Pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan jasa (Studi pada konsumen larissa skin care and hair treatment cab. Malang) / Nur Azmil Mufiddah

Main Author: Mufiddah, Nur Azmil
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/31221/
Daftar Isi:
  • KatakunciBauranPemasaranJasaKeputusanKonsumenKeberhasilansuatuperusahaanditentukanolehkemampuanmanajemenperusahaandalammemanfaatkanpeluangyangterdapatdimasyarakatdanmengelolabauranpemasaranyangada.Bauranpemasaranmerupakanalatbagipemasaryangterdiriatasberbagaiunsursuatuprogrampemasaranyangperludipertimbangkanagarimplementasistrategipemasarandanpositioningyangditetapkandapatberjalansukses.Bauranpemasaranjasadalambidangjasamemiliki7unsuryaituprodukhargapromosilokasipelayananpartisipan/orangpendukungfisikdanproses.Tujuandaripenelitianiniadalah(1)untukmengetahuideskripsibauranpemasaranjasa(2)untukmengetahuipengaruhbauranpemasaranjasaterhadapkeputusankonsumendalammenggunakanjasasecaraparsial(3)Untukmengetahuipengaruhbauranpemasaranjasaterhadapkeputusankonsumendalammenggunakanjasasecarasimultan(4)Untukmengetahuivariabelbauranpemasaranjasayangterdiridariprodukhargapromosilokasipelayananpartisipan/orangpendukungfisikdanprosesyangberpengaruhdominanterhadapkeputusankonsumendalammenggunakanjasaLarissaSkinCareandHairTreatmentcabangMalang.Variabeldalampenelitianinimeliputivariabelbebas(X)yaitubauranpemasaranjasayangterdiridariproduk(X1)harga(X2)promosi(X3)lokasipelayanan(X4)partisipan/orang(X5)pendukungfisik(X6)danproses(X7)sedangkanvariabelterikat(Y)adalahkeputusankonsumendalammenggunakanjasa.PopulasidalampenelitianiniyaitupenggunajasadiLarissaSkinCareandHaitTreatment.Penentuansampelmenggunakanrumusinfinitepopulationdenganmenggunakan9455%sehinggadiperolehsampelsebanyak100orang.Tekniksamplingdalampenelitianinimenggunakanaccidentalsamplinguntukmenyebarkankuesionerkepadaresponden.KuesionerdalampenelitianinitermasukdalamkuesionertertutupmenggunakanSkalaLikert5pilihanjawaban.Analisisdatamenggunakanregresilinearbergandadenganujiasumsiklasik.Berdasarkanhasilanalisisdeskriptifdapatdiketahui(1)96responden(32%)menyatakansetujuterhadapproduk(2)151responden(5033%)menyatakancukupsetujuterhadapharga(3)setuju115responden(575%)menyatakansetujuterhadappromosi(4)179responden(5967%)menyatakansetujuterhadaplokasipelayanan(5)236responden(59%)menyatakansetujuterhadaporang(6)267responden(6675%)menyatakansetujuterhadappendukungfisik(7)183responden(61%)menyatakansetujuterhadapproses(8)276responden(69%)menyatakansetujuterhadapkeputusankonsumendalammenggunakanjasa.Berdasarkanperhitungandarihasilanalisisregresidapatdiketahuibahwa(1)nilaithitungvariabelproduksebesar2176danttabelsebesar1984sertasig.tsebesar0032.Jadipadapenelitianinithitungttabeldengansig.talpha(0032005)yangberartiHa1diterima(2)nilaithitungvariabelhargasebesar3949danttabelsebesar1984sertasig.tsebesar0000.Jadipadapenelitianinithitungttabeldengansig.talpha(0000005)yangberartiHa1diterima(3)nilaithitungsebesar2505danttabelsebesar1984sertasig.tsebesar0014.Jadipadapenelitianinithitungttabeldengansig.talpha(0014005)yangberartiHa1diterima(4)nilaithitungvariabellokasisebesar4946danttabelsebesar1984sertasig.tsebesar0000.Jadipadapenelitianinithitungttabeldengansig.talpha(0000005)yangberartiHa1diterima(5)nilaithitungvariabelpendukungfisiksebesar3326danttabelsebesar1984sertasig.tsebesar0001.Jadipadapenelitianinithitungttabeldengansig.talpha(0001005)yangberartiHa1diterima(6)nilaithitungvariabelorangsebesar2514danttabelsebesar1984sertasig.tsebesar0014.Jadipadapenelitianinithitungttabeldengansig.talpha(0014005)yangberartiHa1diterima(7)nilaithitungvariabelprosessebesar4717danttabelsebesar1984sertasig.tsebesar0000.Jadipadapenelitianinithitungttabeldengansig.talpha(0000005)yangberartiHa1diterima.(8)SumbanganEfektif(SE)masing-masingsubvariabelX1488%X21451%X3640%X42097%X5645%X61075%X71944%dandengandemikiandapatdilihatbahwaSEdarisubvariabellokasi(X4)adalahyangterbesar.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwa(1)kondisibauranpemasaranjasapadakonsumenLarissaSkinCareandHairTreatmentcabangMalangsudahbaikdankeputusandalammenggunakanjasayangdilakukanolehkonsumenLarissaSkinCareandHairTreatmentcabangMalangcukuptinggi(2)terdapatpengaruhpositifdansignifikanbauranpemasaranjasasecaraparsialkeputusankonsumendalammenggunakanjasapadaLarissaSkinCareandHairTreatmentcabangMalang(3)terdapatpengaruhpositifdansignifikanbauranpemasaranjasasecarasimultankeputusankonsumendalammenggunakanjasapadaLarissaSkinCareandHairTreatmentcabangMalang(4)lokasiadalahvariabelbauranpemasaranjasayangmempunyaipengaruhpalingdominanterhadapkeputusankonsumendalammenggunakanjasapadaLarissaSkinCareandHairTreatmentcabangMalang.Saranyangdapatdirekomendasikanterkaitdenganhasilpenelitianiniyaitu(1)untukLarissaSkinCareandHairTreatmentcabangMalanghendaknyamemperbaikipelaksanaanbauranpemasaranjasayangadasertalebihmeningkatkankegiatanpromosimelaluiberbagaimediauntukmeningkatkanvolumepenjualanperusahaan(2)untukpenelitiyangtertarikuntukmelanjutkanpenelitianiniyaituuntukmencobamelakukanpenelitiandenganvariabelbebaslainagarnantinyahasilpenelitianyangdiperolehdapatdijadikansebagaiperbandinganbagaimanapengaruhvariabellaindiluarvariabelbauranpemasaranjasaterhadapkeputusankonsumendalammenggunakanjasa.