Perbedaan penerapan teknik pembinaan disiplin siswa oleh guru SMP dan MTs di Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang / Yuni Andari

Main Author: Yuni Andari
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/3125/
Daftar Isi:
  • Pendidikanmerupakansalahsatupermasalahanyangsangatkomplekdalamperkembangandiberbagaibidangatauaspekkehidupan.Pemerintahtelahmelalukanberbagaiupayauntukmelaksanakantujuantersebutdenganpeningkatanmutupendidikannasional.Pancasilasebagaipemersatukemajemukanmasyarakatpancasilajugasebagaipandanganhidupbangsa.SegalatingkahlakumasyarakatIndonesiabercerminpadapancasiladanUndang-undangDasar1945(UUD1945).Salahsatuusahauntukmemajukankebudayaandapatdilakukandenganmembinadanmengembangkandisiplinnasionalyangditerapkandalamkehidupanbermasyarakat.Disiplinyanglahirdarirasasadarrasainsafakanmembuatsesorangitumelaksanakanhal-halyangtertibteraturlancartanpaoranglainharusmengarahkanmenyuruhmengawasiataumenertibkan.MenurutGiedalamImron(1995)disiplinadalahsuatukeadaantertibdimanaorang-orangyangtergabungdalamsuatuorganisasitundukpadaperaturan-peraturanyangtelahadadenganrasasenanghati.Adakaladisiplintidakdapatberjalandenganbaikhalinidikarenakanberbagaifaktorsepertisiswasendirikeluargatemansebayalingkungansosialdantidakmenutupkemungkinansekolahataulembagapendidikan.Rumusanmasalahpenelitianiniadalah(1)seberapatingkatpenerapanteknikpembinaandisiplinsiswaolehguruSMPdiKecamatanBululawangKabupatenMalang(2)seberapatingkatpenerapanteknikpembinaandisiplinsiswaolehguruMTsdiKecamatanBululawangKabupatenMalangdan(3)adakahperbedaantingkatpenerapanteknikpembinaandisiplinsiswaolehguruSMPdanMTsdiKecamatanBululawangKabupatenMalang.Tujuanpenelitianiniadalah(1)mendeskripsikanpenerapanteknikpembinaandisiplinsiswaolehguruSMPdiKecamatanBululawangKabupatenMalang(2)mendeskripsikanpenerapanteknikpembinaandisiplinsiswaolehguruMTsdiKecamatanBululawangKabupatenMalangdan(3)mendeskripsikanperbedaanpenerapanteknikpembinaandisiplinsiswaolehguruSMPdanMTsdiKecamatanBululawangKabupatenMalang.Rancanganpenelitininimenggunakanmetodedeskriptifkuantitatifdenganjumlahrespondenpenelitiansebanyak90orang.Penelitianinimerupakanpenelitiankausalkomparatifyaiturancanganpenelitianuntukmengetahuipersamaan-persamaanatauperbedaan-perbedaantentangbenda-bendatentangorangtentangprosedurkerjatentangide-idekritikterhadaporangkelompokterhadapsuatuideatauprosedurkerja(Arikunto2006).Sedangkanangketyangdigunakanadalahangkettertutup.PenelitianinimenggunakananalisisdeskriptifdananalisisUjiTuntukmengetahuiadatidaknyaperbedaan.HasilpenelitiantentangteknikpembinaandisiplinsiswaolehguruSMPberdasarkanteknikpembinaandariluardiketahuisebagianbesardalamkategoritinggisebanyak22(500%)berdasarkanteknikpembinaandaridalamsebagianbesardalamkategoritinggisebanyak27(615%)danberdasarkanteknikpengendaliankooperatifsebagianbesardalamkategoritinggisebanyak21(247%).SedangakanteknikpembinaandisiplinsiswaolehguruMTsberdasarkanteknikpembinaandariluardiketahuisebagianbesardalamkategorisangattinggi32(696%)berdasarkanteknikpembinaandaridalamsebagianbesardalamkategoritinggisebanyak37(804%)danberdasarkanteknikpengendaliankooperatifsebagianbesardalamkategoritinggisebanyak23(500%).Kesimpulandalampenelitianiniadalah(1)penerapanteknikpembinaandisiplinsiswaolehguruSMPdiKecamatanBululawangKabupatenMalangadalahdalamkategoritinggi(2)penerapanteknikpembinaandisiplinsiswaolehguruMTsdiKecamatanBululawangKabupatenMalangadalahdalamkategoritinggidan(3)tidakadaperbedaanantarapenerapanteknikpembinaandisiplinsiswaolehguruSMPdanMTsdiKecamatanBululawangKabupatenMalang.Sedangkanberdasarkankesimpulanmakasaranyangdapatdisampaikanadalah(1)bagiKepalaSMP/MTshendaknyatetapdapatmempertahankanpenerapanteknikpembinaandisiplindanterusmeningkatkanpenerapanteknikpembinaandisiplinagardapatmencapaikualifikasisangattinggi(2)bagiguruhendaknyaterusmeningkatkanteknikpembinaandisiplinyangtelahdijalankanmengembangkanpenangananmasalahdisiplinsertamenegakkandisiplindidalammaupundiluarkelas(3)bagiJurusanAdministrasiPendidikanlebihdapatlagimenyediakanreferensimengenaipengelolaankelasataumanajemenkelasdanyangterakhir(4)bagipenelitilaindapatdijadikanbahanbandinganapabiladiadakanpenelitianserupapadasekolah-sekolahlain.