Pengaruh penggunaan celebrity endorser pada iklan sabun mandi lux terhadap pembentukan brand image (Studi kasus pada mahasiswi S1 manajemen fakultas ekonomi Universitas Negeri Malang) / Arik Nur Qomariyah

Main Author: Qomariyah, Arik Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/30703/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKQomariyahArikNur.2009.PengaruhPenggunaanCelebrityEndorserpadaIklanSabunMandiLuxterhadapPembentukanBrandImage(StudiKasuspadaMahasiswiS1ManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang).SkripsijurusanManajemenFEUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.DjokoDwiKM.Si(II)TitisShintaDhewiS.PM.M.KataKunciPenggunaanCelebrityEndorserPembentukanBrandImageDalamkegiatanpemasarankepadapelangganstrategikomunikasipemasaranyangbaikadalahbagaimanasuatuperusahaantersebutmampumenginformasikandenganbaikkepadapublikkhususnyapelanggansasaranmengenaikeberadaanprodukmereka.Salahsatubentukkomunikasipemasarantersebutadalahperiklanandenganmenggunakancelebrityendorserdengantujuanuntukmeraihperhatiankonsumenterhadapproduksertauntukmengkomunikasikanmerekprodukmembentukidentitasdanmenentukancitraprodukyangdiiklankansertadapatmenyampaikansuatupesaniklan.IklanproduksabunmandiLuxadalahsalahsatuiklanyangfenomenaldiantarapuluhaniklanyangmenggunakanselebritisebagaiendorsernya.SejakpuluhantahunlaluLuxselalumengusungcitrakemolekanbintangfilmuntukmeyakinkankonsumennyaagartampilbakbintangdenganmemakaiprodukitu.sehinggadapatmembentukbrandimageyangbaikdimatakonsumen.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuikondisipenggunaancelebrityendorserdanpembentukanbrandimagepadaiklansabunmandiLuxpadamahasiswiS1ManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalangmengetahuipengaruhfaktordayatarikkepercayaankeahlianpadaiklansabunmandiLuxsecaraparsialterhadappembentukanbrandimagemengetahuipengaruhfaktordayatarikkepercayaankeahlianpadaiklansabunmandiLuxsecarasimultanterhadappembentukanbrandimagemengetahuivariabelpenggunaancelebrityendorseryangdominanpengaruhnyaterhadappembentukanbrandimagepadaiklansabunmandiLux.Variabelyangdigunakanpadapenelitianiniterdiridarivariabelbebasdanvariabelterikat.UntukvariabelbebasnyayakniPenggunaanCelebrityEndorser(X)yangterdiridarivariabelDayaTarik(X1)Kepercayaan(X2)Keahlian(X3).SedangkanvariabelterikatnyaadalahvariabelPembentukanBrandImage(Y).Penelitianinitermasukdalampenelitiandeskriptifkorelasional.PopulasiyangdiambildalampenelitianiniadalahmahasiswiS1ManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PenentuansampeldenganmenggunakanrumusSlovindenganpersenkelonggaranketidaktelitianyangdigunakanadalah10%sehinggadiperolehsampelsebanyak90orang.TeknikpenentuansampelyangdigunakanadalahProbabilitySamplingdenganmetodeSimpleRandomSamplingdenganmenggunakankuesionersebagaiinstrumenpenelitian.KuesionerdalampenelitianinitermasukdalamkuesionertertutupmenggunakanskalaLikertdengan5alternatifpilihanjawaban.Untukmengujikelayakaninstrumendilakukanujivaliditasdanreliabilitasdengansampelujicobaberjumlah30orangresponden.ProsespengolahandatamenggunakansoftwareSPSS14forWindows.Sedangkanrespondensesungguhnyaadalah90responden.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatpengaruhantaravariabelPenggunaanCelebrityEndorseryangterdiridariDayaTarik(X1)sebesar2118Kepercayaan(X2)sebesar2503secaraparsialterhadapPembentukanBrandImagesedangkanvariabelKeahlian(X3)sebesar1229tidakmempunyaipengaruhsecarasignifikanterhadapPembentukanBrandImage.TerdapatpengaruhantaravariabelPenggunaanCelebrityEndorseryangterdiridariDayaTarik(X1)Kepercayaan(X2)Keahlian(X3)sebesar6302secarasimultanterhadapPembentukanBrandImagedanvariabelKepercayaan(X2)merupakanvariabelyangdominanmempengaruhiPembentukanBrandImage.NilaiAdjustedRSquaredalampenelitianinisebesar0180yangberartibahwa18%pembentukanbrandimagepadaiklansabunmandiLuxdipengaruhiolehpenggunaancelebrityendorser.DarihasilpenelitiantersebutdapatdikatakanbahwapenggunaancelebrityendorsercukupefektifdigunakanpadaiklansabunmandiLuxyangdapatmempengaruhidalampembentukanbrandimage.OlehkarenaituselainmemperhatikanpenggunaancelebrityendorsersebagaipembentukbrandimagejugaperludisarankanadanyapeningkatandanperhatianterhadapperformaproduksabunmandiLuxsebabcelebrityendorserhanyamemilikipengaruhyangsedikit.DanuntukfaktorkepercayaanharusmenjadiperhatiankhususkarenakepercayaanmerupakanfaktoryangpalingdominanmempengaruhidalampembentukanbrandiamgeyaknicitrasabunmandiLuxsebagaisabunkecantikan.