Pengaruh faktor internal terhadap keputusan pembelian air minum kemasan galon merek Aqua pada konsumen di wilayah Terusan Cikampek Kelurahan Penaggungan Kota Malang / Dian Aprilia Insani
Main Author: | Insani, Dian Aprilia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/30635/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKInsaniDianAprilia.2009.PengaruhFaktorInternalterhadapKeputusanPembelianAirMinumKemasanGalonMerekAquapadaKonsumendiWilayahTerusanCikampekKelurahanPenanggunganKotaMalang.SkripsijurusanManajemenFEUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.DjokoDwiKM.Si(II)DrWeningPatmiRahayuS.PdM.M.KataKunciFaktorInternalKeputusanPembelianSaatiniduniatelahdihujaniolehberbagaimacamprodukinstanterlebihlagikonsumenyangtelahdisuguhiribuanbahkanjutaanprodukinstandengansegalapenawarannya.SalahsatuprodukyangbermaindipasarsekaligusmemilikipasaryangsangatpotensialadalahAQUAyangmerupakanpeloporprodukairminumdalamkemasandiIndonesiaAQUAsebagaipionertelahmemilikipasaryangsangarluarbiasadidalammaupundiluarnegeri.Denganadanyapersainganantarperusahaanairminumdalamkemasanakanmembuatkonsumenbenar-benarselektifdalammengambilkeputusanpembelianyangkemudianmengharuskankonsumenmempertimbangkanbeberapafaktorsalahsatunyaadalahfaktorinternalperilakukonsumen.Faktor-faktorinternalyangmempengaruhikeputusankonsumenantaralainmotivasipembelajarandansikap.Dalamrangkapengembanganstrategipemasarannyamakapemahamanfaktor-faktoryangmempengaruhiperilakukonsumensangatlahpentingbahkanmenjadisuatukewajibanbagiperusahaandalamrangkamemperolehgambaranpasaryanglebihjelasbahkandapatmenguakpeluangbarubagiperusahaan.Tujuandaripenelitianiniadalah(1)Untukmengetahuikondisifaktorinternal(motivasipembelajarandansikap)dankeputusanpembelianprodukaquakemasangalondiwilayahTerusanCikampekKelurahanPenanggunganKotaMalang(2)Untukmengetahuipengaruhmotivasi(X1)terhadapkeputusankonsumendalammembeliairminumkemasangalonmerekAQUAdiWilayahTerusanCikampekKelurahanPenanggunganKotaMalang(3)Untukmengetahuipengaruhpembelajaran(X2)terhadapkeputusankonsumendalammembeliairminumkemasangalonmerekAQUAdiWilayahTerusanCikampekKelurahanPenanggunganKotaMalang(4)Untukmengetahuipengaruhsikap(X3)terhadapkeputusankonsumendalammembeliairminumkemasangalonmerekAQUAdiWilayahTerusanCikampekKelurahanPenanggunganKotaMalang(5)UntukmengetahuipengaruhmotivasipembelajarandansikapsecarasimultanterhadapkeputusankonsumendalammembeliairminumkemasangalonmerekAQUAdiWilayahTerusanCikampekKelurahanPenanggunganKotaMalangdan(6)UntukmengetahuivariabelfaktorinternalyangpalingdominandalammempengaruhikeputusankonsumendalammembeliairminumkemasangalonmerekAQUAdiWilayahTerusanCikampekKelurahanPenanggunganKotaMalang.Variabelyangdigunakanpadapenelitianiniterdiridarivariabelbebasdanvariabelterikat.Untukvariabelbebasnyayaknifaktorinternal(X)yangterdiridarivariabelmotivasi(X1)pembelajaran(X2)dansikap(X3).Sedangkanvariabelterikatnyaadalahvariabelkeputusanpembelian(Y).Jenispenelitianiniadalahdeskriptifkorelasionalsedangkanpopulasiyangdigunakandalampenelitianiniadalahsebanyak513orangdansampelberjumlah85orang.Teknikpengambilansampelyangdigunakanadalahteknikprobabilitysamplingdenganmetodesimplerandomsamplingdenganinstrumenangketataukuesioner.Sedangkanskalayangdigunakanadalahskalalikertdenganlimaopsipilihanjawaban.Untukmengujikelayakaninsrtumendigunakanujivaliditasdanreliabilitas.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanwawancarakuesionerdandokumentasi.Penelitianinimenggunakanteknikanalisisregresilinierberganda.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)tidakadapengaruhyangsignifikanvariabelmotivasiterhadapkeputusanpembelianairminumkemasangalonmerekAQUApadakonsumendiwilayahTerusanCikampekKelurahanPenanggunganKotaMalangsebesar(2)adapengaruhyangsignifikanvariabelpembelajaranterhadapkeputusanpembelianairminumkemasangalonmerekAQUApadakonsumendiwilayahTerusanCikampekKelurahanPenanggunganKotaMalangsebesar(3)adapengaruhyangsignifikanvariabelsikapterhadapkeputusanpembelianairminumkemasangalonmerekAQUApadakonsumendiwilayahTerusanCikampekKelurahanPenanggunganKotaMalangsebesar(4)adapengaruhvariabelfaktorinternalyangterdiridarimotivasipembelajarandansikapsecarasimultanterhadapkeputusanpembelianairminumkemasangalonmerekAQUApadakonsumendiwilayahTerusanCikampekKelurahanPenanggunganKotaMalang(5)variabelsikapmerupakanvariabelyangdominanmempengaruhikeputusanpembelianairminumkemasangalonmerekAQUApadakonsumendiwilayahTerusanCikampekKelurahanPenanggunganKotaMalang.DarihasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwafaktorinternalmemilikipengaruhterhadapkeputusanpembelianairminumdalamkemasanmerekAQUApadakonsumendiwilayahTerusanCikampekKelurahanPenanggunganKotaMalang.OlehkarenaituperludisarankanadanyaperhatianPTAQUAGoldenMississippiterhadapfaktorinternalmisalnyadenganselalumengevaluasivariabelfaktorinternal(motivasipembelajarandansikap)karenahaliniberkaitandenganpenarikanminatbelikonsumendanmempertahankankonsumenyangadasehinggadiharapkanakantimbulkeloyalanterhadapprodukAQUAkhususnyakonsumendiwilayahTerusanCikampekKelurahanPenanggunganKotaMalang.Disampingituuntukpenelitiselanjutnyadiharapkandapatmenelitifaktor-faktordiluarfaktorinternalyangjugaberpengaruhterhadapkeputusanpembelian.