Pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap proses keputusan konsumen dalam memilih jasa penginapan (studi pada hotel Montana I Malang) / Ria Yudyanti Wina Dellya
Main Author: | Dellya, Ria Yudyanti Wina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/30632/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKDellyaRiaYudyantiWina.2009.PengaruhBauranPemasaranJasaTerhadapProsesKeputusanKonsumenDalamMemilihJasaPenginapan(StudiPadaHotelMontanaIMalang).SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)DrsDjokoDwiKusumanjantoM.Si.(II)AfwanHaririA.PSEM.SiKataKunciBauranPemasaranJasaProsesKeputusanPembelianKonsumenSeiringdenganperkembanganduniaperhotelansaatinitentunyasemakinbanyakpulapersainganyangtimbul.Parapelakubisnisdalamhaliniyangbergerakdibidangperhotelandituntutuntukbersikaplebihkreatiflagidalammenarikparapelanggan.Berbagaicaradilakukanparapelakubisnisinisepertipemberiandiskonkamardiskoneventberbagaicarapembayarankamarhotelpunditawarkanberagamuntukmenarikparacalonpelangganagarmenginapdihotelmereka.Bauranpemasaranjasa(produkhargatempatpromosiprosesorangbuktifisik)yangdidalamnyaterdapatbeberapavariabelmerupakankomponenpentingdalammenjalankanbisnisdibidangperhotelanini.Tidakhanyaituproseskeputusanpembeliankonsumenjugamempengaruhiminatparacalonpelangganuntukmencobamenginapmerasakansegalafasilitasnyakemudahankemudahanyangditawarkanolehpihakhotelyangtentunyademikenyamananparapelanggannya.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahui(1)PelaksanaanbauranpemasaranjasadanprosespengambilankeputusankonsumendalammemilihjasapenginapanpadaHotelMontanaIMalang.(2)Pengaruhbauranpemasaranjasa(produkhargalokasipromosiorangprosesdanbuktifisik)secaraparsialterhadapproseskeputusankonsumendalammemilihjasapenginapanpadaHotelMontanaIMalang.(3)Pengaruhbauranpemasaranjasa(produkhargalokasipromosiorangprosesdanbuktifisik)secarasimultanterhadapproseskeputusankonsumendalammemilihjasapenginapanpadaHotelMontanaIMalang.Variabelyangdigunakandalampenelitianiniadalahvariabelbebasyangterdiridariprodukhargatempatpromosiprosesorangdanbuktifisik.SedangkanvariabelterikatnyaadalahproseskeputusanpembeliankonsumendiHotelMontanaIMalangpenelitiandilakukanmulai24Agustus24Oktober2009.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahrancangandeskriptifkorelasionaldanmetodeyangdigunakandalampenelitianinimenggunakanmetodeobservasiwawancaradankuesioner.AnalisisdatayangdigunakanadalahanalisisregresilinearbergandadenganmenggunakanujitdanujiFdalampengujianhipotesisnya.DatapenelitiandijaringdenganmemberikankuesionerkepadapelangganyangmenginapdiHotelMontanaIMalang.Berdasarkanhasilanalisisregresiterdapatpengaruhsignifikanantaravariabelbauranpamasaranjasa(produkhargalokasipromosiorangprosesdanbuktifisik)terhadapproseskeputusanpembeliankonsumensecaraparsial.Selainituhasilanalisisregresidalampenelitianinimenunjukkanadanyapengaruhyangsignifikanbauranpemasaranjasa(produkhargalokasipromosiorangprosesdanbuktifisik)secarasimultanterhadapproseskeputusanpembeliankonsumenpadaHotelMontanaIMalang.Berdasarkanhasilpenelitianinisaranyangdapatdijadikanpertimbanganadalahsebagaiberikut(1)bagimanajemenHotelMontanaIMalangPihakmanajemenperlumemberikanperhatianterhadap7(tujuh)faktortersebutyaitupeubahProdukHargaTempatPromosiPeopleProcessdanPhysicalEvidencemisalnyamenciptakanimagedimasyarakatbahwamenginapdihotelMontanaIMalangakanmemperolehbanyakkepuasandiantaranyadenganbanyaknyafasilitasdimilikihotellokasihotelyangstrategisfrekuensipemberiandiskonpadaeventtertentupromosiyangmenarikkeramahanpelayanankualitaslayananyangmemuaskandarikaryawan.(2)bagipenelitiselanjutnyakarenaketerbatasanketerbatasanyangdidapatselamapenelitianpenelitimenyarankanagarpenelitiselanjutnyadapatmeneruskanpenelitianinipadaobyekdanvariabelyanglebihkomplekslagi