Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen melakukan pembelian air minum dalam kemasan (AMDK):studi pada mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Negeri Malang oleh Fransiskus Bayu Tri Kristianto
Main Author: | Kristianto, Fransiskus Bayu Tri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/30795/ |
Daftar Isi:
- PerkerrbanganduniayengsemBkinuudteknologiyangsemakinberkernbangmernbawadampakpadedmiausaha.Persainganyangketatantaraperuahasnyangmemproduksibarangsejenisakanmendorongperusahaanunnrklebihberpacuhasilproduksinyabaikkuantitasatauprmkualitasnya.seryrentariatuperubahanjgateqadipadaperilakudansikapkritiskonsumendalammemenuhikebuhrhandankeinginannyaUsahayangdilalarkanolehkonsumendalammernenuhikebuhrtrannnyadiperrgaruhollehberbagaifaktor.Faktor-faktoryangturutmempengaruhpirilukukonsumendalammernbeliprodukrnaupunjasaantaralainberasaldarifaktorinterndanfaktorekstem.Penelitianiniinginmengetahuiapakahfaktor-faktorintemelataufaktorfaktoreksternalyangmempengaruhkionsurnendalammembeliprodukAMDK.Didalampelrelitianinitrdapatduavariabelyaituvariabelbebas(x)danvariabel(y).variabelbebasQQpenelitianiniadalahfaltoreksternsebagai(Xr)yangterdiriatasfaktorkebudayaan(X1.1)kelassosial(X12)kelompokreferensi(X1.3)keluargaGKr.4)danfaktor-faktorintemsebagai(Xz)yangterdiriatasfaklormotivasi(Xz.r)persepsi(X2.2)belajar(Xz.r)dansikap(Xz.q).Sedangkanvariabelterikat(Y)dalampenelitianiniadalahkeputusankonsrunenmelalnrkanpembelianprodukAMDK.Dtiqfaudarisegiobyekkajiannyapenelitianinimerupakanpenelitian.flrPostFactodatadiperolehdenganmenggunakanteknikangket/kuesionerp.opulasidalampenelitianiniadalahseluruhpembeliprdukAMDKdisiniadalahmahasiswaFakultasEkonomiuniversitasNeg.rilvlalangangkatan1999-2002sedangkansampelnyaadalah96respondenpembeliprdukAMDKdiFakultasEkononriuniversitasNegerildalangdimanasampeldialokasikanpadatiapaiapprogramshrdiyangadapadaFakultasEkonomiUniversitasNegerilvlalang.FlasilpenelitianbahwasecaraparsialadapengaruhyangsignifikanantuafaktorbudayakelassosialkelompokreferensikeluargamotivasipersepsibelajardansikapdenganperilakumahasiswaFakultasEkonomiUniversitasNegeriNfulungdalammelalarksnpernbelianAMDKsecarasimultantcrdapatpengaruhyangsignifanantarakedelapanfaktoryangmeliputifaktorbudayakelassosialkelompokreferensikeluargamotivasipersepsibelajardansikapsecarabersama-samaterhadapperilakumahasiswaFakultasEkonomiuniversitasNegerilvlalangdalammelalaanAMDK.llalinitrbuktidarihasilanalisisregresiyangmentrnfukcaanngkeRsquare0811haliniberarti8ll%variasidarikepuasankonsurnendapatdijelaskanolehvariasidarikedelapanvariabelindependenlltersebutsedangkansisanya189%dijelaskanolehsebab-sebabyanglain.IfulinidiperkuatderrgannilaisignifikansiFhitung000dimananilaiiniberadadibawah0005faktoryangdominanmernpengaruhkieputusanperilakumahasiswaFakultasEkonomiUniversitasNegerilvlalangdalammelalarkanpembelianAMDKadalahfaktorbudayaderyannikiblsebesaOr315dannikibetauntukXlsebesa0r326.SaranyangbisadikemukakanberkaitandengantsnuanyangdiperolehselamamelaksanakanpenelitianidBdalah(1)SaranbagiprodussnprodukAMDKprodusenharusmengetahuifaktor-faktorapasajayangdapatmempengaruhikonsumenuntukmembeliproduktersebut.SelainitmengetahuidanmemperhatikanepayangmenjadikeinginankonsumenakanprodukAirMinumdalamKemasanadalahsangatpentingmisalnyamasakhjaminankesehataruvariasikernsandanukuranprodukdanbahkanmasalahhargayangdapatdijangkauolehkonsumeripadaumunrnya(2)saranbagikonsumenbahwaadabaiknyakonsumenmenrbelidanmengkonsumsiprodukAMDK.KarsnaberdasarkanpenelitianyangdilaksanakarLprodukAMDKmemilikibanyakmanfaatdankeunggulanantaralainmanfastkesehatanyaitukebersihandankeseterilanpodukdarikumandanbakteriyangmerugikankesehatanpemenuhankebutuhantubuhakanrmsurmineralyangterkandungdalamair.(3)saranunhrkpenelitiselanjutnyaperludilalcukanpenelitianlanjutantentangkajianyangsamadanakanlebihbaikjikamelibatkankonsumenyanglebihluaslingkupnyatidakhanyadikalanganmahasiswaFakultasEkonomiuniversitasNegeriMalangsajaakantetapijugadikalanganmahasiswadarifakultasdanUniversitasyanglain.