Pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan pembelian laptop acer (Studi pada mahasiswa pengguna laptop acer di Universitas Negeri Malang) / Fitria Wulandari
Main Author: | Wulandari, Fitria |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/31110/ |
Daftar Isi:
- KatakunciFaktorPsikologisKeputusanPembelianPerkembanganusahabisnisdalameraglobalisasisaatinisemakinpesatditandaidengantingkatpersainganantarperusahaanyangsangattinggi.LaptopmerupakansalahsatuprodukelektronikyangmengalamikemajuandansudahdikenalsangatluasdiIndonesiadandiduniadansalahsatumereklaptopyangpalingdiminatisaatiniyaitulaptopAcer.Untukmenentukanpilihanbiasanyakonsumenakanmembuatsuatukeputusanpembeliandimanakeputusanyangseringdiambiladalahkeputusantentangjenisprodukyangakandibelimerekapayangakandibeliberapaharganyasertabagaimanakualitasnya.Faktorpsikologisadalahsalahsatufaktoryangtimbuldaridalamdirikonsumenyangsangatmempengaruhikeputusanpembelian.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhfaktorpsikologisterhadapkeputusanpembeliankonsumendalammembelilaptopAcerdiUniversitasNegeriMalangbaiksecaraparsialmaupunsimultan.Penelitianinimempunyaiduavariabelyaituvariabelbebas(X)danvariabelterikat(Y).Variabelbebas(X)yangterdiridarimotivasi(X1)persepsi(X2)pembelajaran(X3)dansikap(X4)sedangkanvariabelterikatnya(Y)adalahkeputusanpembelian.JenispenelitianiniadalahDeskriptifKorelasional.PopulasiyangdiambiladalahmahasiswapenggunalaptopAcerdiUniversitasNegeriMalang.TeknikpengambilansampelmenggunakanteknikAccidentalSamplingdiperolehsampelsejumlah140responden.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa(1)FaktorpsikologiskonsumententanglaptopAcercukuptinggidankeputusanpembeliankonsumenterhadaplaptopAcertergolongtinggi.(2)FaktorpsikologisyangterdiridarimotivasipersepsipembelajarandansikapsecaraparsialmemilikipengaruhyangsignifikanterhadapkeputusanpembelianlaptopAcerdiUniversitasNegeriMalang.(3)FaktorpsikologisyangterdiridarimotivasipersepsipembelajarandansikapsecarasimultanmemilikipengaruhyangsignifikanterhadapkeputusanpembelianlaptopAcerdiUniversitasNegeriMalang.(4)Variabelyangmemilikipengaruhpalingdominanadalahvariabelpembelajaran.Saranyangdirekomendasikanterkaithasilpenelitianadalah(1)PerusahaanAcerharustetapmenampilkankelebihandankelemahanlaptopAcersecaradetaildanmenyediakanspesifikasilaptopAcersecaralengkapdisitusmaupunmajalah-majalahelektronikyangada.(2)PerusahaanAcerharusmenghadirkanlaptopdenganfiturelengkaptetapidenganhargayangrelativeterjangkaudanmemilikiketahananbateraiyangbaik.(3)Konsumenharuslebihselektifdalammemilihlaptoptidakhanyamelihatfitureyanglengkapdenganhargaterjangkautetapijugadiperhatikankomponen-komponenyangadadalamlaptoptersebutagarlaptopyangdipilihnantinyatidakmengecewakandansesuaidengankeinginankonsumen.