Pengaruh citra toko terhadap loyalitas pelanggan (studi pada Smesco Mart Al Hikam Malang) / M. Nizar Rojabi

Main Author: Rojabi, M. Nizar
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/31687/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRojabiM.N.2015.PengaruhCitraTokoterhadapLoyalitasPelanggan(StudipadaSmescoMartAlHikamMalang).SkripsiManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SuwarniM.Si.Dan(II)Dr.TitisShintaDhewiS.PM.M.KatakunciCitraTokoAtmosfertokomerchandisepramuniagapelayananpromosiLoyalitasPelangganPerkembanganusaharitelmengalamiperekembanganpesatsalahsatunyaadalahSmescoMartAlHikamMalang.Salahsatuindikatorsuksesnyasuaturetailadalahloyalitaspelangganyangtinggi.Loyalitaspelangganyangtinggimenunjukkankepuasankonsumen.Adabanyakhalyangmenjadipertimbangankonsumendalammelakukantransaksipembelianyaitusalahsatunyacitratoko.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhvariabelcitratokoterhadaployalitaspelangganSmescoMartAlHikamMalang.Jenispenelitianiniadalaheksplanatory.Penelitianinimempunyaisatuvariabelyaituvariableindependen(X)yaitucitratokosedangkanvariabeldependen(Y)adalahloyalitaspelangganSmescoMartAlHikamMalang.PopulasidalampenelitianiniadalahkonsumenyangpernahmelakukantransaksipembeliandiSmescoMartAlHikamMalangminimalduakali.Tekniksamplingdalampenelitianinimenggunakanteknikrandomsamplingdenganjumlahrespondenditentukansebanyak150respondensebagaisampel.Teknikanalisisyangdigunakanadalahteknikanalisisregresilinierbergandadatadiperolehmelaluirespondenganmenggunakanalatpengumpuldataberupaangket/kuesionertertutupdanwawancarasertadiukurdenganmenggunakanskalaLikert.Berdasarkanhasilanalisisdatdapatdisimpulkanbahwacitratoko(X)berpengaruhpositifterhadaployalitaspelanggan(Y)diSmescoMartAlHikamMalang.Atmosfertoko(X1)merchandise(X2)pramuniaga(X3)pelayanan(X4)danpromosi(X5)masing-masingberpengaruhpositifterhadaployalitaspelangganSmescoMartAlHikamMalang.SedangkanAdjustedRsquaremenunjukkanbahwavariabelbebascitratokomenyumbangsebesar437%terhadapvariabelterikatloyalitaspelanggan.Berdasarkansumbanganefektifvariabelmerchandisesebagaipenyumbangefektifterbesarterhadaployalitaspelanggansebesar1230%.Saranyangdapatdiajukankepada1)manajertokoSmescoMartAlHikamMalanguntuklebihmeningkatkanpromosisebagaibentukkomunikasikepadakonsumensertameningkatkanjumlahkonsumenSmescoMartAlHikamMalang2)pelangganSmescoMartAlHikamMalangsebaiknyamembukadiriterhadapperbaikanSmescoMartAlHikamdenganmemberikankritikanyangmembangun3)penelitiselanjutnyasebaiknyamelakukanpenelitiantentangcitratokomelaluipenambahansubvariabeldaricitratokosepertihargadanlokasi.