Pengaruh citra toko terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen distribution outlet realizm Malang) / Agung Hidayat
Main Author: | Hidayat, Agung |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/30660/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKHidayatAgung.2010.PengaruhCitraTokoterhadapKeputusanPembelian(StudipadaKonsumenDistributionOutletRealizmMalang).SkripsiJurusanManajemenProgamStudiS-1ManajemenPemasaranFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.SupriyantoM.M.(II)RachmadHidayatS.PdKataKunciCitraTokoKeputusanPembelianMenghadapipersainganbisnisyangsemakinketatsertadalammenghadapieraglobalisasiyangmengandungperubahancepatdalamsegalahalmakaperlulahbagipelakubisnisuntukmenyesuaikandiridenganperubahanyangterjadi.Untukitusuatudistroyangmasukdalamsuatupersainganhendaknyamampumemberikankualitaspelayananyangbaikdanbahkanyangpalingbaikdenganharapanakandapatmempengaruhikeputusanpembeliankonsumensertadapatmenjaringkonsumenlainyanglebihbanyak.DistroRealizmsebagaisalahsatudistroyangterkenaldikalanganremajakotaMalangharusmempunyaistrategiyangtepatuntukmempertahankankeberadaannyasalahsatunyadengancaramenerapkanstrategicitratokoyangpositif.Karenacitratoko(storeimage)sangatmenentukankelangsungandankeberhasilansebuahtokoataudistrotersebut.Sebuahtokoataudistroyangberorientasipadakeinginanpermintaandankebutuhankonsumenmemilikipotensibesaruntukberhasil.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhcitratokoterhadapkeputusanpembeliandidistributionoutletRealizmMalang.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahdeskriptifkorelasional.Yangmanadenganrancangantersebutakandapatdiketahuiapakahadapengaruhantaracitratokoterhadapkeputusanpembelian.Diharapkanhasilpenelitianinidapatbergunabagiperkembangandankemajuantoko.Penelitianinimemilikiduavariabelyaituvariabelbebas(citratokoyangterdiridarilimasubvariabelyaituhargaproduksuasanatokopromosidanpersonel).Sedangkanvariabelterikatnyaadalahkeputusanpembelian.PopulasipenelitianiniadalahsebagiankonsumendidistroRealizmMalang.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanobservasinonpartisipatoridankuesionertertutup.Teknikpengambilansampeldenganaksidentalsamplingdenganjumlahsampelsebanyak94responden.Teknisanalisisdatayangdigunakanyaituregresilinierbergandadanpengujianhipotesis.Hasilpenelitianinimenunjukanbahwa1)AdapengaruhyangsignifikanantarahargaterhadapkeputusanpembeliankonsumendidistributionoutletRealizm2)AdapengaruhyangsignifikanantaraprodukterhadapkeputusanpembelainkonsumendidistributionoutletRealizm3)AdapengaruhyangsignifikanantarasuasanatokoterhadapkeputusanpembeliankonsumendidistributionoutletRealizm4)AdapengaruhyangsignifikanantarapromositerhadapkeputusanpembeliankonsumendidistributionoutletRealizm5)AdapengaruhyangsignifikanantarapersonelterhadapkeputusanpembeliankonsumendidistributionoutletRealizm.ProdukmerupakansalahsatuvariabelcitratokoyangmempunyaipengaruhyangdominanterhadapkeputusanpembeliandidistributionoutletRealizm6)AdapengaruhyangsignifikanantarahargaproduksuasanatokopromosipersonelsecarasimultanterhadapkeputusanpembeliandidistributionoutletRealizm.BerdasarkanhasilpenelitianinimakasaranyangdapatdiberikankedistributionoutletRealizmadalah1)Hargayangtelahditawarkankepadakonsumenhendaknyadisesuaikandengankualitasprodukagarkeputusanpembeliansemakinmeningkat2)Produkmerupakanfaktoryangpalingdominanmempengaruhikeputusanpembeliankonsumenolehkarenaitudiharapkankepercayaankonsumenterhadapprodukselaludipertahankandanmenjadiperhatiankhususdenganmeningkatkankualitasdariprodukyangditawarkan3)Variabelcitratoko(hargaproduksuasanatokopromosidanpersonel)hendaknyaselaludievaluasidanlebihditingkatkanagartetapmampumempertahankankonsumensertadapatmenarikkonsumenbaru.