Pengaruh atribut produk pasta gigi Pepsodent terhadap keputusan pembelian konsumen (studi pada mahasiswa jurusan Manajemen Non Reguler Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan tahun 2006) / Dian Puspita Sari

Main Author: Sari, Dian Puspita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/30630/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPuspitaSariDian.2009.PengaruhAtributProdukPastaGigiPepsodentTerhadapKeputusanPembelianKonsumen(StudiPadaMahasiswaJurusanManajemenNonRegulerFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalangAngkatanTahun2006).SkripsiJurusanManajemenPemasaran.FakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.SudarmiatinM.Si(2)Drs.DjokoDwiKM.Si.Katakunciatributprodukhargakemasankualitaskeputusanpembelian.Atributprodukadalahunsur-unsurprodukyangdipandangpentingolehkonsumendandijadikandasarpengambilankeputusanpembelian.Hargaadalahsejumlahuang(satuanmoneter)dan/atauaspeklain(non-moneter)yangmengandungutilitas/kegunaantertentuyangdiperlukanuntukmendapatkansuatuproduk.Kemasanadalahwadahataupembungkussuatuproduk.Kualitasadalahkeseluruhanfiturdansifatprodukataupelayananyangberpengaruhpadakemampuannyauntukmemuaskankebutuhanyangdinyatakanatautersirat.Keputusanpembelianadalahpemecahanmasalahyangberkaitandenganpemenuhankebutuhan.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhatributhargakemasandankualitasbaiksecaraparsialmaupunsecarasimultansertaatributyangdominanterhadapkeputusanpembelian.Jenispenelitianiniadalahpenelitiandeskriptifkuantitatifyaitupenelitianyangbertujuanuntukmenjelaskanseberapabesarpengaruhatributhargakemasankualitasterhadapkeputusanpembelianyangditelitimelaluidatasampelataupopulasi.PopulasiyangdigunakanadalahseluruhpenggunapastagigiPepsodentpadaMahasiswaJurusanManajemenNonRegulerFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalangAngkatanTahun2006sebanyak132dimanadaripopulasitersebutdipilihsampeldenganmenggunakanmetodeaccidentalsampling.Berdasarkankriteriaterpilih122respondenyangdijadikansampel.Teknisanalisisdatayangdigunakanyaituregresilinierberganda.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwasecaraparsialatributhargakemasankualitasberpengaruhpositifsignifikanterhadapkeputusanpembelianpastagigiPepsodent.SedangkansecarasimultanhargakemasankualitasberpengaruhpositifsignifikanterhadapkeputusanpembelianpastagigiPepsodent.AtributkualitasmerupakanatributyangdominanmempengaruhikeputusanpembelianpastagigiPepsodent.Saranyangdapatdikemukakansehubungandenganhasilpenelitianiniadalah(1)bagiprodusenagarmemperhatikanatributyanglainsepertimerekdanlabel(2)bagikalanganakademishasilpenelitianinidapatdigunakansebagaitambahanreferensi(3)bagipenelitiberikutnyadisarankanuntukmenambahkanatributlainsepertimerekdanlabelgunamengembangkanpenelitianlanjutan.