Pengaruh persepsi atribut produk kartu seluler CDMA Smartfren terhadap proses keputusan pembelian (studi pada mahasiswa Jurusan Manajemen angkatan 2012/2013 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Edo Prasetya

Main Author: Prasetya, Edo
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/31581/
Daftar Isi:
  • PrasetyaEdo.2014.PengaruhPersepsiAtributProdukKartuSelulerCDMASmartfrenTerhadapProsesKeputusanPembelian(StudipadaMahasiswaJurusanManajemenAngkatan2012/2013FakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang).Skripsi.JurusanManajemen.FakultasEkonomi.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.DjokoDwiKusumajantoM.Si(II)Dr.TitisShintaDewiS.PM.M.KataKunciatributprodukkeputusanpembelian.1228812288122881228812288122881228812288Padapersaingandieraglobalisasiinisemakinbanyakperusahaanbaruyangbermunculan.Terutamapadasektortelekomunikasiyangdimanasemakintingginyatingkataktifitasseseorangyangmembutuhkantunjangankomunikasiyangbaik.Pengaruhatributprodukmerupakanunsur-unsuryangmelekatpadasetiapprodukyangselalumenjadipertimbangankonsumendalammemilihsebuahproduk.SmartfrenmerupakansalahsatuperusahaanyangbergerakdibidangkomunikasidenganprodukunggulannyaberupakartuCDMAyangmenjadipemimpinpasardijaringanCDMA.KartuselulerCDMAyangdimilikiolehSmartfrenmemilikisasaranyaituseseorangyangmemilikibanyakaktifitasdenganmengandalkanlayananinternetkarenadenganproduknyaituSmartfrenberusahauntukmemaksimalkanpertambahanjumlahpelanggannyadenganmemaksimalkanlayananinternetyangditawarkan.LayananinternetyangditawarkanolehSmartfreninijugamemungkinkanbagisetiaporanguntukberkomunikasidengansiapasajaselamatersedialayananjaringandariSmartfrenini.12288122881228812288Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengetahui(1)Deskripsiatributprodukdanproseskeputusanpembelian.(2)Pengaruhdariunsuratributprodukterhadapproseskeputusankonsumensecaraparsial.(3)Pengaruhdariunsuratributprodukterhadapproseskeputusankonsumensecarasimultan.(4)Pengaruhyangdominandariunsuratributprodukterhadapproseskeputusanpembelian.12288122881228812288Penelitianiniterdiridarivariabelbebasyangmeliputimerek(X1)harga(X2)kemasan(X3)kualitas(X4)danlayananpendukung(X5)sedangkanuntukvariabelterikatyaituproseskeputusanpembelian(Y).Penelitianinimenggunakananalisisregresiberganda.PopulasidalampenelitianinitidakdapatditentukandenganpastiberapajumlahmahasiswayangmemakaiprodukkartuselulerCDMASmartfren.Berdasarkanhalitudalammenentukanjumlahsampelpenelitimelakukansurveikedalam13kelasdandidapatkansampelsebesar113mahasiswa.SkalayangdigunakanadalahskalaLikertdengankriteriasangatsetujusetujucukupsetujutidaksetujusangattidaksetuju.12288122881228812288Jenisdatanyaadalahdataordinalyangdiperlakukansebagaidatainterval.UntuksumberdataberasaldarisampelyangdiambilyaitumahasiswaJurusanManajemenAngkatan2012/2013FakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Teknikpengumpulandatamenggunakanmetodewawancarakuesionerdanpengamatan.DalampenelitianinikuesionerdibagikanpadabulanFebruari2014yaitudengancarapenelitimasukkedalam13kelasdanmembagikankuesionerlangsungkepadamahasiswayangmenjadisampelpenelitian.UntukujikelayakaninstrumendigunakanujivaliditasdanreliabilitasdenganbantuanSPSS17forWindows.Dalampenelitianinimenggunakanbeberapamodelujiasumsiklasikyaitu(1)Ujinormalitas.(2)Ujimultikolinearitas.(3)Ujiheteroskedastisitas.12288122881228812288Hasilujiasumsiklasikmenunjukkanbahwa(1)Modelregresimemenuhiasumsinormalitasterlihatdarititik-titikmenyebardisekitargarisdiagonalpadagambarP-PPlotofRegressionStandardizedResidual.(2)Modelregresitidakterjadigejalamultikolinearitas.(3)Modelregresitidakterjadiheteroskedastisitasterlihatpadagambarscatterplotyangtidakmembentuksuatupolatertentudanmenyebaracakdiatasdandibawahangka0padasumbuY.Jadimodelregresilayakdigunakan.Hasilanalisisdeskriptifmenunjukkanbahwa(1)Respondenmemilikipersepsiyangcukupbaikterhadapmerek.(2)Respondenmemilikipersepsiyangcukupbaikterhadapharga.(3)Respondenmemilikipersepsiyangbaikterhadapkemasan.(4)Respondenmemilikipersepsiyangcukupbaikterhadapkualitas.(5)Respondenmemilikipersepsiyangbaikterhadaplayananpendukung.(6)Proseskeputusanpembelianyangdilaluiolehrespondencukupbaik.12288122881228812288Berdasarkanhasilujihipotesismenunjukkanbahwa(1)Merektidakberpengaruhsignifikanterhadapproseskeputusanpembelian.(2)Hargamemilikipengaruhyangsignifikanterhadapproseskeputusanpembelian.(3)Kemasantidakmemilikipengaruhyangsignifikanterhadapproseskeputusanpembelian.(4)Kualitasmemilikipengaruhyangsignifikanterhadapproseskeputusanpembelian.(5)Layananpendukungmemilikipengaruhyangsignifikanterhadapproseskeputusanpembelian.(6)Atributproduk(merekhargakemasankualitaslayananpendukung)memilikipengaruhsecarasimultanyangsignifikanterhadapproseskeputusanpembelian.(7)Kualitasmemilikipengaruhyangdominanterhadapproseskeputusanpembelian.12288122881228812288Berdasarkanhasilpenelitianinipenelitimenyarankan(1)Sebaiknyaperusahaanlebihmenanamkancitramerekperusahaanagarkonsumenlebihtertarikakanprodukyangditawarkan.(2)Sebaiknyaperusahaanmampumempertahankanataumeningkatkankualitasyangtelahadaagarkonsumentidakmerasakecewadanperusahaantetapdapatbersaingdenganparakompetitornya.(3)Atributprodukyangmeliputimerekhargakemasankualitasdanlayananpendukungdalampenelitianinihanyaberpengaruhsebesar607%makasebaiknyapenelitiselanjutnyadapatmenambahataumenelitifaktorlainmisalnyajaminandanpromosi.