Pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap proses keputusan konsumen dalam memilih jasa penginapan (studi pada hotel Montana I Malang) / Ria Yudyanti Wina Dellya

Main Author: Dellya, Ria Yudyanti Wina
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/30632/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKDellyaRiaYudyantiWina.2009.PengaruhBauranPemasaranJasaTerhadapProsesKeputusanKonsumenDalamMemilihJasaPenginapan(StudiPadaHotelMontanaIMalang).SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)DrsDjokoDwiKusumanjantoM.Si.(II)AfwanHaririA.PSEM.SiKataKunciBauranPemasaranJasaProsesKeputusanPembelianKonsumenSeiringdenganperkembanganduniaperhotelansaatinitentunyasemakinbanyakpulapersainganyangtimbul.Parapelakubisnisdalamhaliniyangbergerakdibidangperhotelandituntutuntukbersikaplebihkreatiflagidalammenarikparapelanggan.Berbagaicaradilakukanparapelakubisnisinisepertipemberiandiskonkamardiskoneventberbagaicarapembayarankamarhotelpunditawarkanberagamuntukmenarikparacalonpelangganagarmenginapdihotelmereka.Bauranpemasaranjasa(produkhargatempatpromosiprosesorangbuktifisik)yangdidalamnyaterdapatbeberapavariabelmerupakankomponenpentingdalammenjalankanbisnisdibidangperhotelanini.Tidakhanyaituproseskeputusanpembeliankonsumenjugamempengaruhiminatparacalonpelangganuntukmencobamenginapmerasakansegalafasilitasnyakemudahankemudahanyangditawarkanolehpihakhotelyangtentunyademikenyamananparapelanggannya.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahui(1)PelaksanaanbauranpemasaranjasadanprosespengambilankeputusankonsumendalammemilihjasapenginapanpadaHotelMontanaIMalang.(2)Pengaruhbauranpemasaranjasa(produkhargalokasipromosiorangprosesdanbuktifisik)secaraparsialterhadapproseskeputusankonsumendalammemilihjasapenginapanpadaHotelMontanaIMalang.(3)Pengaruhbauranpemasaranjasa(produkhargalokasipromosiorangprosesdanbuktifisik)secarasimultanterhadapproseskeputusankonsumendalammemilihjasapenginapanpadaHotelMontanaIMalang.Variabelyangdigunakandalampenelitianiniadalahvariabelbebasyangterdiridariprodukhargatempatpromosiprosesorangdanbuktifisik.SedangkanvariabelterikatnyaadalahproseskeputusanpembeliankonsumendiHotelMontanaIMalangpenelitiandilakukanmulai24Agustus24Oktober2009.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahrancangandeskriptifkorelasionaldanmetodeyangdigunakandalampenelitianinimenggunakanmetodeobservasiwawancaradankuesioner.AnalisisdatayangdigunakanadalahanalisisregresilinearbergandadenganmenggunakanujitdanujiFdalampengujianhipotesisnya.DatapenelitiandijaringdenganmemberikankuesionerkepadapelangganyangmenginapdiHotelMontanaIMalang.Berdasarkanhasilanalisisregresiterdapatpengaruhsignifikanantaravariabelbauranpamasaranjasa(produkhargalokasipromosiorangprosesdanbuktifisik)terhadapproseskeputusanpembeliankonsumensecaraparsial.Selainituhasilanalisisregresidalampenelitianinimenunjukkanadanyapengaruhyangsignifikanbauranpemasaranjasa(produkhargalokasipromosiorangprosesdanbuktifisik)secarasimultanterhadapproseskeputusanpembeliankonsumenpadaHotelMontanaIMalang.Berdasarkanhasilpenelitianinisaranyangdapatdijadikanpertimbanganadalahsebagaiberikut(1)bagimanajemenHotelMontanaIMalangPihakmanajemenperlumemberikanperhatianterhadap7(tujuh)faktortersebutyaitupeubahProdukHargaTempatPromosiPeopleProcessdanPhysicalEvidencemisalnyamenciptakanimagedimasyarakatbahwamenginapdihotelMontanaIMalangakanmemperolehbanyakkepuasandiantaranyadenganbanyaknyafasilitasdimilikihotellokasihotelyangstrategisfrekuensipemberiandiskonpadaeventtertentupromosiyangmenarikkeramahanpelayanankualitaslayananyangmemuaskandarikaryawan.(2)bagipenelitiselanjutnyakarenaketerbatasanketerbatasanyangdidapatselamapenelitianpenelitimenyarankanagarpenelitiselanjutnyadapatmeneruskanpenelitianinipadaobyekdanvariabelyanglebihkomplekslagi