Pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian melalui sikap konsumen dalam membeli handphone nokia (Studi pada masyarakat RW 03 Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing Malang) / Yuni Andriani

Main Author: Andriani, Yuni
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/31292/
Daftar Isi:
  • Katakunciekuitasmerek(brandequity)sikapkonsumenkeputusanpembelian.Perkembanganekonomidankemajuanteknologidisegalabidangmemunculkanpersaingandidalamduniabisnis.Salahsatucarayangdapatdilakukanperusahaanditengahperkembanganekonomidankemajuanteknologiadalahmembentukekuitasmerekyangbaikdimatakonsumen.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)BagaimanakondisiekuitasmereksikapkonsumendankeputusanpembelianprodukhandphoneNokia(2)PengaruhlangsungekuitasmerekterhadapsikapkonsumendalammembelihandphoneNokia(3)PengaruhlangsungsikapkonsumenterhadapkeputusanpembelianhandphoneNokia(4)PengaruhlangsungantaraekuitasmerekterhadapkeputusanpembelianhandphoneNokiadan(5)PengaruhtidaklangsungekuitasmerekterhadapkeputusanpembelianmelaluisikapkonsumendalammembelihandphoneNokia.Penelitianinitermasukdalamexplanatoryresearch(penelitianpenjelasan)yangterdiridaritigavariabelyaituekuitasmereksebagaivariabelbebaskeputusanpembeliansebagaivariabelterikatdansikapkonsumensebagaivariabelintervening.Populasidalampenelitianinitergolonginfinite(populasitakterbatas).PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhmasyarkatRW03diKelurahanPandanwangiKecamatanBlimbingMalang.Penentuansampelmenggunakanrumusinfinitepopulationdengantingkatkesalahan5%.Sampelyangdigunakandalampenelitianinisebanyak100responden.Teknikpengambilansampelmenggunakanteknikaccidentalsampling.InstrumenpenelitianmenggunakanskalaLikert.TujuanpenelitianinidiwujudkandenganmenggunakananalisispathdandenganbantuanSPSS16ForWindows.Hasilpenelitianiniadalah(1)KondisiekuitasmereksikapkonsumendankeputusanpembeliansudahbaikterhadaphandphoneNokia(2)Terdapatpengaruhsecaralangsungantaraekuitasmerekterhadapsikapkonsumendengannilai9460701dannilaisigt0000(3)Terdapatpengaruhsecaralangsungantarasikapkonsumenterhadapkeputusanpembeliandengannilai9460693dannilaisigt0000(4)Terdapatpengaruhsecaralangsungantaraekuitasterhadapkeputusanpembeliandengannilai9460772dannilaisigt0000dan(5)Terdapatpengaruhsecaratidaklangsungantaraekuitasmerekterhadapkeputusanpembelianmelaluisikapkonsumensebesar0486.Kesimpulandaripenelitianiniantaralain(1)KondisiekuitasmereksikapkonsumendankeputusanpembelianhandphoneNokiasudahbaik(2)Terdapatpengaruhsecaralangsungyangpositifdansignifikanantaraekuitasmerekterhadapsikapkonsumen(3)TerdapatpengaruhsecaralangsungyangpositifdansignifikanantaradukungansikapkonsumenterhadapkeputusanpembelianhandphoneNokia(4)TerdapatpengaruhsecaralangsungyangpositifdansignifikanantaraekuitasmerekterhadapkeputusanpembelianhandphoneNokiadan(5)Terdapatpengaruhsecaratidaklangsungyangpositifdansignifikanantaraekuitasmerekterhadapkeputusanpembelianmelaluisikapkonsumen.iiSaranyangdapatdiberikanantaralain(1)PerusahaandiharapkandapatmemaksimalkanekuitasmerekyangsudahadadalambenakkonsumententanghandphoneNokiainidapatterjaga(2)SikapkonsumenyangmemilikitingkatkepercayaanmerekterhadaphandphoneNokiasebaiknyaditingkatkanperusahaanagardapatmempertahankankonsumenyangsudahloyaldenganprodukNokia.(3)PerusahaansebaiknyamemaksimalkankeunggulandankehandalanprodukyangsudahdimilikihandphoneNokia.