Pengaruh persepsi kesadaran merek, asosiasi merek, kesan kualitas terhadap loyalitas merek pengguna handphone Blackberry (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang) / Hyang Widhi Wisnu Wardhana

Main Author: Wardhana, Hyang Widhi Wisnu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/31346/
Daftar Isi:
  • KataKuncikesadaranmerekasosiasimerekkesankualitasdanloyalitasmerekMerekmengandungnilai-nilaiyangbersifatintangibleemosionalkeyakinanharapansertasaratdenganpersepsipelanggan.Untukituagarsuatuperusahaandapatsuksesintangibleasset-nyasepertikesadaranmerekasosiasimerekdankesankualitasperludikelolasecaraterus-menerus.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuivariabel-variabelkesadaranmerekasosiasimerekdankesankualitasyangmempengaruhiloyalitasmerek.Penelitianinimempuyaiduavariabelyaituvariabelbebas(X)danvariabelterikat(Y).Variabelbebas(X)terdiridarikesadaranmerek(X1.1)asosiasimerek(X1.2)dankesankualitas(X1.3)sedangkanvariabelterikatnya(Y)adalahloyalitasmerek.Penelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifresiprocal.PenelitianiniberusahauntukmenjelaskanpengaruhkesadaranmerekasosiasimerekdankesankualitassecaraparsialmaupunsecarasimultanterhadaployalitasmerekpenggunahandphoneBlackberrydiFakultasEkonomiJurusanmanajemenUniversitasNegeriMalang.PopulasidalampenelitianiniadalahmahasiswaFakultasEkonomiJurusanManajemenUniversitasNegeriMalangpenggunahandphoneBlackberry.Sedangkansampeldalampenelitianiniadalah100responden.Sampeldiambildenganmenggunakantekniksimplerandomsampling.Hasilpenelitianinimenyimpulkanbahwa(1)terdapatpengaruhkesadaranmereksecaraparsialterhadaployalitasmerekpenggunahandphoneBlackberrydiFakultasEkonomiJurusanManajemenUniversitasNegeriMalang(2)terdapatpengaruhasosiasimereksecaraparsialterhadaployalitasmerekpenggunahandphoneBlackberrydiFakultasEkonomiJurusanManajemenUniversitasNegeriMalang(3)terdapatpengaruhkesankualitassecaraparsialterhadaployalitasmerekpenggunahandphoneBlackberrydiFakultasEkonomiJurusanManajemenUniversitasNegeriMalangdan(4)terdapatpengaruhkesadaranmerekasosiasimerekdankesankualitassecarasimultanterhadaployalitasmerekpenggunahandphoneBlackberrydiFakultasEkonomiJurusanManajemenUniversitasNegeriMalang.NilaiAdjustedRSquare0617dengandemikiandapatdisimpulkanbahwakesadaranmerekasosiasimerekdankesankualitasmempengaruhiloyalitasmerekdiFakultasEkonomiJurusanManajemenUniversitasNegeriMalangsebesar617%sedangkansisanya383%dipengaruhiolehfaktor-faktorlaindiluarpenelitian.iiSaranyangdapatdiberikanberkaitandengantemuanyangdiperolehselamapelaksanaanpenelitianiniadalah(1)KesadaranmerekasosiasimerekdankesankualitashandphonemerekBlackberrysangatbaik.Olehkarenaituharustetapdijagadandipertahankandengancaramenciptakanprodukyangmengutamakanstandarmutuunikdankualitasyangbaikketikabaranghendakdipasarkan.Karenamembangunsebuahkekuatanmerekmemerlukanwaktuyanglamadananggaranyangcukuptinggi.DengankesadaranmerekasosiasimerekdankesankualitasyangbaikdapatmeningkatkanloyalitasmerekpenggunahandphoneBlackberry.(2)Penelitimenyarankandalampenelitianselanjutnyaagarobjekpenelitianyangdiambillebihbaikyaitumasyarakatumumdariberbagaigolonganusiadantempatpenelitianyanglebihluassupayadatapenelitianyangdiperolehlebihvaliddanruanglingkupnyalebihluas.(3)Bagipenelitiselanjutnyadisarankanuntukmenambahjumlahvariabelpenelitianyangdapatmempengaruhiloyalitasmerekselainvariabelyangditelitipadapenlitianini.Selainitumenyempurnakankekurangan-kekurangandalampenelitianinidandapatdijadikandasarpertimbanganilmiahbagikesempurnaanyangada.