Pengaruh bauran eceran (retail mix) terhadap citra toko (studi pada konsumen Carrefour Market Malang) / Yohanes Setiawan
Main Author: | Setiawan, Yohanes |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/31078/ |
Daftar Isi:
- KataKunciBauranEceranCitraTokoKemajuandibidangperekonomianselamainitelahbanyakmembawaakibatperkembanganyangcukuppesatdalambidangusaharitel.Halinimenimbulkanpersaingandiantaraperusahaanritel.Agarsuatuperusahaandapatterusdanmemenangkanpersainganperusahaandituntutuntukmengadakanperbaikandanpeningkatandibidangpemasaran.Halyangsangatperludilakukanolehseorangperiteladalahbagaimanaperiteltersebutharusbisamenciptakanstrategipemasaranagardapatmenarikperhatianpelanggandanmenciptakancitratokoyangbaikdarikonsumendengancaramelaksanakanbauranecerandenganbaik.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahui(1)Gambaranbauraneceran(lokasimerchandisepricingpromosiatmosferdalamgerairetailservice)dancitratokopadaCarrefourMarket(2)Pengaruhbauraneceran(lokasimerchandisepricingpromosiatmosferdalamgerairetailservice)secaraparsialterhadapcitratokopadaCarrefourMarket(3)Pengaruhbauraneceran(lokasimerchandisepricingpromosiatmosferdalamgerairetailservice)secarasimultanterhadapcitratokopadaCarrefourMarket(4)Variabelyangberpenganruhdominandaribauraneceran(lokasimerchandisepricingpromosiatmosferdalamgerairetailservice)terhadapcitratokopadaCarrefourMarket.Variabelbebasyangdigunakandalampenelitianiniadalahbauranecerandengansubvariabellokasimerchandisepricingpromosiatmosferdalamgerairetailservice.Sedangkanvariabelterikatadalahcitratoko.PenelitianinidilakukandiCarrefourMarketMalangpadaJanuari2011.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahrancangandeskriptifkorelasional.AnalisisdatapenelitianyangdipakaiadalahanalisisregresilinierbergandadenganujitdanujiFdalammengujihipotesisnya.Datapenelitiandijaringdenganmemberikankuesionerkepada174respondenyaitukonsemendariCarrefourMarketMalang.Hasilanalisisdatamenunjukkanbahwabauraneceran(lokasimerchandisepricingpromosiatmosferdalamgerairetailservice)berpengaruhsecarasimultanterhadapcitratoko.DapatdilihatdaribesarnyaFhitung30.755dantingkatsignifikansinyaadalah0.0000.05.Hasilpenelitianjugamenunjukkanbahwaadanyapengaruhsecaraparsialdarimasing-masingsubvariabelbauraneceranterhadapcitratoko.Variabellokasibesarnya(b1)0.229thitung4.4711.96dengansignifikansi9450.05.Variabelmerchandisebesarnya(b2)0.190thitung2.5701.96dengansignifikansi9450.05.Variabelpricingbesarnya(b3)0.217thitung2.1231.96dengansignifikansi9450.05.Variabelpromosibesarnya(b4)0.081thitung2.5261.96dengansignifikansi9450.05.Variabelatmosferdalamgeraibesarnya(b5)0.118thitung2.3171.96dengansignifikansi9450.05.Variabelretailservicebesarnya(b6)0.195thitung3.0791.96dengansignifikansi9450.05.Darihasilyangdidapatkandalampenelitiankeberlakuanteoritentangpengaruhbauraneceranterhadapcitratokosudahterpenuhinamunhasilnyabelummaksimal.DalampenelitianinipenulismenyarankanagarCarrefourMarketMalanglebihmemperjelasinformasitentangpromoyangdiberikanmeningkatkanpromosisupayatidakkalahbersaingdenganpesainglainnya.Karyawanlebihmemperhatikanpenampilanbersikapsopandanramahagarkonsumennyaman.PenelitiberharapagarcitratokoyangbaikdiCarrefourMarketMalangjugaakanterusmeningkat.