Pengaruh kesadaran merek, asosiasi merek, dan persepsi kualitas terhadap niat pembelian teh botol Sosro (studi pada mahasiswa S1 Manajemen angkatan 2010 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Maya Nur Farida

Main Author: Farida, Maya Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/31137/
Daftar Isi:
  • KataKunciKesadaranMerekAsosiasiMerekPersepsiKualitasNiatPembelianDalamperkembangannyamerekmemilikikekuatanyangbesaruntukmenarikresponpositifdarikonsumen.Kemampuansebuahmerekuntukmempengaruhibenakkonsumensangatlahbesar.Sebuahmerekyangtelahmelekatdibenakkonsumenakanselaludiingatseakan-akanmerekinimengisihidupkonsumen.Merekyangtelahdipercayadengansepenuhhatidanmenjaditujuanakhirpembelianketikabanyakhaldisekitarkonsumenyangtelahberubah.Merekyangmelekatpadasebuahprodukakanmemberikesanyangtersendiridanmemberikankeunggulanyangpenting.Orangmembedakansatuprodukdenganproduklainnyamelaluimerekyangtelahmelekatpadaproduk.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuideskripsikeadaankesadaranmerekasosiasimerekpersepsikualitasdanniatpembelianTehBotolSosropadamahasiswaS1ManajemenAngkatan2010FakultasEkonomiUniversitasNegeriMalangdanmengetahuipengaruhkesadaranmerekasosiasimerekdanpersepsikualitassecaraparsialmaupunsimultanterhadapniatpembelian.Penelitianinimenggunakanempatvariabelyaituvariabelbebas(X)danvariabelterikat(Y).Variabelbebasterdiridarikesadaranmerek(X1)asosiasimerek(X2)danpersepsikualitas(X3).Sedangkanvariabelterikatnya(Y)adalahniatpembelian.PopulasiberasaldarimahasiswaS1ManajemenAngkatan2010FakultasEkonomiUniversitasNegeriMalangyangtelahmelakukanregistrasipada2011danmemilikiniatpembeliandenganjumlahsampelsebanyak100orang.Sampeldipilihmenggunakansimplerandomsamplingdanmenggunakaninstrumenberupakuisioner.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahteknikanalisisregresilinearberganda.DarihasilpenelitiandapatdiketahuiadapengaruhpositifdansignifikankesadaranmerekterhadapniatpembelianasosiasimerekterhadapniatpembelianpersepsikualitasterhadapniatpembeliandankesadaranmerekasosiasimerekpersepsikualitassecarasimultanterhadapniatpembelianTehBotolSosro.KesimpulaninidiperolehdarihasilpositifdansignifikanyangditunjukkanmelaluihasilanalisisdatamenggunakanSPSS17.0.KesimpulanlainyangbisadiambiladalahkesadaranmerekasosiasimerekdanpersepsikualitasmemilikipengaruhyangtinggiterhadapniatpembelianyangdilakukankonsumenterbuktidarinilaiRsquareyangmencapai0788atau788%.