Analisis faktor keputusan pembelian tiket secara online (e-ticketing) (studi pada penumpang PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Stasiun Malang) / Suwarno
Main Author: | Suwarno |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/31953/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSuwarno.2016.AnalisisFaktorKeputusanPembelianTiketSecaraOnline(E-Ticketing)(StudiPadaPenumpangPT.KeretaApiIndonesia(Persero)StasiunMalang.SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.AgusHermawanM.Si.Grad.Dip.MGT.M.Bus.(II)Dr.TitisShintaDhewiS.P.M.M.KataKunciFaktor-faktorpembelianonlineKeputusanPembelianTiketOnline(E-Ticketing)PT.KeretaApiIndonesia(Persero)StasiunMalang.Perkembanganteknologiinformasidankomunikasisertainovasibarusisteme-ticketingdikembangkanpadamodeltransportasi.TingginyaminatmasyarakatdalampembeliansecaraonlinemembuatPT.KAImenhadirkaninovasipembeliantiketsecaraonline(e-ticketing)untukmempermudahpenggunakeretaapi.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuifaktor-faktoryangmenentukankeputusanpembeliantiketkerataapisecaraonline(e-ticketing)olehpenumpangPT.KAIStasiunMalangdanfaktordominanyangmenentukankeputusanpembeliantersebut.Jenispenelitianiniadalaheksploratorydenganpendekatankuantitatif.Populasinyaadalahpenggunakeretaapidistasiunmalangyangmelakukanpembeliantiketonline.Teknikpengambilansampelmenggunakanaccidentalsamplingdanpurposivesamplingdandidapatkan180responden.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahkuisionerdandokumentasi.TeknikanalisisdatayangdigunakanadalahteknikanalisisfaktormenggunakansoftwareSPSS21.Hasilanalisisfaktoryangdidapatkanmenjelaskan61581%darikeseluruhantotalvariancedanhasilanalisisdatamenujukkansebelasfaktorterbentukyangmempengaruhipenggunaPT.KAIStasiunMalangMelakukankeputusanpembeliantiketsecaraonlineyaitu(1)informasiwebsitedanharga(2)Kepercayaan(3)Faktorsosial(4)efektifitasdanefisiensi(5)Keterhandalan(6)keamanan(7)Popularitasdanteknologi(8)buktifisik(9)Kemudahan(10)Motivasi(11)Kenyamanan.FaktordominanyangmempenngaruhikeputusanpembeliantiketsecaraonlineolehpenumpangPT.KAIstasiunMalangyaitufaktorinformasidanharga.Berdasarkanhasilpenelitianyangdilakukanmakasaranyangdapatdiajukanolehpenelitiadalah(1)PT.KAIdapatmempertimbangkanfaktor-faktoryangdijadikansebagaialasanpenggunakeretaapimelakukanpembeliantiketsecaraonline(2)faktorinformasiwebsitedanhargamerupakanyangdijadikanalasanmembelitiketsecaraonlinesebaiknyaPT.KAImempertahankankelengkapaninformasipadawebsitedanmenambahkaninformasimengenaijadwalkeretalokalmaupuntambahan.Selainitutetapmempertahankanhargasesuaidayabelimasyarakat.(3)Bagipenelitiselanjutnyauntukdapatmenspesifikanlagiareapenelitiankedalamkereaapikelaseksekutifbisnisdanekonomisertadapatmengetahuidarikesebelasfaktoryangtelahditemukanpenelitimanakahyangmemilikipengaruhdominandalammenentukankeputusanpembeliantiketkeretaapisecaraonline.