Pengaruh iklan media tv terhadap proses keputusan pembelian konsumen dalam membeli sepeda motor yamaha (studi pada konsumen dealer yamah sarana mas sejahtera Malang) / Putri Dina Masita
Main Author: | Masita, Putri Dina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/30731/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMasitaPutriDina2007.PengaruhIklanMediaTVTerhadapProsesKeputusanPembelianKonsumenDalamMembeliSepedaMotorYamaha(StudiPadaKonsumenDealerYamahaSaranaMasSejahteraMalang).SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)DR.EryTryDjatmikaRudijantoW.W.MA.M.Si(2)Drs.INyomanSuputraM.Si.KatakunciiklanmediaTVkeputusanpembeliansepedamotorYamahaIklanmerupakansalahsatusalahsatualatpromosiyangbisamempengaruhkonsumenuntukmelakukantindakanpembelian.Iklandianggapsebagaisuatumediapromosiyangerektifdanefisiendalammenjaringkonsumenataupunmenyampaikanproduk.Dalamkenyataankehidupansehari-hariiklanselalukitajumpaisetiapsaatbaikmelaluimediaelektronikmaupunmediacetak.Sampaisekarangiklanmenjadialatpromosiyangmasihdigunakandanselaludikembangkanolehperusahaansesuaidengankebutuhanataukeinginankonsumen.Televisimerupakansalahsatumediaperiklananiklanmelaluimediatelevisidapatmenjangkaukonsumendalamwilayahluasdanjumlahyangbesarpadawaktuyangbersamaan.Iklansangatdibutuhkansebagaiwahanapublikasidansosialisasisebuahproduksehinggaiklandapatmempengaruhikonsumendalamkeputusanpembelian.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhiklanmediaTVterhadapproseskeputusanpembeliankonsumendalammembelisepedamotorYahama.VariabelyangdiangkatdalampenelitianinimeliputiiklanmelaluimediaTVsebagaivariabelbebasterdiridariisipesan(X1)strukturpesan(X2)formatpesan(X3)dansumberpesan(X4).Sedangkanvariabelterikatnya(Y)adalahproseskeputusanpembeliankonsumen.RespondaripenelitianadalahkonsumenDealerYamahaSaranaMasSejahteraMalang.Penelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkorelasionaldatayangdiperolehmenggunakanteknikkuisionertertutup.Jumlahpopulasisebanyak490orangdenganpengambilansampelsebanyak83responden.AnalisisdatadilakukandenganbantuanSPSSForWindowsVersi12.00.Berdasarkanhasilpenelitianbahwahipotesisyangdiajukandalampenelitianiniadapengaruhpositifyangsignifikaiiantaraisipesan(X1)strukturpesan(X2)formatpesan(X3)dansumberpesan(X4)baiksecaraparsialmaupunsecarasimultanterhadapkeputusanpembeliankonsumenpadaKonsumenDealerYamahaSaranaMasSejahteraMalang.Berdasarkanhasilpenelitianinipenelitimembcrikanbeberapasaranyangdapatdijadikanpertimbangan.PertamahendaknyaprodusenmemperhatikanisipesaniklanyangakandisampaikankhususnyadalampemaparanmanfaatprodukKeduasebaiknyapemasangiklanlebihkreatifdalammembuatstrukturpesanyangmemaparkankeunggulanprodukpengaturanjamtayangsehinggaiklandapatmenarikminatkonsumen.Ketigasebaiknyapemasangiklanjugamemperhatikanformatpesanyangmeliputiilustrasi.penggunaanbahasaekspresidansuaramusiksehinggaterciptakeserasiandenganprodukyangdiiklankan.Keempathendaknyapemasangiklanlebihberhati-hatidalammcmilihsumberpesan.Sumberpesansebaiknyadisesuaikandenganprodukyangdiiklankan.Kelimasebaiknyakonsumenlebihselektifdalammemilihprodukdenganadanyaberbagaitawaranprodukyangdiiklankanmelaluimediatelevisi.Keenamsebaiknyakonsumenagarlebihhati-hatidanjanganmudahterpengaruhakanadanyatayanganiklantelevisikarenatidaksemuatayanganiklantelevisimenampilkansisiterbaik.Ketujuhuntukpenelitiselanjutnyalebihbaikjikamelibatkankonsumenyanglebihluaslingkupnyamengingatpadasaatinihampirsemuamasyarakatdapatmelihatiklanditelevisi.