Pengaruh kualitas produk terhadap word of mouth promotion melalui kepuasan konsumen (studi pada mahasiswa S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang menggunakan smartphone Samsung) / Muhammad Indra Fahrudin
Main Author: | Fahrudin, Muhammad Indra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/31724/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKFahrudin.M.I.2015.PengaruhKualitasProdukterhadapWordOfMouthPromotionmelaluiKepuasanKonsumen(studipadamahasiswaS1manajemenfakultasekonomiuniversitasnegerimalangyangmenggunakanSmartphoneSamsung).SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.AgusHermawanGradDipMGT.M.Si.M.Bus.(II)HandriDianWahyudiSPd.M.Sc.KataKunciKualitasProdukKepuasanKonsumenWordOfMouth(WOM).Kualitasprodukadalahpersepsikonsumententangkemapuanyangdimilikisebuahprodukyangberhubungandengankegunaandayatahankeindahandesaindankelebihanlainnyayangdimilikiproduktersebutgunamenunjangfungsiproduk.Kepuasankonsumenadalahtanggapanpositifkonsumensetelahpuasmenggunakanproduktertentu.SedangWOMadalahinformasidarimulutkemulutyangdilakukanolehkonsumenyangmerupakanimbasdarirasapuasyangdirasakanolehkonsumen.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(I)kondisikualitasprodukkepuasankonsumenWOMyangterdapatpadaperusahaanSamsung(II)pengaruhkualitasprodukterhadapWOMmelaluikepuasankonsumen.Dalampenelitianinimenggunakanpopulasisebanyak211mahasisawaangkatan2013-2014penggunasmartphoneSamsung.PenentuansampelmenggunakanteknikpurposivesamplingdengansyarattelahmenggunakansmartphoneSamsunglebihdarienambulandandiperoleh111mahasiswa.HasildaripenelitianinididapatkanbahwakualitasprodukberpengaruhsecarasignifikanterhadapkepuasankonsumendankepuasankonsumenjugaberpengaruhsignifikanpositifterhadapterciptanyaWOMpositif.JadidapatdisimpulkanbahwasannyakualitasprodukbisaberpengaruterhadapWOMpositifmelaluikepuasankonsumen.SelainhalitupenilitijugamendapatibahwarespondenmerasaraguakankualitassmartphoneSamsungdikarenakankurangmengetahuikegunaantotaldariproduktersebut.MeskibegitunamunpararespondenmengakupuasdanmelakukanWOMpositifdalambentukmerekomendasikanproduktersebutkepadatemanataukeluargamereka.MenurutpenulissamsungharusmenciptakanthemessagesenderuntukmenginformasikankualitasprodukataukemampuantotaldariprodukSamsungsupayaparakonsumenbisamengetahuikegunaandancaramenggunakanfungsitotaldariproduktersebut.AdapuntugasmerekaadalahmempraktekanataumemberitahulangsungpadalingkungansosialmerekamengenaiseluruhpotensidariproduktersebutterutamapotensiyangjarangdipraktekanolehkonsumenpadaumumnyacontohmenggunakansmartphoneSamsunguntukmenggantikanremotTV.SelainitumenurutpenelitiSamsungharusmencobauntukmengembangkanrangsanganWOMyangterjadipadalingkungansosialdengancaramemancingOriginalWOMdenganmenggunkanAmplifiedWOM.