Pengaruh atribut produk dan iklan televisi terhadap keputusan konsumen dalam membeli sabun lux (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Citra Niada Elisa

Main Author: Elisa, Citra Niada
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/31241/
Daftar Isi:
  • KatakunciAtributProdukIklanTelevisikeputusanPembelianProdusenpersonalcaremengembangkanproduknyadenganberbagaicarasalahsatunyalebihmenekankanpadaatributprodukyangmeliputimerekkemasanhargadankualitas.Untukdapatmenginformasikankeunggulansuatuprodukdanmenarikperhatiankonsumendapatdilakukanpromosi.Iklantelevisimerupakanmediapromosiyangbaikakanmemperhatikanbeberapafaktordiantaranyaisipesantemaceritabacksoundbintangiklandandurasiiklan.Berdasarkanpenjelasantersebutmakapenelititertarikmelakukanpenelitiantentangatributprodukdaniklantelevisiyangmempengaruhikeputusanpembelian.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)Gambarankeadaanatributprodukiklantelevisidankeputusanpembelian(2)Pengaruhatributproduktehadapkeputusanpembelian(3)Pengaruhiklantelevisiterhadapkeputusanpembelian(4)variabelyangpalingdominanterhadapkeputusanpembelian.DalampenelitianiniteknikpengambilansampelyangdigunakanadalahPurposiveSamplingyaitumenentukansampelberdasarkankriteriatertentudimanajumlahsampelyangdiambilsebanyak100orangkonsumen.SkalayangdigunakanadalahSkalaLikertdengan5(lima)opsipilihanjawaban.Untukmengujikelayakaninstrumendigunakanujivaliditasdanreliabilitas.Pengumpulandatadalampenelitianinimenggunakankuisionerdandokumentasi.PenelitianinimenggunakanteknikanalisisdeskriptifdananalisisregresilinearbergandadenganmenggunakanbantuanSPSS17.00Versionforwindows.Berdasarkanpenelitianinidapatdisimpulkanbahwa(1)yangmeliputi(a).RespondenmenyatakankondisiatributproduksabunLuxsesuaidengankeinginankonsumen(b)RespondenmenyatakaniklantelevisisabunLuxmenarikperhatian(c)RespondenmenyatakankeputusanpembeliansabunLuxdipengaruhiolehatributprodukdaniklantelevisi(2)Terdapatpengaruhpadaatributprodukterhadapkeputusanpembelian(3)Terdapatpengaruhpadaiklantelevisiterhadapkeputusanpembelian(4)Variabelatributprodukmemberipengaruhdominanterhadapkeputusanpembelian.Hasildaripenelitianinidapatdisarankankepadapihakperusahaan(1)SebaiknyapihakperusahaanterusberinovasidalammengembangkanvariansabunLuxsehinggamenjadiyangterdepandalamprodukpersonalcareuntukwanita(2)pihakperusahaanharuslebihmendalamiiklantelevisiagarpesanyangdisampaikansabunLuxdapatditerimadenganbaikdandapatmenarikperhatiankonsumen.Dankepadapenelitiselanjutnyasebaiknyamelakukanpenelitianterhadapfaktor-faktorlainyangjugadapatmempengaruhiperilakukonsumendalampengambilankeputusanpembelian.