Pengaruh brand trust terhadap proses keputusan pembelian smartphone merek Sony Xperia (studi pada mahasiswa Prodi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2013-2014) / Evalia Primastuti

Main Author: Primastuti, Evalia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/31695/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPrimastutiEvalia.2015.PengaruhBrandTrustTerhadapProsesKeputusanPembelianSmartphoneMerekSonyXperia(StudiPadaMahasiswaProdiS1ManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalangAngkatan2013-2014).SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SuwarniM.SiPembimbing(II)Dr.WeningPatmiRahayuS.PdM.M.KataKunciBrandTrustProsesKeputusanPembelianSmartphonemerekSonyXperiamerupakansalahsatuproduksmartphoneyangbanyakdiminatiolehmasyarakat.Kepercayaanmerupakanfaktoryangsangatpentingdalammengubahkonsumenmenjadipelangganpertamakali.DenganadanyakepercayaanmerekyangdimilikikonsumenakanmemicuadanyakeputusanpembeliankonsumenuntuksmartphonemerekSonyXperia.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuideskripsikeadaanbrandtrustdanproseskeputusanpembeliansmartphonemerekSonyXperiapadamahasiswaprodiS1ManajemenUniversitasNegeriMalangangkatan2013-2014sertapengaruhvariabelbrandtrust(brandreliabilitydanbrandintentions)terhadapproseskeputusanpembeliansecaraparsialmaupunsimultan.Penelitianinimemilikiduavariabelyaituvariabelbebas(X)danvariabelterikat(Y).Variabelbebas(X)terdiridaribrandreliability(X_1)danbrandintentions(X_2)sedangkanvariabelterikatnya(Y)adalahproseskeputusanpembelian.Populasidalampenelitianiniadalahseluruhmahasiswapenggunayangberjumlah182orangdenganjumlahsampel130responden.Sampeldiambildenganmenggunakanteknikpurposiverandomsamplingdanmenggunakaninstrumenberupakuesioner.Teknikanalisisdatapenelitianiniadalahteknikanalisisregresilinierberganda.Hasilpenelitianinimenyimpulkanbahwa(1)mahasiswamanajemenangkatan2013-2014memilikibrandtrust(brandreliabilitydanbrandintentions)yangbaikdanproseskeputusanpembelianyangbaikdalammenggunakansmartphonemerekSonyXperia(2)brandreliabilityberpengaruhpositifdansignifikansecaraparsialterhadapproseskeputusanpembeliansmartphonemerekSonyXperiadanbrandintentionsberpengaruhpositifdansignifikansecaraparsialterhadapproseskeputusanpembeliansmartphonemerekSonyXperia(3)brandtrust(brandreliabilitydanbrandintentions)berpengaruhpositifdansignifikansecarasimultanterhadapproseskeputusanpembeliansmartphonemerekSonyXperia.BerdasarkanhasilpenelitiandisarankankepadaPTSonyIndonesiasebaiknyamenjagadanmempertahankankepercayaankonsumenpadasmartphonemerekSonyXperiadengancaraselaluberusahamemenuhiharapankonsumendanmengutamakankepentingankonsumen.Saranbagikonsumenadalahsebaiknyakonsumenselalumemperbanyakinformasisebelummembeliprodukdarisuatumerekkhususnyaprodukponsel(handphone).Saranbagipenelitiselanjutnyaadalahuntukmencobamembandingkandenganpengalamankonsumenmenggunaanmerekproduksebelumnyasertamenambahkanvariabellainmisalnyacitramerek(brandimage).