Pengaruh kesadaran merek, asosiasi merek, dan persepsi kualitas terhadap niat pembelian teh botol Sosro (studi pada mahasiswa S1 Manajemen angkatan 2010 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Maya Nur Farida
Main Author: | Farida, Maya Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/31137/ |
Daftar Isi:
- KataKunciKesadaranMerekAsosiasiMerekPersepsiKualitasNiatPembelianDalamperkembangannyamerekmemilikikekuatanyangbesaruntukmenarikresponpositifdarikonsumen.Kemampuansebuahmerekuntukmempengaruhibenakkonsumensangatlahbesar.Sebuahmerekyangtelahmelekatdibenakkonsumenakanselaludiingatseakan-akanmerekinimengisihidupkonsumen.Merekyangtelahdipercayadengansepenuhhatidanmenjaditujuanakhirpembelianketikabanyakhaldisekitarkonsumenyangtelahberubah.Merekyangmelekatpadasebuahprodukakanmemberikesanyangtersendiridanmemberikankeunggulanyangpenting.Orangmembedakansatuprodukdenganproduklainnyamelaluimerekyangtelahmelekatpadaproduk.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuideskripsikeadaankesadaranmerekasosiasimerekpersepsikualitasdanniatpembelianTehBotolSosropadamahasiswaS1ManajemenAngkatan2010FakultasEkonomiUniversitasNegeriMalangdanmengetahuipengaruhkesadaranmerekasosiasimerekdanpersepsikualitassecaraparsialmaupunsimultanterhadapniatpembelian.Penelitianinimenggunakanempatvariabelyaituvariabelbebas(X)danvariabelterikat(Y).Variabelbebasterdiridarikesadaranmerek(X1)asosiasimerek(X2)danpersepsikualitas(X3).Sedangkanvariabelterikatnya(Y)adalahniatpembelian.PopulasiberasaldarimahasiswaS1ManajemenAngkatan2010FakultasEkonomiUniversitasNegeriMalangyangtelahmelakukanregistrasipada2011danmemilikiniatpembeliandenganjumlahsampelsebanyak100orang.Sampeldipilihmenggunakansimplerandomsamplingdanmenggunakaninstrumenberupakuisioner.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahteknikanalisisregresilinearberganda.DarihasilpenelitiandapatdiketahuiadapengaruhpositifdansignifikankesadaranmerekterhadapniatpembelianasosiasimerekterhadapniatpembelianpersepsikualitasterhadapniatpembeliandankesadaranmerekasosiasimerekpersepsikualitassecarasimultanterhadapniatpembelianTehBotolSosro.KesimpulaninidiperolehdarihasilpositifdansignifikanyangditunjukkanmelaluihasilanalisisdatamenggunakanSPSS17.0.KesimpulanlainyangbisadiambiladalahkesadaranmerekasosiasimerekdanpersepsikualitasmemilikipengaruhyangtinggiterhadapniatpembelianyangdilakukankonsumenterbuktidarinilaiRsquareyangmencapai0788atau788%.