Hubungan preferensi atas pembagian tugas dan kepuasan kerja dengan kinerja guru di sekolah menengah pertama (SMP) se-kecamatan Turen Kabupaten Malang / Afifah Suci Ningsih

Main Author: Ningsih, Afifah Suci
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/3150/
Daftar Isi:
  • Guruadalahsalahsatutenagakependidikanyangmempunyaiperanpentingsebagaifaktorpenentukeberhasilantujuanorganisasiselaintenagakependidikanlainnya.Karenaguruyanglangsungberhadapandenganpesertadidikuntukmemberikanbimbinganyangakhirnyaakanmenghasilkanlulusanyangdiharapkan.Perangurusebagaifasilitatorperkembanganpesertadidikyangmembutuhkanprofesionalismegurudalammengajardansebagaipengelolakegiatanbelajar-mengajardisekolah.Gurujugaorangyangreladanikhlasuntukmembantudalamkemajuananakbangsamelatihberfikirkritisyangdapatmembentukpotensiyangsebelumnyatidakdimilikiolehpesertadidik.Pembagiantugasgurudisiniadalahsuatupekerjaanyangharusdilakukanolehgurusesuaidengankemampuanataukualitasyangdimilikipadamasing-masingindividu.Adanyapembagiantugasguruinisupayamemudahkanprosesbelajar-mengajarkarenagurumemilikikemampuandalammatapelajaranyangsesuaidenganbidangmasing-masingataujurusanyangdiperolehnyadiperguruantinggi.Rumusanmasalahyangdikemukakanpenelitianiniadalah(1)bagaimanagambaranpreferensiataspembagiantugasgurudiSMPse-KecamatanTurenKabuapatenMalang(2)bagaimanagambarankepuasankerjagurudiSMPse-KecamatanTurenKabuapatenMalang(3)bagaimanagambarankinerjagurudiSMPse-KecamatanTurenKabuapatenMalang(4)apakahpreferensiataspembagiantugasberhubungandengankinerjagurudiSMPse-KecamatanTurenKabupatenMalang(5)apakahkepuasankerjaberhubungandengankinerjagurudiSMPse-KecamatanTurenKabupatenMalang(6)apakahadahubunganpreferensiataspembagiantugasdankepuasankerjadengankinerjagurudiSMPse-KecamatanTurenKabupatenMalangUraianpekerjaanbisamenjadidasaruntukmenetapkanspesifikasipekerjaandanevaluasipekerjaanbagipejabatyangmemegangjabatanitu.Uraianpekerjaanyangkurangjelasakanmengakibatkanseorangpejabatkurangmengetahuitugasdantanggungjawabnya.Tujuanutamamembuaturaianpekerjaanadalahmenentukantugas-tugasutamayangberkontribusipadapencapaiantujuanpekerjaandanbukanmenguraikansemuatugasdankewajibanyangdilakukanpemegangpekerjaan.Apabilaseoranggurumencobamemaksakandiriuntukmendaftarsemuatugasdankewajibandalamsuatubidangpekerjaanmakaakangagalkarenauraianpekerjaanakanmenjadipanjanglebar.Uraianpekerjaaniniuntukmembatasikeluwesanparagurudanhanyaditujukanuntukmengidentifikasikansecaraumumbidangtanggungjawabutamasetiapguru.Rancanganpenelitianinipenelitimenggunakanmetodepenelitiandeskriptifkorelasional.VariabelyangditetapkandalampenelitianiniadalahpreferensiataspembagiantugasdankepuasankerjadengankinerjagurudiSMPse-KecamatanTurenKabupatenMalang.ObjeknyaadalahSMPse-KecamatanTurenKabupatenMalangdanpopulasipenelitiansemuagurudiSMPse-KecamatanTuren.Pengambilansampelpenelitianinimenggunakanprobabilitysamplingdengantekniksimplerandomsampling.Dalampenelitianinipenelitimenggunakanteknikanalisisdeskriptifteknikanalisiskorelasiproductmomentpearsondananalisiskorelasiganda.HasilanalisakorelasigandadiperolehnilaiFhitungsebesar82047denganprobabilitas0000dengantingkatsignifikansi005.BerdasarkanujiFdenganmenggunakananalisiskorelasigandamakadapatdiambilkesimpulanbahwajikanilaiprobabilitas(pv)0000nilai61537005makaHditolakdalamartiadahubunganpreferensiataspembagiantugasdankepuasankerjadengankinerjagurudiSMPse-KecamatanTuren.SedangkanujiTberdasarkananalisakorelasisecaraparsialdiperolehnilaithitunguntukpreferensiataspembagiantugassebesar7090dengannilaip0000dankepuasankerjadiperolehnilaiTsebesar5012dengannilaip0000dengantarafsignifikan005(5%).Makadapatdisimpulkanbahwajikanilaip005makaHditolakhalinimenunjukkanbahwadarimasing-masingvariabelX1(preferensiataspembagiantugas)danX2(kepuasankerja)denganY(kinerjaguru)menunjukkanadanyaketerkaitanantaravariabelbebasdanvariabelterikat.Pembagiantugasdankepuasankerjadengankinerjaguruberhubungansebabberkaitaneratdalambelajarpesertadidikbaikdisekolahataudilingkunganmasyarakat.Kepuasankerjadiperolehdaribagaimanagurudapatbertanggungjawabataspekerjaannyadanhalinijugaberhubungandengankinerjagurudalamprosesbelajar-mengajardisekolah.Gurudikatakanberhasiljikaguruitubisamempersiapkanpesertadidikdenganbekalpengetahuandanketerampilandalamhidupbermasyarakatnantinya.Sehinggadapatdisimpulkanbahwateoridanhasilpenelitiandilapanganmenunjukkantidakadakesenjanganyangberarti.KesimpulandaripenelitianiniadalahbahwahubunganpreferensiataspembagiantugasdankepuasankerjamempunyaihubunganyangpositifdengankinerjagurudiSMPse-KecamatanTuren.Saranpeneliti(1)KepalaSMPse-KecamatanTurenagarlebihmemahamitentangkemampuangurudidalampelaksanaanpembagiantugasterhadapgurupadabidangmatapelajaranyangsesuaidenganjurusanataukemampuanyangdimilikigurusupayadapatmengelolaprosesbelajar-mengajardisekolahdenganbaik(2)GuruSMPse-KecamatanTurenuntuklebihmeningkatkankinerjanyasebagaiguruagardapatmelakukanpekerjaansesuaidengantugasnyasertakemampuanyangdimilikidangurujugadapatlebihmeningkatkanhasilkerjanyadenganlebihbaik(3)JurusanAdministrasiPendidikanlebihmenambahkajiantentangmanajemenpendidikankhususnyadibidangmanajemensumberdayamanusia(4)Penelitilaindiharapkanuntuklebihmemfokuskanpenelitiannyaterhadapfaktor-faktoryangmempengaruhipreferensiataspembagiantugaskinerjagurusertakepuasankerja.