Pengaruh diversifikasi produk terhadap keputusan pembelian sepeda motor merk Yamaha (Studi pada warga kecamatan Junrojo yang menggunakan sepeda motor merk Yamaha) / Wahyu Widayat
Main Author: | Widayat, Wahyu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/30855/ |
Daftar Isi:
- Katakuncidiversifikasiprodukdankeputusanpembelian.Strategipemasaranpadadasarnyaadalahrencanayangmenyeluruhterpadudanmenyatudibidangpemasaranyangmemberikanpanduantentangkegiatanyangakandijalankanuntukdapattercapainyatujuanpemasaransuatuperusahaan.Sepedamotormenempatiperanutamadalamsendikehidupanmasyarakat.RisetmenunjukkanpasardiIndonesiatelahlamadiperhitungkansebagaisalahsatupasarterbesardidunia.Sejakmulaiberoperasitahun1974Yamahatelahmenghasilkanberbagaimacamprodukdantelahmemproduksilebihdari5jutaunitsepedamotor.PeluangYamahauntukmendominasipasardimasadepanterbentangluaskarenaYamahamengutamakankualaitaskesempurnaanprodukinovasitanpahentitermasukaspekpelayananpadakonsumen.PenelitianinidilakukanuntukmengetahuiapakahkeputusanpembeliansepedamotormerkYamahamempengaruhidiversifikasikonsentrisdiversifikasihorizontaldandiversifikasisinergis.DenganmenggunakanpendekatandeskriptifkorelasionalpenelitianiniberusahauntukmenjelaskanapakahvariabeldiversifikasikonsentrisdiversifikasihorizontaldandiversifikasisinergismemilikipengaruhterhadapkeputusanpembeliansepedamotormerkYamahapadawargaKecamatanJunrejo.PopulasidlampenelitianiniadalahseluruhpenggunaansepedamotormerkYamahapadawargaKecamatanJunrejoteknikpengambilansampeladalahaccidentalsampling.DalammenentukanjumlahsampeldalampenelitianinimenggunakanrumusinfinitedariDanielTerreldenganhasilsebanyak78responden.Duabuahvariabeldigunakandalampenelitianiniyaituvariabelbebas(X)diversifikasiprodukyangterdiridaribeberapasubvariabelyaitudiversifikasikonsentris(X1)diversifikasihorizontal(X2)dandiversifikasisinergis(X3).Sedangkanvariabelterikatnya(Y)yaitukeputusanpembeliankonsumenHasilpenelitianmelaluiprosespengolahandatadiperoleh(1)adapengaruhyangpositifdansignifikanantaradiversifikasikonsentristerhadapkeputusanpembeliansepedamotormerkYamahasebesar(Beta)B0164thitung2642dansigF0010.(2)adapengaruhpositifdansignifikanantaradiversifkasihorizontalterhadapkeputusanpembeliansepedamotormerkYamahasebesar(Beta)B0161thitung3033dansigt0003.(3)adapengaruhyangpositifdansignifikanantaradiversifikasisinergisterhadapkeputusanpembeliansepedamotormerkYamahasebesar(Beta)B0766thitung5410iidanSigt000.(4)secarasimultanvariabeldiversifikasikonsentrisdiversifikasihorizontaldandiversifikasisinergismemilikipengaruhyangpositifdansignifikanterhadapKeputusanPembeliansepedamotormerkYamahadengannilaiAdjustedRsquare0607dansigf000.(5)Variabeldiversifikasisinergis(X3)mempunyaipengaruhyangdominanterhadapkeputusanpembeliankonsumenkarenamempunyainilaiBterbesaryaitu0482dannilaiSE(SumbanganEfektif)terbesaryaitu2830%Saran-saranyangdapatdikemukakansehubungdenganhasilpenelitianyangtelahdiperolehadalah(1)Perusahaanperlumelakukanpenlitianulangkembalitentangkelemahanproduk-produknyasehinggaperusahaanakanmengetahuikeluhan-keluhandarikonsumendandapatmelakukanperbaikan-perbaikanterhadapproduknya(2)Perusahaandiharapkanbekerjalebihbaiklagiyaitudengancaramengembangkanataumenambahproduk-produkbaruyangmemilikistrategiataukaitannyadenganteknologidalamhalpemasaran(3)Variabeldiversifikasihorizontaljugamenjadivariabelyangmemilikipengaruhpalingkecil.Haliniperluperhatianmelaluiperbaikan-perbaikanpadasetiapprodukYamahasehinggaprodukdariYamahaakansemakinlebihbaiklagi.(4)Variabeldiversifikasisinergisjugamenjadivariabelyangdominandiantaravariabelyanglain.Haliniharusmenjadiperhatianperusahaanuntukdapatmemotivasiperusahaanuntuklebihbaiklagidengancaraselalumengutamakankepuasanpelanggansebagaitujuandanvisiyangmelandasikinerjaperusahaan.