Pengaruh citra toko terhadap loyalitas pelanggan (studi pada Smesco Mart Al Hikam Malang) / M. Nizar Rojabi
Main Author: | Rojabi, M. Nizar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/31687/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRojabiM.N.2015.PengaruhCitraTokoterhadapLoyalitasPelanggan(StudipadaSmescoMartAlHikamMalang).SkripsiManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SuwarniM.Si.Dan(II)Dr.TitisShintaDhewiS.PM.M.KatakunciCitraTokoAtmosfertokomerchandisepramuniagapelayananpromosiLoyalitasPelangganPerkembanganusaharitelmengalamiperekembanganpesatsalahsatunyaadalahSmescoMartAlHikamMalang.Salahsatuindikatorsuksesnyasuaturetailadalahloyalitaspelangganyangtinggi.Loyalitaspelangganyangtinggimenunjukkankepuasankonsumen.Adabanyakhalyangmenjadipertimbangankonsumendalammelakukantransaksipembelianyaitusalahsatunyacitratoko.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhvariabelcitratokoterhadaployalitaspelangganSmescoMartAlHikamMalang.Jenispenelitianiniadalaheksplanatory.Penelitianinimempunyaisatuvariabelyaituvariableindependen(X)yaitucitratokosedangkanvariabeldependen(Y)adalahloyalitaspelangganSmescoMartAlHikamMalang.PopulasidalampenelitianiniadalahkonsumenyangpernahmelakukantransaksipembeliandiSmescoMartAlHikamMalangminimalduakali.Tekniksamplingdalampenelitianinimenggunakanteknikrandomsamplingdenganjumlahrespondenditentukansebanyak150respondensebagaisampel.Teknikanalisisyangdigunakanadalahteknikanalisisregresilinierbergandadatadiperolehmelaluirespondenganmenggunakanalatpengumpuldataberupaangket/kuesionertertutupdanwawancarasertadiukurdenganmenggunakanskalaLikert.Berdasarkanhasilanalisisdatdapatdisimpulkanbahwacitratoko(X)berpengaruhpositifterhadaployalitaspelanggan(Y)diSmescoMartAlHikamMalang.Atmosfertoko(X1)merchandise(X2)pramuniaga(X3)pelayanan(X4)danpromosi(X5)masing-masingberpengaruhpositifterhadaployalitaspelangganSmescoMartAlHikamMalang.SedangkanAdjustedRsquaremenunjukkanbahwavariabelbebascitratokomenyumbangsebesar437%terhadapvariabelterikatloyalitaspelanggan.Berdasarkansumbanganefektifvariabelmerchandisesebagaipenyumbangefektifterbesarterhadaployalitaspelanggansebesar1230%.Saranyangdapatdiajukankepada1)manajertokoSmescoMartAlHikamMalanguntuklebihmeningkatkanpromosisebagaibentukkomunikasikepadakonsumensertameningkatkanjumlahkonsumenSmescoMartAlHikamMalang2)pelangganSmescoMartAlHikamMalangsebaiknyamembukadiriterhadapperbaikanSmescoMartAlHikamdenganmemberikankritikanyangmembangun3)penelitiselanjutnyasebaiknyamelakukanpenelitiantentangcitratokomelaluipenambahansubvariabeldaricitratokosepertihargadanlokasi.