Pengaruh iklan melalui media televisi terhadap proses keputusan pembelian konsumen dalam membeli sepeda motor Yamaha (studi kasus pada dealer Armada Motor Tulungagung) / Guritna Adi Nugraha
Main Author: | Nugraha, Guritna Adi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/30977/ |
Daftar Isi:
- KatakunciIklanmediatelevisikeputusanpembeliansepedamotorYamahaIklanmerupakansalahsatualatpromosiyangbisamempengaruhikonsumenuntukmelakukantindakanpembelian.Iklandianggapsebagaisuatumediapromosiyangefektifdanefisiendalammenjaringkonsumenataupunmenyampaikanproduk.Dalamkenyataankehidupansehari-hariiklanselalukitajumpaisetiapsaatbaikmelaluimediaelektronikmaupunmediacetak.Sampaisekarangiklanmenjadialatpromosiyangmasihdigunakandanselaludikembang-kanolehperusahaansesuaidengankebutuhanataukeinginankonsumen.Televisimerupakansalahsatumediaperiklanan.Iklanmelaluimediatelevisidapatmenjangkaukonsumendalamwilayahluasdanjumlahyangbesarpadawaktuyangbersamaan.Iklansangatdibutuhkansebagaiwahanapublikasidansosialisasisebuahproduksehinggaiklandapatmempengaruhikonsumendalamkeputusanpembelian.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhiklanmelaluimediatelevisiterhadapproseskeputusankonsumendalammembelisepedamotorYamaha.VariabelyangdiangkatdalampenelitianinimeliputiiklanmelaluimediaTelevisisebagaivariabelbebas(X)terdiridariisipesan(X1)strukturpesan(X2)formatpesan(X3)dansumberpesan(X4).Sedangkanvariabelterikatnya(Y)adalahproseskeputusanpembeliankonsumen.RespodendalampenelitianiniadalahkonsumenpadadealerArmadaMotorTulungagung.Penelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkorelasionaldatayangdiperolehmenggunakanteknikkuisionertertutup.Jumlahpopulasisebanyak1853orangdenganpengambilansampelsebanyak100responden.AnalisisdatadilakukandenganbantuanSPSSForWindowsVersi15.0.Setelahmelaluiprosespengolahandatadananalisisdataregresidapatdiketahuisecaraparsialyaitu(1)nilai6153810206nilait2339dansignifikansit0021membuktikanbahwapengaruhvariabelisipesanterhadapvariabelkeputusanpembeliansignifikanatauditerima(2)nilai6153820223nilait3049dansignifikansit0003membuktikanbahwapengaruhvariabelstrukturpesanterhadapvariabelproseskeputusanpembeliansignifikanatauditerima(3)nilai6153830451nilait3686dansignifikansit0000membuktikanbahwavariabelformatpesanterhadapvariabelproseskeputusanpembeliansignifikanatauditerima(4)nilai6153840531nilait4012dansignifikansit0000membuktikanbahwavariabelsumberpesanterhadapvariabelproseskeputusanpembeliankonsumensignifikanatauditerima.SelainitudigunakanperbandingannilaithitungvariabeliklanmediatelevisidengannilaittabelyaitunilaithitungX1(2339)X2(3049)X33686)X4(4012)dannilaittabel(199).Dariperbandingantersebutnilaithitunglebihbesardarinilaittabelmakasecaraparsialiklanmediatelevisimempunyaipengaruhterhadapproseskeputusanpembeliankonsumen.SedangkannilaiFhitungyangdiperolehdigunakanuntukmelihatpengaruhvariabelbebas(X)iklanmediatelevisiyangterdiridariisipesanstrukturpesanformatpesandansumberpesanterhadapvariabelterikat(Y)yaituproseskeputusanpembeliankonsumensecarasimultan.NilaiFhitungyangdiperolehyaitusebesar37602dengansignifikansi0000.SejalandenganhalinijugadigunakanperbandingannilaiFhitungdengannilaiFtabelyaitunilaiFhitung(37602)dannilaiFtabel(2467).KarenanilaiFhitunglebihbesardarinilaiFtabelmakasecarasimultaniklanmediatelevisimempunyaipengaruhterhadapproseskeputusanpembeliankonsumen.Berdasarkanhasilpenelitiandiatasmakadapatditarikkesimpulanbahwahipotesisyangdiajukandalampenelitianiniadapengaruhpositifyangsignifikanantaraisipesan(X1)strukturpesan(X2)formatpesan(X3)dansumberpesan(X4)baiksecaraparsialmaupunsecarasimultanterhadapkeputusanpembeliankonsumenpadadealerArmadaMotorTulungagungtelahterbukti.Berdasarkanhasilpenelitianinipenelitimemberikanbeberapasaranyangdapatdijadikanpertimbangan.PertamaSumberpesanyangsudahbaikharusdipertahankanuntukdapatmenarikminatcalonkonsumendanmempengaruhiproseskeputusanpembeliankonsumen.KeduaSeiringdengansemakinpintarnyamasyarakatsebaiknyadalammembuatiklanlebihdiperhatikanstrukturpesandanisipesan.Penyampaianmasihkurangbagicalonkonsumendankonsumen.Selainitupenyampaianiklanjanganterlaluberlebihan.KetigaBagikonsumenagarlebihhati-hatidanjanganmudahterpengaruhakanadanyatayanganiklanditelevisisebabtidakselamanyatayanganiklanitubaikadajugayangmenyesatkan.Sehinggakonsumentidakmenjadikecewadantertipu.Keempatuntukpenelitianyangakandatangagartidakhanyamenelitipengaruhiklanakantetapijugaperluditelitibauranpromosiyanglainnyasepertipersonalsellingsalespromotiondanpublicrelationkarenafaktor-faktortersebutjugamempengaruikeputusanpembeliankonsumen.