Pengaruh faktor internal terhadap keputusan pembelian air minum kemasan galon merek Aqua pada konsumen di wilayah Terusan Cikampek Kelurahan Penaggungan Kota Malang / Dian Aprilia Insani

Main Author: Insani, Dian Aprilia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/30635/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKInsaniDianAprilia.2009.PengaruhFaktorInternalterhadapKeputusanPembelianAirMinumKemasanGalonMerekAquapadaKonsumendiWilayahTerusanCikampekKelurahanPenanggunganKotaMalang.SkripsijurusanManajemenFEUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.DjokoDwiKM.Si(II)DrWeningPatmiRahayuS.PdM.M.KataKunciFaktorInternalKeputusanPembelianSaatiniduniatelahdihujaniolehberbagaimacamprodukinstanterlebihlagikonsumenyangtelahdisuguhiribuanbahkanjutaanprodukinstandengansegalapenawarannya.SalahsatuprodukyangbermaindipasarsekaligusmemilikipasaryangsangatpotensialadalahAQUAyangmerupakanpeloporprodukairminumdalamkemasandiIndonesiaAQUAsebagaipionertelahmemilikipasaryangsangarluarbiasadidalammaupundiluarnegeri.Denganadanyapersainganantarperusahaanairminumdalamkemasanakanmembuatkonsumenbenar-benarselektifdalammengambilkeputusanpembelianyangkemudianmengharuskankonsumenmempertimbangkanbeberapafaktorsalahsatunyaadalahfaktorinternalperilakukonsumen.Faktor-faktorinternalyangmempengaruhikeputusankonsumenantaralainmotivasipembelajarandansikap.Dalamrangkapengembanganstrategipemasarannyamakapemahamanfaktor-faktoryangmempengaruhiperilakukonsumensangatlahpentingbahkanmenjadisuatukewajibanbagiperusahaandalamrangkamemperolehgambaranpasaryanglebihjelasbahkandapatmenguakpeluangbarubagiperusahaan.Tujuandaripenelitianiniadalah(1)Untukmengetahuikondisifaktorinternal(motivasipembelajarandansikap)dankeputusanpembelianprodukaquakemasangalondiwilayahTerusanCikampekKelurahanPenanggunganKotaMalang(2)Untukmengetahuipengaruhmotivasi(X1)terhadapkeputusankonsumendalammembeliairminumkemasangalonmerekAQUAdiWilayahTerusanCikampekKelurahanPenanggunganKotaMalang(3)Untukmengetahuipengaruhpembelajaran(X2)terhadapkeputusankonsumendalammembeliairminumkemasangalonmerekAQUAdiWilayahTerusanCikampekKelurahanPenanggunganKotaMalang(4)Untukmengetahuipengaruhsikap(X3)terhadapkeputusankonsumendalammembeliairminumkemasangalonmerekAQUAdiWilayahTerusanCikampekKelurahanPenanggunganKotaMalang(5)UntukmengetahuipengaruhmotivasipembelajarandansikapsecarasimultanterhadapkeputusankonsumendalammembeliairminumkemasangalonmerekAQUAdiWilayahTerusanCikampekKelurahanPenanggunganKotaMalangdan(6)UntukmengetahuivariabelfaktorinternalyangpalingdominandalammempengaruhikeputusankonsumendalammembeliairminumkemasangalonmerekAQUAdiWilayahTerusanCikampekKelurahanPenanggunganKotaMalang.Variabelyangdigunakanpadapenelitianiniterdiridarivariabelbebasdanvariabelterikat.Untukvariabelbebasnyayaknifaktorinternal(X)yangterdiridarivariabelmotivasi(X1)pembelajaran(X2)dansikap(X3).Sedangkanvariabelterikatnyaadalahvariabelkeputusanpembelian(Y).Jenispenelitianiniadalahdeskriptifkorelasionalsedangkanpopulasiyangdigunakandalampenelitianiniadalahsebanyak513orangdansampelberjumlah85orang.Teknikpengambilansampelyangdigunakanadalahteknikprobabilitysamplingdenganmetodesimplerandomsamplingdenganinstrumenangketataukuesioner.Sedangkanskalayangdigunakanadalahskalalikertdenganlimaopsipilihanjawaban.Untukmengujikelayakaninsrtumendigunakanujivaliditasdanreliabilitas.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanwawancarakuesionerdandokumentasi.Penelitianinimenggunakanteknikanalisisregresilinierberganda.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)tidakadapengaruhyangsignifikanvariabelmotivasiterhadapkeputusanpembelianairminumkemasangalonmerekAQUApadakonsumendiwilayahTerusanCikampekKelurahanPenanggunganKotaMalangsebesar(2)adapengaruhyangsignifikanvariabelpembelajaranterhadapkeputusanpembelianairminumkemasangalonmerekAQUApadakonsumendiwilayahTerusanCikampekKelurahanPenanggunganKotaMalangsebesar(3)adapengaruhyangsignifikanvariabelsikapterhadapkeputusanpembelianairminumkemasangalonmerekAQUApadakonsumendiwilayahTerusanCikampekKelurahanPenanggunganKotaMalangsebesar(4)adapengaruhvariabelfaktorinternalyangterdiridarimotivasipembelajarandansikapsecarasimultanterhadapkeputusanpembelianairminumkemasangalonmerekAQUApadakonsumendiwilayahTerusanCikampekKelurahanPenanggunganKotaMalang(5)variabelsikapmerupakanvariabelyangdominanmempengaruhikeputusanpembelianairminumkemasangalonmerekAQUApadakonsumendiwilayahTerusanCikampekKelurahanPenanggunganKotaMalang.DarihasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwafaktorinternalmemilikipengaruhterhadapkeputusanpembelianairminumdalamkemasanmerekAQUApadakonsumendiwilayahTerusanCikampekKelurahanPenanggunganKotaMalang.OlehkarenaituperludisarankanadanyaperhatianPTAQUAGoldenMississippiterhadapfaktorinternalmisalnyadenganselalumengevaluasivariabelfaktorinternal(motivasipembelajarandansikap)karenahaliniberkaitandenganpenarikanminatbelikonsumendanmempertahankankonsumenyangadasehinggadiharapkanakantimbulkeloyalanterhadapprodukAQUAkhususnyakonsumendiwilayahTerusanCikampekKelurahanPenanggunganKotaMalang.Disampingituuntukpenelitiselanjutnyadiharapkandapatmenelitifaktor-faktordiluarfaktorinternalyangjugaberpengaruhterhadapkeputusanpembelian.