H.GatotIsnaniM.Si.(2)LuluNurulIstantiS.E.M.M.Ak.KataKuncikesadaranmerekcitramerekkeputusanpembelianPesatnyaperkembanganTIKtelahmerubahgayahidupmasyarakatterutamadalammemilihprodukprodukhandphone.Seiringmeningkatnyakebutuhandandemiterpenuhinyagayahidupmasyarakatmembutuhkanalatyangcanggihdanserbabisa.Kebutuhaniniturutmenjadikanperkembanganbisnismeningkatdanmenjadikanparaprodusenbersaingketatuntukmenciptakanhandphoneyanglebihcanggihdandapatmengaksesapapunyangkinidisebutdengansmartphone.Sejalandenganketatnyapersaingansmartphonemakasetiapperusahaanmemerlukanstrategipemasaranyangtepatsalahsatunyayaitudenganmemaksimalkanmanajemenmerekagarkonsumenpadaakhirnyamemutuskanuntukmelakukanpembelian.Ekuitasmerekdalamperspektifkonsumenterdiriatas2bentukpengetahuantentangmerekkesadaranmerek(brandawareness)dancitramerek(brandimage).Kesadaranmerekberupaprosespengenalanterhadapmerekdankemampuanuntukmengingatmerek.Sedangkancitramerekterdiridarijenisasosiasimerekdandukungankekuatansertakeunikandariasosiasimerek.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)DeskripsikesadaranmerekdancitramerekterhadapkeputusanpembeliansmartphoneSamsung(2)Pengaruhkesadaranmerekdancitramerekterhadapkeputusanpembelian(3)Variabelyangdominanantarakesadaranmerekdancitramerekterhadapkeputusanpembelian.Penelitianiniadalahpenelitiankuantitatifdenganmenggunakananalisisdeskriptifdananalisisregresiberganda.Variabelindependendalampenelitianiniadalahkesadaranmerek(X1)citramerek(X2)sedangkanvariabeldependennyaadalahkeputusanpembelian(Y).PopulasidalampenelitianiniadalahguruSMPNegeridiKotaBlitaryangsedangmenggunakanataupunpernahmembelismartphoneSamsungsebelumnyasebanyak123orang.Sampeldalampenelitianinisebesar100orangyangdiperolehdenganmenggunakanrumusSlovin.Tekniksamplingdalampenelitianinimenggunakanproportionalrandomsampling.SkalapengukuranadalahskalaLikertdengan5opsi.Sumberdatadalampenelitianiniberasaldaridataprimeryangdiperolehdarirespondendandatasekunderyangdidapatdaripihaksekolah.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakankuesionerdandokumentasi.Ujikelayakanuntukinstrumenmenggunakanujivaliditasdanreliabilitas.Analisisdatadalampenelitianinimenggunakananalisisstatistikdeskriptifujiasumsiklasikyangterdiridari(1)UjinormalitasdenganmelihatgrafikP-PPlotofRegressionsStandardizedResidual(2)UjiMultikolinearitasyangdapatdilihatdarinilaiTolerancedanVIF(VarianceInflationFactor)padamodelregresi(3)Ujiheteroskedastisitasdenganmelihatgrafikscatterplotdananalisisregresiiiberganda.PenelitianinimenggunakanujihipotesisyaituujitsecaraparsialdanSumbanganefektifuntukmengujivariabeldominan.Hasilanalisisdeskriptifmenunjukkanbahwa(1)KesadaranmereksmartphoneSamsungdapatdiklasifikasikanbaik(2)CitramereksmartphoneSamsungdapatdiklasifikasikanbaik(3)KeputusanPembeliansmartphoneSamsungdapatdiklasifikasikanbaik.Hasilujiasumsiklasikmenunjukkanbahwa(1)ModelregresimemenuhiasumsinormalitasterlihatdarititikmenyebardisekitargarisdiagonalpadagambargrafikP-PPlotofRegressionsStandardizedResidual.(2)Modelregresitidakterjadigejalamultikolinearitas.(3)Modelregresitidakterjadimasalahheteroskedastisitasterlihatpadagrafikscatterplottidakmembentukpoladanmenyebarsecaraacakdiatasdandibawahangka0padasumbuY.Berdasarkanhasilujihipotesismenunjukkanbahwatidakadapengaruhpositifdansignifikanantarakesadaranmerekdengankeputusanpembeliandanadapengaruhpositifdansignifikanantaracitramerekdengankeputusanpembelian.Perhitungansumbanganefektifmenunjukkancitramerekmerupakanvariabelyangdominanyangmempengaruhikeputusanpembelianproduk.AdjustedRSquaremenunjukkanbahwasumbanganpengaruhkesadaranmerekdancitramerekterhadapkeputusanpembeliansebesar0654atau6540%sedangkansisanya3460%didugadipengaruhiolehvariabellainyangbelumdiungkapdalampenelitianinisepertisepertiloyalitasmerekkualitasprodukdankarakteristikpelanggan.Kesimpulan(1)Pengenalandanpemahamanmengenaimereksertamerekyangberadadipikirankonsumenmenjadipengetahuandasaruntukmengenalisebuahmerektertentu.Meskipundenganpengenalantidakselalumendorongkonsumenuntukmelakukanpembelian.Namundenganadanyakualitasfiturhargamanfaatdancirikhasyangdimilikiolehsebuahmerekakanmenimbulkancitrabaikyangdapatmendorongadanyaniatuntukmelakukanpembelian(2)tidakadapengaruhpositifdansignifikanantarakesadaranmerekdengankeputusanpembeliandanadapengaruhpositifdansignifikanantaracitramerekdengankeputusanpembeliansertacitramerekmerupakanvariabeldominanyangmempengaruhikeputusanpembelian.Berdasarkanhasilpenelitianinipenelitimenyarankan(1)BagiSamsungGroupagarlebihmenonjolkanproduksehinggadapatdipuncakpikirankonsumendanmempertimbangkanpenurunanharga(2)Bagipenelitiselanjutnyasebaiknyalebihmengembangkanvariabel-variabellaindalammelakukanpenelitiansepertiloyalitasmerekdankualitasproduk.