Pengaruh brand trust terhadap brand loyalty telepon seluler Nokia (Studi pada pengguna telepon seluler nokia di Kelurahan Sumbersari Malang) / Juwita Nawang Sari

Main Author: Sari, Juwita Nawang
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/30943/
Daftar Isi:
  • KatakunciBrandTrustBrandLoyaltyMempertahankanpelangganbukanhalyangmudahbagiperusahaankarenapesaingmemberikanrangsangan-rangsangankepadakonsumenagarberalihkeprodukpesaing.Selainituselerakonsumenmudahberubahjikaperusahaantidakmampuuntukmemenuhinyadenganmudahkonsumenakanberpindahkeproduklain.Kunciutamanyaadalahdenganmembangunkepercayaanpadamerek.KepercayaanyangtinggidarikonsumenterhadapteleponselulerNokiaakanmenciptakanloyalitaspelangganpadateleponselulerNokia.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuideskripsikeadaanbrandtrustdanbrandloyaltypenggunateleponselulerNokiadiKelurahanSumbersariMalangdanmengetahuipengaruhvariabelbrandtrust(brandreliabilitydanbrandintentions)secaraparsialmaupunsimultanterhadapbrandloyalty.Penelitianinimempunyaiduavariabelyaituvariabelbebas(X)danvariabelterikat(Y).Variabelbebas(X)terdiridarisubvariabelyaitubrandreliability(X1)danbrandintentions(X2)sedangkanvariabelterikatnya(Y)yaitubrandloyalty.PopulasidalampenelitianiniadalahwargakelurahanSumbersariMalangyangmenggunakanteleponselulerNokiadenganjumlahsampeladalah100responden.SampeldiambildenganmenggunakanteknikAccidentalRandomSamplingdanmenggunakaninstrumentberupakuesioner.Sedangkanteknikanalisisdatadalampenelitianiniadalahteknikanalisisregresilinearberganda.Hasilpenelitianinimenyimpulkanbahwa(1)adapengaruhpositifdansignifikanbrandreliabilitysecaraparsialterhadapbrandloyaltyteleponselulerNokiadengannilaiB0445thitung3747dengansignifikansinya0000(2)adapengaruhpositifdansignifikanbrandintentionssecaraparsialterhadapbrandloyaltyteleponselulerNokiadengannilaiB0272thitung2325dengansignifikansinya0022(3)Adapengaruhpositifdansignifikanantarabrandtrust(brandreliabilitydanbrandintentions)secarasimultanterhadapbrandloyaltyteleponselulerNokiadengannilaiFhitung24565signifikansiF0000R0580RSquare0336AdjustedRSquare0323.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwaBrandTrust(kepercayaanmerek)dapatmempengaruhiBrandLoyaltybaiksecaraparsialmaupunsimultan.BrandreliabilitydanbrandintentionsmempengaruhirandloyaltyteleponselulerNokiapadapenggunateleponselulerNokiadiKelurahanSumbersariMalangsebesar323%sedangkansisanya677%dipengaruhifaktor-faktorlaindiluarpenelitian.