Analisis perbedaan dan pengaruh profit margin terhadap market value: penerapan metode arus biaya persediaan fifo dan rata-rata tertimbang (studi kasus pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Egek Indonesia tahun 2007-2009) / Laibatul Maf'ula
Main Author: | Maf'ula, Laibatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/30878/ |
Daftar Isi:
- KatakunciProfitMarginMarketValueMetodeArusBiayaPersediaanFIFOdanRata-rataTertimbang.Tujuanutamaperusahaanadalahmencapaiprofityangoptimaldalammemaksimumkankemakmuranpemegangsahamdanmenjagakelangsunganhidupperusahaansertauntukmengembangkanusahanya.Didalampencapaiantujuanperusahaanadabeberapacarayangdapatditempuh.Sehinggaperusahaanmampumendapatkanlabayangmeningkatdanpeningkatanlabatersebutmemberiindikasikenaikannilaiperusahaanyangtercermindalammarketvalueperusahaan.Berdasarkaninformasitersebutinvestorakanmenentukanposisitawarnyatentangnilaisahamperusahaan.Untukmemenuhikeinginanparainvestordalamkaitannyadenganmarketvalueperusahaanmemilihmetodearusbiayapersediaansehinggadalammemilihmetodetersebutselayaknyaberdampakpadatingkatreturnyangdiharapkaninvestor.SesuaidenganUUPerpajakantahun2000pasal10ayat6mengenaiPajakPenghasilandisebutkanbahwauntuktujuanperpajakanmetodearusbiayapersediaanyangdiperbolehkandigunakandiIndonesiaadalahmetoderata-ratadanmetodeFIFO.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuikondisiprofitmargindanmarketvaluedenganpenerapanmetodearusbiayapersediaanFIFOdanrata-ratatertimbangpadaperusahaanmanufakturyangterdaftardiBEItahun2007-2009.UntukmengujiperbedaanprofitmargindanmarketvaluepadaperusahaanmanufakturyangmenerapkanmetodearusbiayapersediaanFIFOdanrata-ratatertimbangdanuntukmengujipengaruhprofitmarginterhadapmarketvaluedenganpenerapanmetodearusbiayapersediaanFIFOdanrata-ratatertimbangpadaperusahaanmanufakturyangterdaftardiBEItahun2007-2009.Penggambilansampelpadapenelitianiniadalahmenggunakanteknikpurposivesamplingyaituteknikpenentuansampelberdasarkankriteria-kriteriatertentu.Sampeldalampenelitianiniadalah26perusahaanmanufakturdengankriteriatertentu.Periodepengamatanpenelitianiniadalahselama3tahunyaitutahun2007sampai2009.Datapenelitianiniadalahmenggunakandatasekunderyaitudatayangsudahdiolah.AdapunteknikanalisisyangdigunakandalampenelitianadalahdenganmenggunakanujibedauntukmengujiperbedaanprofitmargindanmarketvaluepadaperusahaanmanufakturyangmenerapkanmetodearusbaiyapersediaanFIFOdanrata-ratatertimbang.Danmenggunakananalisisregresisederhana.Analisisinidigunakanuntukmengetahuipengaruhprofitmarginterhadapmarketvalue.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwatidakterdapatperbedaanantaraprofitmarginpadaperusahaanyangmenerapkanmetodearusbiayapersediaanFIFOdanrata-ratatertimbang.TidakterdapatperbedaanantaramarketvaluepadaperusahaanyangmenerapkanmetodearusbiayapersediaanFIFOdanrata-ratatertimbang.tidakterdapatpengaruhyangsignifikanprofitmarginterhadapmarketvalueperusahaanyangmenerapkanmetodearusbiayapersediaanFIFO.Dantidakterdapatpengaruhprofitmarginterhadapmarketvalueperusahaanyangmenerapkanmetodearusbiayapersediaanrata-ratatertimbang.Berdasarkanhasilyangdiperolehdalampenelitianinimakadisarankanbagipenelitiselanjutnyauntukmemperbaikipenelitiandenganmenggunakanvariabelselainprofitmargin.FaktorlainyangmempengaruhimarketvalueadalahPsikologiInvestor(InvestorPsikology)Inflasi(Inflation)AktivitasBisnis(BusinessActivity)danPerubahanStrukturaldiPasar(StructuralChangeinTheMarket).Bagiparainvestorhendaknyatidakhanyamemperhatikanprofitmarginsajatetapijugamemperhatikanvariabellainnyayangtelahdisebutkandiatas.SelainituInvestorsebaiknyamelakukankeputusaninvestasidenganmempertimbangkanfinancialsignalingdimanalabaakuntansiperusahaanyangdilaporkanmungkinbukanlahcerminanyangtepatdarilabaekonomiknya.