Pengaruh lokasi toko dan kualitas layanan terhadap loyalitas konsumen Indomaret (studi pada konsumen Indomaret CV Panen Rizki Jl. Veteran 76 Blitar) / Citra Diyahayudya

Main Author: Diyahayudya, Citra
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/31103/
Daftar Isi:
  • KataKunciLokasiTokoKualitasLayanandanLoyalitasKonsumen.BisnisRitelsepertiIndomaretmerupakanbisnisyangmenguntungkan.IndomaretsudahcukupterkenaldikalanganmasyarakatterbuktidenganbanyaknyakonsumenyangmemilihberbelanjadiIndomaret.SemakinketatnyapersaingandalammenjalankanbisnisritelhalinimembuatPT.IndomarcoPrismatamaharusmempunyaistrategilainuntukmeningkatkanjumlahkonsumenyangloyal.KonsumenyangloyalpadaIndomaretmerekatidakakanpindahpadatokoritellain.Denganadanyalokasitokoyangstrategisdanmudahdijangkausertakualitaslayananyangcukupbaikakanmembuatkonsumenmejadiloyal.SehinggamembuatkonsumentetapberbelanjadiIndomaret.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuideskripsikeadaanlokasitokokualitaslayanandanloyalitaskonsumenIndomaretCV.PanenRizkiBlitardanmengetahuipengaruhvariabellokasitokodankualitaslayananterhadaployalitaskonsumen.Penelitianinimempunyaitigavariabelyaituvariabelbebas(X)danvariabelterikat(Y).Variabelbebasterdiridarilokasitoko(X1)dankualitaslayanan(X2)sedangkanvariabelterikatnya(Y)yaituloyalitaskonsumenIndomaret.PopulasidalampenelitianiniadalahkonsumenyangpernahatauberbelanjalebihdarisatukalidiIndomaretdenganjumlahsampeladalah100responden.Sampeldiambildenganmenggunakanteknikincidentalsamplingdanmenggunakaninstrumenberupakuesioner.Sedangkanteknikanalisisdatadalampenelitianiniadalahteknikanalisisregresilinearberganda.Hasilpenelitianinimenyimpulkanbahwa(1)adapengaruhpositifdansignifikanlokasitokoterhadaployalitaskonsumenIndomaretdengannilaiB0500thitung7960dengansignifikansinya0000(2)adapengaruhpositifdansignifikankualitaslayananterhadaployalitaskonsumenIndomaretdengannilaiB0522thitung8316dengansignifikansinya0000.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwalokasitokodankualitaslayanandapatmempengaruhiloyalitaskonsumenIndomaretCV.PanenRizkiBlitarsebesar63%sedangkansisanya37%dipengaruhivariabellaindiluarpenelitianini.DanvariabelyangberpengaruhdominandalamloyalitaskonsumendiIndomaretadalahvariabelkualitaslayanandengannilaibeta0522.