Pengaruh brand extension terhadap proses keputusan pembelian smartphone Lenovo (studi pada mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2014) / Masrifah Auliya
Main Author: | Auliya, Masrifah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/31691/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAuliyaMasrifah.2015.PengaruhBrandExtensionTerhadapProsesKeputusanPembelianSmartphoneLenovo(StudipadaMahasiswaJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalangAngkatanTahun2014).SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SuwarniM.Si(II)Dr.WeningPatmiRahayuS.PdM.M.KataKuncibrandextensionsimilarityreputationperceivedriskinnovativenessproseskeputusanpembelianEraglobalisasimenuntutperkembanganteknologidanperubahangayahidupmasyarakatmoderenyangdapatmenyebabkanperubahanbesardalampasarglobal.Persaingandalamsektorbisnismenjadisemakinketatsehinggaperusahaandituntutuntuktetapdapatmemenuhikebutuhankonsumenmelaluiberbagaistrategiyangdapatmenciptakanproseskeputusanpembeliankonsumen.Salahsatustrategiyangdapatdilakukanperusahaanadalahstrategibrandextensionsebuahstrategimenggunakannamamerekyangsudahmapandansatugrupyangmelakukandiversifikasiprodukuntukmemasukikategoriprodukbaru.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahui(1)deskripsibrandextension(similarityreputationperceivedriskdaninnovativeness)danproseskeputusanpembeliansmartphoneLenovo.(2)pengaruhsecaraparsialbrandextension(similarityreputationperceivedriskdaninnovativeness)terhadapproseskeputusanpembeliansmartphoneLenovo.(3)pengaruhsecarasimultanbrandextension(similarityreputationperceivedriskdaninnovativeness)terhadapproseskeputusanpembeliansmartphoneLenovo.(4)faktorbrandextensionyangpalingdominanmempengaruhiproseskeputusanpembeliansmartphoneLenovo.Penelitianinitermasukjenispenelitiandeskriptifdankorelasionaldenganmenggunakanpendekatankuantitatif.Penelitianinimempunyailimavariabelyaituvariabelbebas(X)yangterdiridarisimilarity(X1)reputation(X2)perceivedrisk(X3)daninnovativeness(X4)sertavariabelterikatyaituproseskeputusanpembelian(Y).PopulasidalampenelitianiniadalahMahasiswaJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalangAngkatanTahun2014penggunasmartphoneLenovo.Teknikpengambilansampelsebanyak125orangmenggunakanmetodeprobabilitysampling.Pengumpulandatadilakukandengankuesionerdankuesionerdisusundalambentukskalalikert.Teknikanalisisdatamenggunakanteknikanalisisdeskriptifdananalisisregresilinierberganda.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)deskripsibrandextension(similarityreputationperceivedriskdaninnovativeness)tergolongbaikdanproseskeputusanpembelianterhadapsmartphoneLenovotergolongbaik.(2)brandextension(similarityreputationperceivedriskdaninnovativeness)berpengaruhpositifdansignifikansecaraparsialterhadapproseskeputusanpembeliansmartphoneLenovo.(3)brandextension(similarityreputationperceivedriskdaninnovativeness)berpengaruhpositifdansignifikansecarasimultanterhadapproseskeputusanpembeliansmartphoneLenovo.(4)VariabelbrandextensionyangpalingdominanmempengaruhiproseskeputusanpembeliansmartphoneLenovoadalahperceivedrisk.BerdasarkanhasilpenelitiandisarankankepadaLenovoGroupuntukmemperkuatvariabelsimilaritydengancaramembuatdesaintampilanfisiksmartphoneLenovodaribahanyanglebihmiripdenganPC/LaptopLenovosehinggatampakjauhlebihelegandankokohsertamemilikiteksturdantidakterbuatdaribahanyangdidominasiolehplastikpolycarbonate.HaliniperludilakukanagarsmartphoneLenovotidakterkesanmurah.SehinggakonsumenakanlebihyakinbahwasmartphoneLenovomemilikikualitasdanmanfaatsebaikPC/LaptopLenovo.Untukpenelitiselanjutnyasebaiknyamemperluasvariabelyangditelitiyaknivariabelbrandextensionlainberupaqualitytransfercomplementdansubstituteyangdidugaberpengaruhterhadapproseskeputusanpembeliankonsumen.