Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen melakukan pembelian air minum dalam kemasan (AMDK):studi pada mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Negeri Malang oleh Fransiskus Bayu Tri Kristianto

Main Author: Kristianto, Fransiskus Bayu Tri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/30795/
Daftar Isi:
  • PerkerrbanganduniayengsemBkinuudteknologiyangsemakinberkernbangmernbawadampakpadedmiausaha.Persainganyangketatantaraperuahasnyangmemproduksibarangsejenisakanmendorongperusahaanunnrklebihberpacuhasilproduksinyabaikkuantitasatauprmkualitasnya.seryrentariatuperubahanjgateqadipadaperilakudansikapkritiskonsumendalammemenuhikebuhrhandankeinginannyaUsahayangdilalarkanolehkonsumendalammernenuhikebuhrtrannnyadiperrgaruhollehberbagaifaktor.Faktor-faktoryangturutmempengaruhpirilukukonsumendalammernbeliprodukrnaupunjasaantaralainberasaldarifaktorinterndanfaktorekstem.Penelitianiniinginmengetahuiapakahfaktor-faktorintemelataufaktorfaktoreksternalyangmempengaruhkionsurnendalammembeliprodukAMDK.Didalampelrelitianinitrdapatduavariabelyaituvariabelbebas(x)danvariabel(y).variabelbebasQQpenelitianiniadalahfaltoreksternsebagai(Xr)yangterdiriatasfaktorkebudayaan(X1.1)kelassosial(X12)kelompokreferensi(X1.3)keluargaGKr.4)danfaktor-faktorintemsebagai(Xz)yangterdiriatasfaklormotivasi(Xz.r)persepsi(X2.2)belajar(Xz.r)dansikap(Xz.q).Sedangkanvariabelterikat(Y)dalampenelitianiniadalahkeputusankonsrunenmelalnrkanpembelianprodukAMDK.Dtiqfaudarisegiobyekkajiannyapenelitianinimerupakanpenelitian.flrPostFactodatadiperolehdenganmenggunakanteknikangket/kuesionerp.opulasidalampenelitianiniadalahseluruhpembeliprdukAMDKdisiniadalahmahasiswaFakultasEkonomiuniversitasNeg.rilvlalangangkatan1999-2002sedangkansampelnyaadalah96respondenpembeliprdukAMDKdiFakultasEkononriuniversitasNegerildalangdimanasampeldialokasikanpadatiapaiapprogramshrdiyangadapadaFakultasEkonomiUniversitasNegerilvlalang.FlasilpenelitianbahwasecaraparsialadapengaruhyangsignifikanantuafaktorbudayakelassosialkelompokreferensikeluargamotivasipersepsibelajardansikapdenganperilakumahasiswaFakultasEkonomiUniversitasNegeriNfulungdalammelalarksnpernbelianAMDKsecarasimultantcrdapatpengaruhyangsignifanantarakedelapanfaktoryangmeliputifaktorbudayakelassosialkelompokreferensikeluargamotivasipersepsibelajardansikapsecarabersama-samaterhadapperilakumahasiswaFakultasEkonomiuniversitasNegerilvlalangdalammelalaanAMDK.llalinitrbuktidarihasilanalisisregresiyangmentrnfukcaanngkeRsquare0811haliniberarti8ll%variasidarikepuasankonsurnendapatdijelaskanolehvariasidarikedelapanvariabelindependenlltersebutsedangkansisanya189%dijelaskanolehsebab-sebabyanglain.IfulinidiperkuatderrgannilaisignifikansiFhitung000dimananilaiiniberadadibawah0005faktoryangdominanmernpengaruhkieputusanperilakumahasiswaFakultasEkonomiUniversitasNegerilvlalangdalammelalarkanpembelianAMDKadalahfaktorbudayaderyannikiblsebesaOr315dannikibetauntukXlsebesa0r326.SaranyangbisadikemukakanberkaitandengantsnuanyangdiperolehselamamelaksanakanpenelitianidBdalah(1)SaranbagiprodussnprodukAMDKprodusenharusmengetahuifaktor-faktorapasajayangdapatmempengaruhikonsumenuntukmembeliproduktersebut.SelainitmengetahuidanmemperhatikanepayangmenjadikeinginankonsumenakanprodukAirMinumdalamKemasanadalahsangatpentingmisalnyamasakhjaminankesehataruvariasikernsandanukuranprodukdanbahkanmasalahhargayangdapatdijangkauolehkonsumeripadaumunrnya(2)saranbagikonsumenbahwaadabaiknyakonsumenmenrbelidanmengkonsumsiprodukAMDK.KarsnaberdasarkanpenelitianyangdilaksanakarLprodukAMDKmemilikibanyakmanfaatdankeunggulanantaralainmanfastkesehatanyaitukebersihandankeseterilanpodukdarikumandanbakteriyangmerugikankesehatanpemenuhankebutuhantubuhakanrmsurmineralyangterkandungdalamair.(3)saranunhrkpenelitiselanjutnyaperludilalcukanpenelitianlanjutantentangkajianyangsamadanakanlebihbaikjikamelibatkankonsumenyanglebihluaslingkupnyatidakhanyadikalanganmahasiswaFakultasEkonomiuniversitasNegeriMalangsajaakantetapijugadikalanganmahasiswadarifakultasdanUniversitasyanglain.