Pengaruh promotion mix kartu seluler merek non Indosat terhadap keputusan perpindahan merek (Brand Switching) dari kartu seluler Indosat (Studi pada mahasiswa S1 Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Ratna Harlia

Main Author: Harlia, Ratna
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/30838/
Daftar Isi:
  • KataKunciPromotionMixKeputusanPerpindahanMerek(BrandSwitching)PerusahaankartuselulerIndosatmerupakanpemegangmarketsharekeduaprodukkartuselulerdiIndonesia.AkantetapisaatinipelangganIndosatmengalamipenurunandanbanyakpelanggannyayangmenuaiprotesakibatdarikurangefektifnyapromosiIndosatyangdinilaiterlalumengumbarpromosisertasemakingencardanmenariknyapromotionmixkartuselulermereknonIndosatsaatinimenyebabkankonsumenmemutuskanuntukberalihmelakukanperpindahanmerekdarikartuselulermerekIndosatkekartuselulermereknonIndosat.Tujuandaripenelitianiniadalah(1)Untukmengetahuipelaksanaanpromotionmix(advertisingsalespromotionpersonalsellingpublicrelationsdandirectmarketing)kartuselulermereknonIndosatdankeputusanperpindahanmerek(brandswitching)darikartuselularIndosatpadamahasiswaS1JurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang(2)Untukmengetahuipengaruhpromotionmix(advertisingsalespromotionpersonalsellingpublicrelationsdandirectmarketing)kartuselulermereknonIndosatsecarasimultanterhadapkeputusanperpindahanmerek(brandswitching)kartuselularIndosatpadamahasiswaS1JurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang(3)Untukmengetahuipengaruhpromotionmix(advertisingsalespromotionpersonalsellingpublicrelationsdandirectmarketing)secaraparsialterhadapkeputusanperpindahanmerek(brandswitching)darikartuselularIndosatpadamahasiswaS1JurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang(4)Untukmengetahuivariabeldaripromotionmix(advertisingsalespromotionpersonalsellingpublicrelationsdandirectmarketing)kartuselulermereknonIndosatyangberpengaruhdominanterhadapkeputusanperpindahanmerek(brandswitching)darikartuselularIndosatpadamahasiswaS1JurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Variabelyangdigunakanpadapenelitianiniterdiridarivariabelbebasdanvariabelterikat.Untukvariabelbebasyaknipromotionmix(X)yangterdiridarivariabeladvertising(X1)salespromotion(X2)personalselling(X3)publicrelation(X4)dandirectmarketing(X5).Sedangkanvariabelterikatadalahvariabelkeputusanperpindahanmerek(Y).JenispenelitianiniadalahdeskriptifkorelasionalsedangkanpopulasidalampenelitianinitergolonginfinitepopulationsehinggapopulasinyaadalahseluruhMahasiswaS1JurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalangyangpernahmenggunakankartuselulerIndosatdengansampelberjumlah120orang.Teknikpengambilansampelyangdigunakanadalahtekniksamplinginsidentaldenganinstrumenkuesioner.Skalayangdigunakanadalahskalalikertdenganlimaopsiipilihanjawaban.Untukmengujikelayakaninsrtumendigunakanujivaliditasdanreliabilitas.Penelitianinimenggunakanteknikanalisisregresilinierberganda.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)Pelaksanaanpromotionmix(advertisingsalespromotionpersonalsellingpublicrelationsdandirectmarketing)kartuselulermereknonIndosatdiresponsetujuolehmahasiswaS1JurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalangdalammempengaruhikeputusanperpindahanmerekdarikartuselulerIndosat(2)Terdapatpengaruhyangsignifikanantarapromotionmix(advertisingsalespromotionpersonalsellingpublicrelationsdandirectmarketing)kartuselulermereknonIndosatsecarasimultanterhadapkeputusanperpindahanmerek(brandswitching)darikartuselularIndosat(3)Terdapatpengaruhyangsignifikanantarapromotionmix(advertisingsalespromotionpersonalsellingpublicrelationsdandirectmarketing)kartuselulermereknonIndosatsecaraparsialterhadapkeputusanperpindahanmerek(brandswitching)darikartuselularIndosat(4)SalespromotionmerupakanunsurdarivariabelpromotionmixkartuselulermereknonIndosatyangmemilikipengaruhdominanterhadapkeputusanperpindahanmerek(brandswitching)darikartuselularIndosat.NilaiAdjustedRSquaredalampenelitianinisebesar0396yangberartibahwa396%keputusanperpindahandarikartuselulerIndosatpadamahasiswaS1jurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalangdipengaruhiolehpromotionmixkartuselulermereknonIndosat.Darihasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwapromotionmix(advertisingsalespromotionpersonalsellingpublicrelationsdandirectmarketing)kartuselulermereknonIndosatmemangmemilikipengaruhterhadapkeputusanperpindahanmerek(brandswitching)darikartuselularIndosatpadamahasiswaS1jurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.OlehkarenaituperludisarankanhendaknyaIndosatlebihmemperhatikanvariabelsalespromotionmerupakanunsurdaripromotionmixyangberpengaruhdominanyaknimelaluikebijakandalambentukpemberianhadiahundianataubonusdaripenggunaankartuselulerIndosatyaknisecaralebihrasionaldannyatadihadapankonsumen.HaliniuntukmengembalikankepercayaanpenggunaIndosatdanuntukmeningkatkanlagikonsumenpenggunakartuselulerIndosatyangsaatinitelahbanyakberpindahmerekpadakartuselulerNonIndosatyangmengakibatkanpenurunanpelangganpenggunakartuselulerIndosat.HendaknyaIndosatsenantiasamengevaluasivariabeladvertisingsalespromotionpublicrelationdandirectmarketingkarenahalinijugaterbuktimempengaruhikonsumenbrandswitchingdarikartuselulerIndosat.ii