Pengaruh green marketing terhadap keputusan pembelian mobil low cost green car Daihatsu Ayla (studi pada konsumen Daihatsu Jolo Abadi Malang) / Amireza Ardiansyah
Main Author: | Ardiansyah, Amireza |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/31960/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKArdiansyahAmireza.2017.PengaruhGreenMarketingTerhadapKeputusanPembelianMobilLowCostGreenCarDaihatsuAyla(StudiPadaKonsumenDaihatsuJoloAbadiMalang).SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.AniekIndrawatiS.Si.M.M.(II)Dr.TitisShintaDhewiS.P.M.M.Katakuncigreenmarketinggreenproductgreenpricegreenplacegreenpromotionkeputusanpembelian.Isumengenaiglobalwarmingtelahmenyadarkanmasyarakattentangbagaimanamenyikapiisuglobalwarmingdenganbijakdenganmenggunakanprodukramahlingkungan.Halinimerupakanpeluangperusahaandalammenerapkanstrategipemasaranyangberorientasilingkungan.Konsepgreenmarketingmixmerupakanstrategipemasarandenganpendekatanterhadapisulingkungan.Tujuanpenelitianiniadalah(1)mengetahuideskripsigreenmarketingdankeputusanpembeliankonsumendiDaihatsuJoloAbadiMalang(2)pengaruhsecaraparsialgreenmarketingmixyangterdiridarigreenproductgreenpricegreenplacedangreenpromotionterhadapkeputusanpembeliankonsumendiDaihatsuJoloAbadiMalang(3)pengaruhsecarasimultangreenmarketingmixyangterdiridarigreenproductgreenpricegreenplacedangreenpromotionterhadapkeputusanpembeliankonsumendiDaihatsuJoloAbadiMalang(4)variabeldominanyangmempengaruhikeputusanpembeliankonsumendiDaihatsuJoloAbadiMalang.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdanmerupakanpenelitianasosiatif.PopulasidalampenelitianiniadalahpenggunaDaihatsuAylayangmelakukanpembeliandiDaihatsuJoloAbadiMalangdenganjumlahpopulasiterbatasataufinatepopulationsejumlah135unit.TeknikpengambilansampeldalampenelitianinimenggunakansimplerandomsamplingsedangkanuntukpenentuanjumlahsampelmenggunakanrumusSlovindiperolehsampelsebanyak101responden.PenelitianinimenggunakaninstrumenberupakuesionertertutupdenganskalaLikertyangterdiridari5skalapilihanjawaban.Ujikelayakaninstrumenmenggunakanujivaliditasdanreliabilitas.Teknikpengumpulandatamenggunakandokumentasidankuesioner.Teknikanalisisdatamenggunakananalisisstatistikdeskriptifdanregresilinierberganda.RegresilinierbergandadidahuluiujiasumsiklasikdandilanjutkandenganujitdanujiF.Hasilanalisismenunjukkanbahwa(1)konsumenmempersepsikangreenmarketingdankeputusanpembeliandenganbaik(2)tidakterdapatpengaruhpositifdansignifikangreenproductterhadapkeputusanpembelian(3)tidakterdapatpengaruhpositifdansignifikangreenpriceterhadapkeputusanpembelian(4)terdapatpengaruhpositifdansignifikangreenplaceterhadapkeputusanpembelian(5)terdapatpengaruhpositifdansignifikangreenpromotionterhadapkeputusanpembelian(6)terdapatpengaruhsecarasimultangreenmarketingmixterhadapkeputusanpembelian(7)greenpromotionmerupakanvariabelyangdominanmempengaruhikeputusanpembelian.Berdasarkanhasildalampenelitianinipenelitimenyarankan(1)memberikantambahanaksesorispadainteriormobildenganpenambahankacafilmaudiomobilsertamenyediakanpilihanvelgracing(2)menetapkanhargajualyangwajarpadaprodukDaihatsuAylaterbaru(3)menambahpenunjukarahdaniklanyanginformatifmengenailetakdealer(4)mengikutievent-eventotomotifataumengadakanexhibitionbersamakomunitasDaihatsuAyla(5)bagipenelitiselanjutnyaperludikembangkanlagivariabellainyangmempengaruhikeputusanpelanggan.Variabelyangdapatdisarankanolehpenelitiantaralainkesadaranmerekcitramerekkepribadianmerekpopularitas.