Faktor-faktor yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan konsumen dalam berlangganan koran Jawa Pos (Studi kasus pada konsumen yang berlangganan koran Jawa Pos di Wilayah Kelurahan Ketawang Gede Kota Malang) / Apriani Mike Palamba
Main Author: | Palamba, Apriani Mike |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/31322/ |
Daftar Isi:
- KataKunciFaktorPerbedaanIndividuKeputusanKonsumen.Seiringperkembanganinformasididuniamediamassabaikmediacetakmaupunmediaelektronikmemilikiperancukupbesaruntukmemberikaninformasikepadamasyarakatkarenamediamassamerupakansalahsatucarayangdapatdigunakanolehmasyarakatuntukmemperolehinformasiyangdiperlukandengancepatdanmurah.DiIndonesiaterdapatbermacam-macammediamassabaikitumediaelektronikdanmediacetak.SalahsatunyaadalahkoranJawaPos.UntukdaerahKotaMalangbisadikatakanbahwaKoranJawaPostelahberkembangdenganbaik.HalinidibuktikandenganluasnyadaerahpemasaranJawaPosdankepercayaanmasyarakatKotaMalangterhadapkoranJawaPossebagaikoranyangtidaksajamemuatberitalokaldannasionaltetapijugainternasional.DaridatasirkulasiJawaPosGroupdiKotaMalangsejaktahun2007sampaidengan2012KelurahanKetawangGedememilikijumlahpelangganyangpalingtinggidibandingkandenganwilayahyanglainyangadadiKotaMalang.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuifaktor-faktoryangmempengaruhiprosespengambilankeputusankonsumendalamberlangganankoranJawaPosdiWilayahKelurahanKetawangGedeKotaMalang.PopulasidalampenelitianiniadalahpelangganyangberlangganankoranJawaPosdiWilayahKelurahanKetawangGedeKotaMalangdansebagaisampelpenelitianadalah100pelanggankoranJawaPosdiWilayahKelurahanKetawangGedeKotaMalang.Dalampenelitianinipengambilandatadiambildarirespondendenganmenggunakanalatpengumpuldatayaituangketyangberisikanpertanyaan.Angketyangdigunakandalampenelitianiniadalahangkettertutupdimanasudahtersediapilihanjawabansehinggarespondentinggalmemilih.Darianalisisujihipotesisuntukfaktorkelassosialdiperolehthitung1917dengantarafsigifikansit0058faktorkelompokrujukandiperolehthitung1121dengantarafsignifikansisebesart0265faktorsituasidiperolehthitung0375dengantarafsignifikansisebesart0709faktorperbedaanindividudiperolehthitung2639dengantarafsigifikansisebesart0010.HasilanalisistersebutmenunjukkanbahwahanyafaktorperbedaanindividuyangmempengaruhiprosespengambilankeputusankonsumendalamberlangganankoranJawaPosdiwilayahKelurahanKetawangGedeKotaMalang.