Pengaruh faktor internal terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan galon merek Aqua pada konsumen di wilayah RW 11 Kelurahan Tulusrejo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Rizki Maulina
Main Author: | Maulina, Rizki |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/31028/ |
Daftar Isi:
- Katakuncifaktorinternalkeputusanpembelian.Perkembanganzamantelahmenuntunbergulirnyaeraglobalisasi.Duniapersaingansaatinibanyakprodusenterusberupayauntukberinovasidalampengembanganproduknya.SalahsatumerekairmiunumkemasanyangtermukadiIndonesiaadalahmerekAQUAyangdiproduksiolehPTTirtaInvestama.AQUAmerupakanpeloporairminumdalamkemasan(AMDK)diIndonesia.PersainganyangkianketatdiantaraprodusenairminumdalamkemasanmereksejenismenuntutAQUAuntukmenganalisisperilakukeputusanpembeliankonsumen.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengetahui(1)kondisifaktorinternalkonsumendalampembelianairminumdalamkemasangalonmerekAQUA(2)kondisiproseskeputusankonsumendalampembelianairminumdalamkemasangalonmerekAQUA(3)pengaruhfaktorinternalsecaraparsialterhadapkeputusankonsumendalampembelianairminumdalamkemasangalonmerekAQUA(4)pengaruhfaktorinternalsecarasimultanterhadapkeputusankonsumendalampembelianairminumdalamkemasangalonmerekAQUA(5)sertauntukmengetahuielemenfaktorinternalyangdominanmempengaruhikeputusanpembelianairminumdalamkemasangalonmerekAQUA.Variabelbebasdalampenelitianiniterdiridarimotivasi(X1)persepsi(X2)pembelajaran(X3)kepribadiandankonsepdiri(X4)sikap(X5)sertavariabelterikatnyaadalahkeputusanpembelian(Y).Jenisdaripenelitianiniadalahdeskriptifkorelasional.PopulasidalampenelitianiniadalahkepalakeluargadiRW11KelurahanTulusrejoKecamatanLowokwaruKotaMalangberjumlah127kepalakeluarga(rumah).PenentuansampelmenggunakanrumusSlovinsehinggadiperolehsampelsebanyak56kepalakeluarga(rumah).Tekniksamplingdalampenelitianinimenggunakan(simplerandomsampling)untukmenyebarkankuesionerkepadaresponden.KuesionerdalampenelitianinitermasukdalamkuesionertertutupmenggunakanskalaLikert5pilihanjawaban.Analisisdatamenggunakanregresilinearbergandadenganujiasumsiklasik.HasildalampenelitianiniadalahTerdapatpengaruhmotivasi(X1)persepsi(X2)pembelajaran(X3)kepribadiandankonsepdiri(X4)sikap(X5)secarasimultanterhadapkeputusanpembelianairminumdalamkemasangalonmerekAQUAberdasarkannilaiFhitungsebesar14530dengantingkatsignifikansi0.000.Subvariabeldarifaktorinternalyangdominanberpengaruhterhadapkeputusanpembelianadalahpembelajarandengannilaisumbanganefektifsebesar162%.SelainitudiketahuipulaAdjustedRSquaresebesar0552iniberartibahwavariabelmotivasipersepsipembelajarankepribadiandankonsepdirisikapsecarabersama-samamempengaruhikeputusanpembelianairminumdalamkemasangalonmerekAQUAsebesar552%sedangkansisanyasebesar448%dijelaskanolehvariabellainyangtidakdijelaskandalampenelitianini.Berdasarkanpenelitianinidapatdisimpulkanbahwa(1)rata-ratasebagianrespondenmemilikimotivasipersepsipembelajarankepribadiandankonsepdirisikapsudahbaikterhadapkeputusanpembelianairminumdalamkemasangalonmerekAQUA(2)motivasitidakberpengaruhsecarapositifyangsignifikanterhadapkeputusanpembelianairminumdalamkemasangalonmerekAQUA(3)persepsitidakberpengaruhsecarapositifyangsignifikanterhadapkeputusanpembelianairminumdalamkemasangalonmerekAQUA(4)pembelajaranberpengaruhsecarapositifyangsignifikanterhadapkeputusanpembelianairminumdalamkemasangalonmerekAQUA(5)kepribadiandankonsepdiriberpengaruhsecarapositifyangsignifikanterhadapkeputusanpembelianairminumdalamkemasangalonmerekAQUA(6)sikapberpengaruhsecarapositifyangsignifikanterhadapkeputusanpembelianairminumdalamkemasangalonmerekAQUA(7)faktorinternalsecarasimultanmempunyaipengaruhpositifyangsignifikanterhadapkeputusanpembelianairminumdalamkemasangalonmerekAQUAdan(8)variabelfaktorinternalyangdominanberpengaruhterhadapkeputusanpembelianadalahpembelajaran.Sarandalampenelitianiniadalah(1)konsumenairminumdalamkemasangalonmerekAQUAbanyaktersebardiseluruhIndonesiaharusbisamempertahankankualitasproduknya.(2)ProdusenAQUAharustetapmenjagafaktorinternalyangtelahdimilikikonsumennyatermasukdiwilayahRW11KelurahanTulusrejoKecamatanLowokwaruKotaMalangagarkeputusanpembeliantetapterjagasehinggameminimalkankemungkinankonsumenberpindahkemereklain.(3)Untukpenelitianselanjutnyaobjekpenelitiandiambillebihbaikagardatapenelitianyangdiperolehlebihvaliddanruanglingkupnyalebihluas.(4)Untukpenelitianselanjutnyajumlahvariabelditambahselainvariabeldalampenelitianinidanmemperbaikikekurangan-kekuranganyangadadalampenelitianini.