Faktor-faktor yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan konsumen dalam berlangganan koran Jawa Pos (Studi kasus pada konsumen yang berlangganan koran Jawa Pos di Wilayah Kelurahan Ketawang Gede Kota Malang) / Apriani Mike Palamba

Main Author: Palamba, Apriani Mike
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/31322/
Daftar Isi:
  • KataKunciFaktorPerbedaanIndividuKeputusanKonsumen.Seiringperkembanganinformasididuniamediamassabaikmediacetakmaupunmediaelektronikmemilikiperancukupbesaruntukmemberikaninformasikepadamasyarakatkarenamediamassamerupakansalahsatucarayangdapatdigunakanolehmasyarakatuntukmemperolehinformasiyangdiperlukandengancepatdanmurah.DiIndonesiaterdapatbermacam-macammediamassabaikitumediaelektronikdanmediacetak.SalahsatunyaadalahkoranJawaPos.UntukdaerahKotaMalangbisadikatakanbahwaKoranJawaPostelahberkembangdenganbaik.HalinidibuktikandenganluasnyadaerahpemasaranJawaPosdankepercayaanmasyarakatKotaMalangterhadapkoranJawaPossebagaikoranyangtidaksajamemuatberitalokaldannasionaltetapijugainternasional.DaridatasirkulasiJawaPosGroupdiKotaMalangsejaktahun2007sampaidengan2012KelurahanKetawangGedememilikijumlahpelangganyangpalingtinggidibandingkandenganwilayahyanglainyangadadiKotaMalang.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuifaktor-faktoryangmempengaruhiprosespengambilankeputusankonsumendalamberlangganankoranJawaPosdiWilayahKelurahanKetawangGedeKotaMalang.PopulasidalampenelitianiniadalahpelangganyangberlangganankoranJawaPosdiWilayahKelurahanKetawangGedeKotaMalangdansebagaisampelpenelitianadalah100pelanggankoranJawaPosdiWilayahKelurahanKetawangGedeKotaMalang.Dalampenelitianinipengambilandatadiambildarirespondendenganmenggunakanalatpengumpuldatayaituangketyangberisikanpertanyaan.Angketyangdigunakandalampenelitianiniadalahangkettertutupdimanasudahtersediapilihanjawabansehinggarespondentinggalmemilih.Darianalisisujihipotesisuntukfaktorkelassosialdiperolehthitung1917dengantarafsigifikansit0058faktorkelompokrujukandiperolehthitung1121dengantarafsignifikansisebesart0265faktorsituasidiperolehthitung0375dengantarafsignifikansisebesart0709faktorperbedaanindividudiperolehthitung2639dengantarafsigifikansisebesart0010.HasilanalisistersebutmenunjukkanbahwahanyafaktorperbedaanindividuyangmempengaruhiprosespengambilankeputusankonsumendalamberlangganankoranJawaPosdiwilayahKelurahanKetawangGedeKotaMalang.